Sukses

8 Tips Hilangkan Ketombe Ini Bisa Dicoba di Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki rambut berketombe selain tidak nyaman juga membuat seseorang jadi tidak percaya diri. Munculnya ketombe disebabkan oleh jamur malassezia, yang memakan sebum --zat berminyak yang dikeluarkan oleh kelenjar sebaceous di kulit kepala-- dan sel kulit mati yang terjadi secara alami akibat pembentukan kulit baru.

Meskipun mikroba adalah bagian normal dari kulit kepala, jamur memakan sebum dan memecahnya menjadi asam lemak yang dapat mengiritasi kulit kepala yang sensitif.

Ketombe juga merupakan penyebab kulit kepala kering dan gatal. Ketombe pun menyebabkan sel kulit mati menumpuk menjadi serpihan yang terlihat.

Hal paling memalukan dari rambut berketombe yang bisa terjadi sewaktu-waktu, yakni ketika kita menggaruk kulit kepala yang gatal, ternyata ada serpihan putih yang terlihat di rambut. Karena sangat meresahkan, mengatasi rambut berketombe jadi dambaan mereka yang dilanda masalah ini.  

Meskipun tidak ada cara yang bisa sepenuhnya menghilangkan ketombe dari rambut, ada banyak solusi yang dapat digunakan di rumah untuk menjaga ketombe agar tetap terkendali.

Mengutip laman Food.ndtv.com, Selasa, (15/11/22) berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ketombe secara alami. Cara sederhana ini bisa kamu lakukan di rumah, yuk simak tipsnya di bawah ini. 

1. Jangan oleskan minyak ke rambut

Banyak orang berpendapat bahwa meminyaki rambut adalah cara ampuh untuk menghilangkan ketombe. Faktanya, mengoleskan minyak justru akan menyebabkan lebih banyak ketombe.

Dermatolog yang berbasis di Delhi, dr Deepali Bhardwaj, mengatakan, mengoleskan minyak akan menyebabkan lebih banyak ketombe. Menurutnya, hal ini karena minyak seperti makanan untuk Malazzesia yang menyebabkan ketombe.

"Walaupun mengoleskan minyak ke kulit kepala yang kering dan gatal terdengar sebagai sebuah solusi yang baik, tetapi itu justru dapat memperburuk kondisi ketombe Anda, terutama jika membiarkannya di kulit kepala lebih lama," kata dr Bhardwaj. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Memakai Cuka

Cuka dipercaya dapat membantu dalam mengobati gatal, kulit kering, dan juga membantu membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe.

Kandungan asam cuka dianggap sangat bermanfaat untuk mengurangi pengelupasan secara drastis. Dengan mengoleskan campuran cuka putih dengan air dalam jumlah yang sama pada kulit kepala sekitar setengah jam sebelum keramas.

3. Soda kue

Soda kue, berfungsi sebagai scrub dan bisa mengelupas kulit kepala dengan lembut, tanpa mengiritasi dan mengangkat sel kulit mati.

Pengelupasan sangat penting untuk memastikan tidak ada penumpukan serpihan di kulit kepala yang membuat ketombe semakin terlihat.

Dr. Sirisha Singh, Direktur Medis dan Konsultan Dokter Kulit di The Skin Center di New Delhi mengatakan, soda kue memiliki sifat eksfoliasi dan antijamurnya mampu menenangkan kulit kepala serta mengurangi kemerahan dan gatal. 

Dr Singh menyebut, menggunakan soda kue bisa dilakukan dengan cara mencampurkan soda ke sampo saat mencuci rambut untuk mendapatkan manfaatnya.

3 dari 4 halaman

4. Lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya mendinginkan tetapi juga mengelupas kulit secara ringan dan memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri.

Gunakan dengan mengekstrak langsung beberapa dari tanaman lidah buaya yang memiliki konsistensi yang tebal. Cara ini dapat diterapkan di kulit kepala dan kemudian dicuci dengan obat anti ketombe atau sampo ringan.

Dr. Sirisha Singh, Direktur Medis dan Konsultan Dokter Kulit di The Skin Center di New Delhi, juga merekomendasikan ramuan ini untuk menenangkan kulit kepala yang teriritasi dan meredakan peradangan.

 5. Minyak pohon teh

Semua obat anti jerawat dan anti jamur mengandalkan minyak pohon teh karena kekuatannya yang luar biasa untuk melawan infeksi jamur dan bakteri.

Cara menggunakannya adalah dengan menambahkan satu atau dua tetes minyak pohon teh ke sampo Anda dan cuci secara normal. Perhatikan hasilnya untuk kenyamanan kepala Anda.

4 dari 4 halaman

6. Bawang putih

Bau menyengat dari siung bawang putih mungkin akan mengganggu untuk sebagian orang, tetapi bawang putih sangat bermanfaat sebagai produk alami anti jamur.

Cara menggunakan bawang putih untuk antiketombe adalah dengan mengambil satu atau dua siung bawang putih ditumbuk setelah itu campur dengan air, kemudian gunakan pada kulit kepala Anda untuk melihat hasilnya.

 7. Neem atau daun mimba

Sebagian orang mungkin sudah banyak yang tahu bahwa ekstrak mimba digunakan sebagai obat kulit karena kualitas anti bakteri dan anti jamurnya.

Karena ketombe sebagian besar dapat dikaitkan dengan kolonisasi jamur --keberadaan dan pertumbuhan mikroorganisme pada kulit tanpa disertai tanda infeksi-- di kulit kepala, maka obat kuno ini sangat tepat untuk penyakit kulit.

Namun Dr. Sirisha Singh mengingatkan untuk menggunakan versi yang sangat encer dari mimba dengan cara direbus untuk kulit kepala karena versi pekat hanya dapat mengiritasi kulit.

8. Sampo mengandung neem

Solusi termudah untuk semua masalah ketombe adalah Anda menggunakan sampo berbasis mimba dari toko terdekat.

Mimba memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri, oleh karena itu sampo ketombe mimba sangat cocok sebagai solusi ketombe di rumah yang cepat dan mudah. Terapkan dan cuci rambut Anda 2-3 kali per minggu dengan sampo ini. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS