Sukses

Waspada, 8 Jenis Serangga Ini Bisa Membahayakan Kucing Jika Memakannya

Tidak jarang kucing berburu serangga dan bahkan terkadang memakannya.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak jarang kucing berburu serangga dan bahkan terkadang memakannya. Meski begitu, ada cukup banyak serangga yang tidak berbahaya bagi kucing. Tetapi beberapa di antaranya bisa beracun atau menyebabkan cedera.

Bahkan serangga yang tidak beracun pun dapat menyebabkan muntah-muntah atau masalah pencernaan lainnya jika terlalu banyak dikonsumsi.

Dalam banyak kasus, pestisida yang digunakan untuk mengendalikan masalah serangga lebih berbahaya daripada serangga itu sendiri.

Sebagai pemilik kucing yang penyayang, luangkan waktu untuk mendidik diri sendiri tentang risiko berbagai serangga.

Jika melihat kucing Anda memakan semua atau sebagian serangga, Anda akan tahu cara menanganinya.

Melansir The Spurce Pets, Kamis (17/11/2022), berikut delapan jenis serangga yang beracun bagi kucing:

 

1. Laba-laba

Sebagian besar laba-laba, terutama laba-laba kecil di rumah, umumnya tidak berbahaya bagi kucing. Namun, laba-laba beracun apa pun yang dapat membahayakan manusia juga dapat membahayakan kucing Anda.

Karena kucing Anda jauh lebih kecil daripada kita, racun dari gigitan laba-laba dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada mereka daripada manusia. Laba-laba janda hitam (black widow)  beracun bagi kucing.

Laba-laba beracun umum lainnya yang harus diwaspadai termasuk Brown Recluse dan Hobo Spider. Gigitan laba-laba beracun dapat menyebabkan penyakit berat atau bahkan kematian.

Beberapa gigitan menyebabkan reaksi lokal yang berubah menjadi luka besar. Gigitan lainnya, seperti Black Widow, menyebabkan muntah dan diare, kelumpuhan, gaya berjalan mabuk, dan tremor otot.

Jika Anda mencurigai kucing Anda telah digigit laba-laba beracun, segera ke dokter hewan. Jika kucing Anda menelan laba-laba, kemungkinan besar racunnya tidak akan menjadi masalah, karena asam lambung cenderung menetralkan racun tersebut.

Namun, Anda tetap harus mengamati kucing Anda dengan cermat selama satu atau dua hari jika ada tanda-tanda penyakit yang muncul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

2. Tawon, Lebah, dan Hewan Penyengat Lainnya

Serangga yang terbang dan berdengung sangat menggoda bagi kucing yang suka bermain. Namun, sengatan mereka bisa menyakitkan.

Seperti pada manusia, kucing mungkin saja mengalami reaksi alergi terhadap sengatan dan mengalami anafilaksis, meskipun hal ini jarang terjadi.

Kemungkinan besar kucing akan menjilati tempat di mana dia disengat dan mengiritasi area tersebut lebih lanjut.

Jika kucing Anda disengat lebah, dokter hewan Anda mungkin menyarankan untuk memberikan diphenhydramine, anti-histamin.

Sebaiknya Anda selalu menyediakannya, tetapi jangan memberikannya kecuali disarankan oleh dokter hewan.

Jika kucing Anda mengalami pembengkakan, muntah-muntah, masalah pernapasan, atau reaksi yang kuat terhadap sengatan, sebaiknya segera konsultasi ke dokter hewan.

3 dari 8 halaman

3. Kupu-Kupu, Ngengat, dan Ulat Bulu

Sebagian besar ngengat dan kupu-kupu tidak menimbulkan risiko bagi kucing. Hal ini sangat beruntung karena kucing sangat senang mengejar hewan terbang mewah ini.

Beberapa ulat akan menyengat, menyebabkan rasa sakit pada kucing Anda. Sengatan dari ulat biasa jarang berbahaya, tetapi beberapa ulat besar dan eksotis bisa beracun.

Ngengat Harimau Taman, mungkin beracun jika tertelan (begitu juga ulatnya). Namun, hanya sedikit yang diketahui tentang efek racunnya pada kucing.

Jika Anda mencoba untuk mengusir ngengat pada pakaian, cara terbaik adalah dengan menggunakan kapur barus. Namun, kapur barus sangat beracun bagi kucing.

Memakan satu kapur barus saja dapat menyebabkan keracunan. Hal ini karena kapur barus sebenarnya pestisida padat dan pekat.

Tanda-tanda keracunan kapur barus antara lain, muntah-muntah, lesu, lemas, kesulitan bernapas, gemetar, dan kejang.

4 dari 8 halaman

4. Kelabang

Kelabang umumnya tidak berbahaya bagi kucing. Anda mungkin merasa lega saat menemukan kucing Anda membersihkan rumah dari hewan merayap yang menyeramkan ini. Namun, kelabang memiliki racun dan dapat menggigit saat mangsa menangkapnya. 

