Sukses

Apple Gulirkan Update iOS 16.1.1, Ada Perbaikan Koneksi WiFi di iPhone

Bagi kamu yang menggunakan perangkat Apple terutama iPhone dan iPad, segeralah untuk update ke iOS 16.1.1. Lewat update ini, Apple memperbaiki koneksi WiFi pada iPhone.

Liputan6.com, Jakarta - 9 November lalu, laman Support Apple mengumumkan kehadiran update software iOS 16.1.1 untuk pengguna iPhone serta iPadOS 16.1.1 untuk pengguna iPad. 

Dilansir Mac Rumors, Jumat (11/11/2022), Apple menggulirkan iOS 16.1.1 dengan perbaikan bug minor. Update ini hadir dua minggu setelah perusahaan merilis iOS 16.1. Saat itu, Apple menggulirkan dukungan untuk iCloud Shared Photo Library, Matter, Live Activities, dan banyak lagi.

Kali ini, melalui update iOS 16.1.1, Apple menggulirkan perbaikan koneksi WiFi pada iPhone. Pasalnya, bug pada WiFi sebelumnya telah mengakibatkan terputusnya koneksi secara acak. Akibat bug tersebut, beberapa pengguna iPhone tidak dapat tetap terhubung ke jaringan Wi-Fi mereka.

Meski begitu, belum jelas perbaikan bug apa saja yang diusung pembaruan iOS ini. Apple pun menyebut, pembaruan kali ini mencakup perbaikan bug dan pembaruan keamanan.

Nantinya iOS 16.1.1 akan diikuti oleh iOS 16.2. Update iOS tersebut yang sedang diuji beta dan diharapkan akan diluncurkan pada bulan Desember 2022. Sekadar informasi, iOS 16.2 memperkenalkan aplikasi Freeform, arsitektur aplikasi Home baru, dan berbagai fitur lainnya.

Perangkat yang mendapatkan pembaruan iOS 16.1.1, antara lain adalah:

  • iPhone 8 dan model iPhone yang lebih baru
  • iPad Pro (semua model)
  • iPad Air generasi ke-3 dan yang lebih baru
  • iPad generasi ke-5 dan yang lebih baru
  • iPad mini generasi ke-5 dan yang lebih baru

Untuk memperbaruinya, pengguna bisa mengunduh melalui iPhone. Caranya, buka Pengaturan (Setting) > Umum (General) > Pembaruan perangkat lunak (Update software). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur di iOS16.1

Beberapa fitur baru yang kamu dapat gunakan di iOS 16.1, dilansir Cnet (11/11/2022) :

1. iCloud Shared Photo Library

Apple memutuskan untuk menunda fitur iCloud Shared Photo Library ini saat peluncuran iOS 16 pada September 2022. Diketahui, perusahaan memutuskan untuk menunda peluncuran fitur ini karena masih ada beberapa bug.

Dengan iCloud Shared Photo Library, 6 pengguna iPhone dapat berbagi satu Photo Library sehingga memudahkan untuk distribusi foto antara teman dan anggota keluarga.

Setiap anggota iCloud Shared Photo Library dapat menambah, edit, memfavoritkan, kasih caption, dan menghapus foto lewat iPhone atau iPad.

2. Pengisian Daya Bersih

Clean Energy Charging atau Pengisian Daya Bersih adalah upaya untuk menjaga lingkungan dengan mengurangi jejak karbon pengguna.

Apple mengatakan, baterai iPhone‌ masih akan terisi penuh sebelum digunakan berdasarkan rutinitas pengisian daya harian. Fitur ini aktif secara default, tetapi tetap masih bisa dimatikan secara manual jika tidak diinginkan.

3 dari 4 halaman

3. Live Activites

Fitur utama iOS 16 yang sudah dinanti pengguna adalah Live Activites, di mana aplikasi akan menampilkan informasi secara real time di Lock Screen.

Dengan ini pengguna iPhone tidak perlu lagi membuka ponsel untuk masuk ke dalam aplikasi untuk mengetahui informasi.

Salah satu contoh yang diungkap sebelumnya adalah skor sepak bola, melacak lokasi mobil Uber, dan masih banyak lagi. Meski begitu, fitur Live Activites ini terasa lebih optimal di iPhone 14 Pro dengan Dynamic Island.

Saat didemokan, notifikasi di Dynamic Island iPhone 14 Pro terlihat lebih informatif ketimbang yang ada sebelumnya.

4. Apple Fitness+ di iPhone Tanpa Apple Watch

Apple Fitness+ saat ini sudah tersedia langsung di iPhone, tanpa harus memiliki Apple Watch.

Kamu hanya perlu berlangganan Apple Fitness+ untuk dapat berolahraga, dan menikmati beragam latihan dengan pemandu.

4 dari 4 halaman

5. Share Key

Pengguna yang sudah update ke iOS 16.1 bisa membagikan kunci mobil, kamar hotel, atau kunci lain di aplikasi Wallet dengan lebih aman via Messages, WhatsApp, atau aplikasi pesan lainnya.

6. Persentase Baterai di Status Bar

iOS 16.1 akhirnya menambahkan persentase baterai ke ikon di status baru bagi pengguna iPhone XR, iPhone 11, iPhone 12 mini, dan iPhone 13 mini.

Selain itu, Apple juga melakukan perubahaan indikator saat iPhone di-charge atau sedang dipakai. Perusahaan juga memperbarui font yang dipakai untuk ikon baterai, dan meningkatkan ukurannya sehingga lebih mudah dibaca.

7. Antarmuka Alat Bantu Pengeditan Screenshot 

Saat Anda mengedit screenshot menggunakan menu pengeditan, opsi hapus, simpan, dan salin sekarang ditampilkan di bagian atas layar Anda dalam menu yang lebih kecil dan tidak terlalu mengganggu. Sebelumnya, opsi-opsi ini berada di bagian bawah layar iPhone Anda. 

8. Pengaturan Pengisian Daya Energi

Toggle Pengisian Energi Bersih baru telah ditambahkan ke bagian Baterai di Pengaturan. Pengaturan ini dapat membantu mengurangi jejak karbon Anda saat mengisi daya iPhone. Dengan Clean Energy Charging aktif, iPhone Anda akan mengisi daya secara selektif saat listrik dengan emisi karbon yang lebih rendah tersedia. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.