Sukses

Olahraga Rutin 2 Menit Kurangi Risiko Serangan Jantung dan Bikin Panjang Umur

Liputan6.com, Jakarta Makan makanan sehat dan berolahraga akan selalu menjadi kunci untuk umur panjang dalam hidup Anda. Ketika berbicara tentang olahraga dan mengurangi risiko kematian dini, ternyata aktivitas dua menit yang dilakukan secara teratur dapat membuat semua perbedaan.

Penelitian baru yang diterbitkan dalam European Heart Journal menemukan latihan singkat yang dilakukan selama sekitar 15 menit seminggu akan sangat membantu dalam hal panjang umur seseorang.

Ini berarti untuk berumur panjang, Anda tak harus menghabiskan waktu berjam-jam di gym seperti yang banyak dikira orang.

“Hasilnya menunjukkan bahwa mengumpulkan aktivitas berat dalam latihan singkat sepanjang minggu dapat membantu kita hidup lebih lama,” jelas Dr Matthew Ahmadi dari University of Sydney seperti dilansir dari Mirror.

Dia melanjutkan: “Mengingat bahwa kurangnya waktu adalah hambatan yang paling sering dilaporkan untuk aktivitas fisik secara teratur, mengumpulkan jumlah kecil latihan secara sporadis di siang hari mungkin menjadi pilihan yang sangat menarik bagi orang-orang sibuk.”

Penelitian ini menjelaskan lebih lanjut tentang bagaimana intensitas latihan - daripada panjangnya - lebih penting dalam hal kesehatan kardiovaskular. Ini ditemukan setelah melihat orang dewasa berusia antara 40 dan 69 tahun menggunakan data dari Biobank Inggris.

Dengan mengukur gerakan berkonsentrasi pada kegiatan sporadis, peserta dipantau menggunakan pelacak di pergelangan tangan mereka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Hasil penelitian

Para peneliti mencatat bahwa risiko dari kelima hasil kesehatan yang merugikan seiring bertambahnya usia berkurang karena aktivitas singkat yang kuat. Hasil penyakit kardiovaskular dan risiko kanker juga terlihat berkurang.

Risiko kematian juga diturunkan dengan latihan singkat yang intens

Disimpulkan bahwa risiko seseorang meninggal tanpa aktivitas berat adalah 4% dalam lima tahun, tetapi risiko itu berkurang setengahnya menjadi 2% dengan aktivitas berat mingguan kurang dari 10 menit, dan turun menjadi 1% dengan 60 menit atau lebih.

Dibandingkan dengan hanya dua menit aktivitas berat per minggu, 15 menit dikaitkan dengan risiko kematian 18% lebih rendah dan kemungkinan penyakit kardiovaskular 15% lebih rendah, sementara 12 menit dikaitkan dengan penurunan risiko kanker 17%.

Bahkan lebih baik dari itu, bagi mereka yang mampu meningkatkan intensitasnya, perolehan lebih lanjut diamati di luar angka-angka itu.

 

3 dari 5 halaman

Studi lainnya

Studi lain juga menemukan tingkat penyakit kardiovaskular adalah 14% lebih rendah ketika aktivitas sedang hingga berat menyumbang 20% ​​daripada 10% aktivitas - setara dengan mengubah jalan kaki 14 menit menjadi jalan cepat tujuh menit.

"Hasil kami menunjukkan bahwa meningkatkan volume total aktivitas fisik bukan satu-satunya cara untuk mengurangi kemungkinan mengembangkan penyakit kardiovaskular," kata Dr Dempsey.

Latihan intensif, tidak peduli durasinya, juga terbukti berdampak positif pada tekanan darah, sensitivitas insulin, massa otot, dan komposisi tubuh.

Dr Dempsey menyimpulkan: “Meningkatkan intensitas sangat penting, sementara meningkatkan keduanya akan menjadikannya optimal."

“Ini menunjukkan bahwa meningkatkan intensitas aktivitas yang sudah Anda lakukan baik untuk kesehatan jantung."