Kelabang yang lebih besar mungkin dapat menggigit kucing Anda. Hal ini dapat menyebabkan reaksi lokal atau masalah yang lebih serius seperti demam dan lemas.

Jika Anda menduga kucing Anda telah digigit kelabang, pastikan untuk mengawasi area tersebut dengan cermat. Anda mungkin perlu pergi ke dokter hewan jika kucing Anda menunjukkan tanda-tanda penyakit.

Kelabang Kepala Merah Raksasa  dan Kelabang Kepala Merah Texas bisa sangat beracun atau bahkan mematikan. Untungnya, kelabang-kelabang ini tidak mungkin ditemukan di sekitar rumah.

 

5 dari 8 halaman

5. Kalajengking

Jika kucing Anda bermain dengan kalajengking, kemungkinan besar dia akan tersengat. Paling tidak, sengatan kalajengking akan menyakitkan bagi kucing Anda.

Kemungkinan akan menyebabkan reaksi lokal. Dalam kasus yang lebih serius, kucing dapat mengalami muntah, kesulitan bernapas, atau perilaku tidak biasa lainnya.

Jika Anda tahu bahwa Anda tinggal di daerah di mana kalajengking lazim ditemukan, waspadalah terhadap risiko bagi kucing Anda. Jika Anda merasa kucing Anda telah disengat kalajengking, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter hewan.

 

6 dari 8 halaman

6. Semut

Sebagian besar semut tidak berbahaya bagi kucing. Semut hitam besar dapat menggigit kucing, tetapi gigitan kecil ini tidak membahayakan.

Sebaliknya, semut api bisa sangat berbahaya bagi kucing. Gigitan mereka menyakitkan dan bahkan dapat menyebabkan reaksi alergi yang serius, yang terburuk dapat menyebabkan anafilaksis.

Jika kucing Anda digigit semut api, sebaiknya kunjungi dokter hewan untuk berjaga-jaga.

 

7 dari 8 halaman

7. Kecoak, Kumbang, Jangkrik, dan Belalang

Serangga bertubuh keras seperti kecoak, kumbang, jangkrik, dan belalang biasanya tidak beracun bagi kucing. Namun, menelan eksoskeletonnya dapat menyebabkan iritasi mulut dan gangguan pencernaan.

Kecoak dapat membawa parasit yang dapat menyerang kucing. Hal ini bahkan menjadi alasan lain untuk menjaga kucing Anda menggunakan obat pencegahan bulanan yang dapat mengatasi cacingan.

 

8 dari 8 halaman

8. Kutu, Nyamuk, dan Lalat

Kutu sangat umum ditemukan pada kucing dan dapat menyebabkan gatal-gatal dan bahkan anemia.

Berlawanan dengan kepercayaan populer, kutu umum ditemukan bahkan pada kucing yang hanya berada di dalam ruangan. Kucing sering menelan kutu saat melakukan grooming, yang dapat menyebabkan infeksi cacing pita. 

Kutu lebih mungkin muncul pada kucing yang pergi ke luar ruangan, tetapi kucing mana pun bisa terkena kutu. Bahaya kutu karena mereka adalah vektor penyakit.

Penyakit yang ditularkan melalui kutu dapat menyebabkan sejumlah masalah pada kucing. Jika Anda melihat kutu pada kucing Anda, bicarakan dengan dokter hewan Anda tentang pilihan terbaik untuk pencegahan kutu.

Nyamuk pada dasarnya merupakan gangguan bagi kita, tetapi mereka dapat menularkan penyakit heartworm yang fatal pada kucing.

Karena kucing bukan inang yang ideal untuk heartworm, infeksi jarang terjadi. Namun, ketika kucing terkena penyakit heartworm, cacing-cacing tersebut tinggal di paru-paru.

Tidak ada pengobatan yang tersedia untuk heartworm pada kucing. Itulah mengapa pencegahan heartworm bulanan direkomendasikan.

Lalat mungkin menyenangkan bagi kucing untuk ditangkap, tetapi lalat juga bisa menjadi masalah. Beberapa kucing rentan terhadap gigitan lalat di telinga mereka, terutama kucing yang hidup di luar. Ketika kucing mengalami gigitan lalat di telinga mereka, krim pengusir lalat dapat digunakan untuk mencegah lalat.

Cuterebra, atau botfly, diketahui bertelur pada kulit hewan. Larva tersebut menggali liang di bawah kulit dan menjadi dewasa.

Ketika hal ini terjadi pada kucing, terlihat seperti benjolan kecil di bawah kulit yang di atasnya terdapat lubang kecil dan bulat sempurna.

Saat matang, Anda mungkin dapat melihat larva, yang terlihat seperti belatung besar. Jika Anda melihat hal ini pada kucing Anda, jangan coba-coba mengeluarkan belatung tersebut. Kunjungi dokter hewan agar belatung tersebut dapat dikeluarkan dengan benar dan kucing Anda dapat diobati untuk infeksi sekunder.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.