Sukses

6 Fakta Unik Tentang Otak Manusia yang Tak Banyak Diketahui

Berikut enam fakta unik yang tidak banyak diketahui tentang otak manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Otak telah memungkinkan manusia selama berabad-abad untuk mengubah batu dan pohon menjadi rumah, membuat kaca menjadi lensa yang dapat digunakan untuk melihat bintang atau mikrob dan juga untuk membangun kota dan negara dari bawah ke atas.

Kemampuan otak manusia juga dapat menciptakan karya agung dalam seni visual, sastra, pertunjukan, dan seni lainnya serta untuk mempelajari masa lalu dan masa kini sambil membayangkan segudang kemungkinan di masa depan.

Bahkan lebih dari itu, otak dapat menghubungkan semua usaha ini dan membuatnya tersedia bagi semua orang di seluruh dunia dan lintas waktu. Otak adalah organ yang menakjubkan, yang masih banyak yang harus kita pelajari.

Otak juga merupakan komponen penting dalam tubuh manusia yang menjadikan manusia sebagai makhluk yang dianggap sempurna. Otak manusia juga bisa menciptakan suatu teknologi, pengetahuan baru yang memudahkan manusia dalam melakukan segala aktivitas. Media sosial yang kita gunakan saat ini adalah salah satu produk terbaik dan tidak pernah dibayangkan sebelumnya jika hal ini adalah karya dari otak manusia.

Manusia dapat menciptakan segala sesuatu yang berguna untuk kehidupan apabila fungsi dan kerja otak dimanfaatkan dengan baik. Mengutip dari laman List Verse, Minggu (17/07/2022) berikut enam fakta yang tidak biasa dan tidak banyak diketahui tentang otak manusia:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Otak Dapat Menjadi Panas

Penelitian telah menemukan bahwa, seperti gadget mekanis, otak manusia memanas ketika bekerja, suhunya naik menjadi 140 derajat celcius, berlawanan dengan suhu tubuh lainnya sekitar 37 derajat celcius.

Meskipun suhu seperti itu menunjukkan bahwa otak dalam keadaan sehat, tanda tangan panas yang tidak biasa bisa menunjukkan kerusakan otak atau gangguan.

Peta 4-D suhu otak sepanjang hari menunjukkan bahwa otak wanita sedikit lebih hangat daripada otak pria, mungkin karena siklus menstruasi. Studi ini menemukan bahwa variasi harian dalam suhu otak wanita dan pria rata-rata berada dalam 1 derajat celcius, dengan suhu yang lebih dingin di bagian luar otak.

Otak lebih dingin di malam hari dan lebih hangat di siang hari, sementara otak orang yang lebih tua cenderung lebih panas daripada otak orang yang lebih muda. Studi ini menunjukkan jalan potensial untuk mendiagnosis dan mengobati kerusakan atau gangguan otak.

3 dari 7 halaman

2. Materi Dapat Merusak Otak

Menurut sebuah artikel online, para peneliti telah menyimpulkan bahwa partikel polusi udara beracun ultra-halus yang terhirup dapat berpindah dari paru-paru ke dalam aliran darah, menyerang otak dan tertanam dalam jaringannya.

Di mana partikel-partikel tersebut dapat bertahan lebih lama daripada di organ lainnya. Titik invasi tampaknya adalah penghalang darah-otak, yang oleh Harvard Medical School digambarkan sebagai pemisahan fisik antara otak dan sistem peredaran darah yang biasanya hanya mengizinkan molekul-molekul kecil seperti oksigen dan glukosa untuk melewatinya.

Para peneliti menemukan kemungkinan ini mengkhawatirkan, karena partikel invasif semacam itu yang mencakup kalsium, zat besi, dan titanium dioksida yang dapat menyebabkan peradangan saraf.

4 dari 7 halaman

3. Beberapa Otak Tidak Bisa Mengenali Wajah

Buta wajah, atau prosopagnosia, adalah kelainan neurologis yang ditandai dengan ketidakmampuan untuk mengenali wajah yang sudah dikenal. Meskipun mereka yang menderita kondisi ini menyadari bahwa mereka melihat wajah, mereka tidak dapat mengetahui wajah siapa yang mereka lihat, kadang-kadang bahkan ketika wajah itu adalah wajah anggota keluarga atau diri mereka sendiri.

Sebagai seorang selebriti, Brad Pitt, yang menderita kondisi tersebut, menempatkan wajah manusia pada kelainan tersebut. Dia mengungkapkan bahwa orang sering tidak percaya bahwa dia tidak dapat mengenali atau mengidentifikasi wajah mereka.

Akibatnya, mereka menganggapnya tidak sopan, egois, dan sombong. Kondisi ini sering mempengaruhi orang sejak lahir. Meskipun dia mungkin merasa sendirian, Pitt tidak merasa sendirian karena menurut National Health Service, satu dari 50 orang terkena prosopagnosia, yang bisa disebabkan oleh "kelainan pada bagian otak yang disebut fusiform gyrus.

5 dari 7 halaman

4. Kehidupan Modern Mengubah Otak

Stres dan tuntutan kehidupan modern dapat berbahaya bagi korteks prefrontal otak, menghasilkan kelelahan ekstrem, dan suatu kondisi yang membuat orang lebih rentan terhadap gangguan mental.

Seorang dokter menawarkan rencana perawatan tiga langkah untuk mengurangi stres dan memulihkan keseimbangan dalam hidup. Pertama, kenali tanda-tanda kelelahan ekstrem dengan mengalami kesulitan mempertahankan perhatian, melupakan kata-kata dan hal-hal kecil, berjuang untuk multi-tasking, dan melampiaskan rasa mudah marah atau emosi.

Kedua, lakukan interaksi dengan melihat, mencium, mendengar, dan cicipi apa yang ditawarkan kehidupan. Selidiki makanan baru, seni, musik, dan terutama alam.

Interaksi sosial juga disarankan dengan berbicara, bertanya, sapa, atau mengobrol dengan orang lain dan bukan hanya mereka yang dekat dengan kalian, tetapi juga orang-orang yang kalian lihat, bekerja dengan kalian dan berpapasan dengan kalian.

6 dari 7 halaman

5. Otak Mengompres Data

Agar dapat bekerja secara efisien, otak manusia mengabaikan data yang tidak relevan, dan hanya berfokus pada informasi yang berkaitan dengan tugas apa pun yang sedang dilakukannya saat ini. Menurut para ahli saraf, otak mengadopsi visi terowongan atau memaksimalkan kinerja sambil meminimalkan biaya dengan menggunakan kompresi data.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Christian Machens dan Joe Paton, antara lain, prinsip-prinsip dapat memandu studi di masa depan mengenai bagaimana konstruksi mental dunia dapat mendukung perilaku cerdas dalam konteks ilmu kehidupan, kecerdasan buatan, dan pengambilan keputusan.

7 dari 7 halaman

6. Otak Menyukai Kejutan

Pemindaian MRI otak manusia mengungkapkan bahwa manusia terprogram untuk mendapatkan kesenangan dari peristiwa yang tidak terduga. Kejutan, khususnya, menimbulkan respons yang kuat dari nukleus accumbens, alias "pusat kesenangan otak."

Seperti yang dijelaskan oleh asisten profesor psikiatri di Emory University di Atlanta, hadiah ulang tahun memang bagus untuk diterima, tetapi hadiah yang diterima pada hari-hari lain lebih baik karena tidak terduga.

Kejutan yang dilakukan akan menyebabkan aliran dopamin dan menerangi nukleus accumbens yang membuat kemampuan kerja otak menjadi lebih meningkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.