“Misalnya, menambah kecepatan saat berjalan kaki setiap hari ke halte bus atau menyelesaikan pekerjaan rumah tangga lebih cepat.”

4 dari 5 halaman

3 Zodiak Ini Bakal Alami Banyak Kesulitan di Bulan November 2022

Untuk beberapa tanda zodiak dalam astrologi, ini semua tentang melepaskan masa lalu dan masa lalu yang jauh.Berikut ini tiga tanda zodiak yang akan alami banyak kesulitan pada November 2022:

1. Cancer

Apa yang menarik dari November, bagi Anda, Cancer, adalah bahwa Anda secara umum sangat baik dengannya; Anda tahu ada tekanan untuk melihat keluarga dan merencanakan acara keluarga, dan Anda tahu akan ada sosialisasi dan kesenangan.

Semua itu membuat Anda sangat bahagia, tetapi masih ada masa lalu Anda yang mengganggu, dan Anda tampaknya membiarkannya menghalangi kesenangan Anda, lagi dan lagi.

Apa yang terlihat adalah bahwa Anda bahkan tidak tahu mengapa. Seolah-olah Anda telah menerima apa yang mengerikan tentang masa lalu Anda, namun Anda terus kembali lagi seperti terikat padanya dengan cara yang berada di luar kendali Anda. Anda akan tergoda oleh banyak transit Scorpio untuk bertindak atau berperilaku buruk, tetapi batin Anda tidak akan membiarkan Anda melangkah terlalu jauh.

Anda akan alami konflik bulan ini dan tahu pasti bahwa Anda tidak dapat melanjutkan dengan cara ini. Anda harus melangkah maju, menuju cahaya. Jangan khawatir. Ikuti gerakannya sekarang, dan bersiaplah untuk penyembuhan.

5 dari 5 halaman

2. Capricorn

Ini bukan bulan yang berat bagi Anda, tetapi ini adalah bulan di mana banyak aktivitas akan terjadi, dan percaya atau tidak, beberapa aktivitas itu mungkin bisa Anda sebut 'menyesakkan.' Anda akan tergoda untuk terlibat dalam hal-hal yang mungkin bukan pilihan terbaik bagi Anda.

Tetapi masalahnya di sini adalah bahwa Anda sangat ingin melakukan sesuatu yang radikal; sesuatu...terlarang, dan sejujurnya, kemungkinan besar Anda akan membahas hal ini. Anda mungkin merasa seolah-olah Anda telah menahan diri sepanjang tahun, dan sekarang tahun akan segera berakhir, Anda ingin sedikit membebaskan diri dari hidup.

Namun, gagasan Anda tentang 'hidup' mungkin akan membuat Anda mendapat masalah. Jadi jika Anda dapat mengambil sedikit kebijaksanaan dalam aktivitas liar dan gila Anda, maka Anda mungkin bertahan di bulan ini tanpa cedera.

3. Pisces

Anda, seperti banyak orang sensitif lainnya, akan melalui fase melankolis selama bulan November. Anda sadar bahwa itu sedang terjadi dan dengan cara tertentu, Anda menyisihkan waktu hanya untuk alasan ini. Anda merasa seolah-olah Anda berhutang 'kehancuran' pada diri sendiri, dan jika Anda merasa ingin menangis, Anda akan menangis, dan tidak ada yang bisa menghentikan Anda.

Anda tidak akan membiarkan lingkungan mengambil alih kesedihan Anda, tetapi Anda bersikeras meluangkan waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan ini untuk mengenang masa lalu dan tindakan yang telah diambil pada tahun ini. Anda perlu menyelesaikan masalah dan terkadang itu berarti Anda perlu sendirian untuk melakukannya.

Anda mungkin tidak menyenangkan perasaan semua orang tentang perilaku sosial selama ini, tetapi Anda tahu apa yang tepat untuk Anda. Ini bukan bulan yang mengerikan, dan Anda tahu apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasinya. Kamu akan baik-baik saja, Pisces.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS