Sukses

5 Arti Mimpi Didatangi Orang yang Sama Berulang Kali, Pertanda Jodoh?

Liputan6.com, Jakarta - Tidur merupakan kegiatan yang dilakukan guna mengistirahatkan diri setelah lelah menjalani aktivitas seharian.

Saat seseorang tertidur, mereka berada dalam keadaan bawah sadar yang menyebabkan dirinya dapat dibangunkan atau terbangun ketika ada interaksi dari orang lain.

Semua manusia tentu saja mengharapkan kualitas tidur yang baik, seperti kenyamaan saat tidur.

Tubuh membutuhkan energi untuk menjalani segala aktivitas. Oleh sebab itu, tidur menjadi salah satu istirahat terbaik yang sanggup mengembalikan energi. Kalian dianjurkan untuk tidur cukup yaitu berdurasi tujuh s.d delapan jam perhari.

Seusai lelap tertidur di malam hari, seharusnya seseorang terbangun dalam keadaan segar dan siap untuk memulai aktivitasnya.

Namun, tak jarang pula kalian kerap kali terbangun tengah malam karena mimpi buruk. Kejadian ini akan sangat mengganggu kualitas tidur.

Selain itu, mungkin kalian pernah mimpikan hal lain, seperti bertemu dengan gebetan, bahkan mantan.

Saat tersadar dan bangun dari tidur, kamu mungkin akan bertanya-tanya. Apalagi saat orang tersebut tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya.

Dilansir melalui womendhealthmag, sebuah penelitian di Jerman mengungkap terjadinya mimpi dikarenakan adanya data yang terhubung antara hippocampus dengan neokorteks.

"Jadi mimpi terbentuk dari hippocampus yang sedang membersihkan data-data kurang penting di hari tersebut, guna mempersiapkan otak untuk keesokan harinya," kata Christina Jeffrey, konselor kesehatan mental berlisensi dan Asisten Direktur di Humantold, layanan psikoterapi di New York.

Lantas, adakah alasan dibalik mimpi yang terjadi berulang kali saat tidur? Simak penjelasan terkait arti mimpi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Memimpikan Orang Yang Sama Berulang Kali

Dilansir dari knowhatosay, memimpikan seseorang berulang kali kemungkin dapat terjadi karena tanpa sadar mereka yang ada di dalam mimpi selalu berada dalam pikiran bahwa sadar atau subconscious mind.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, seperti kamu tengah jatuh cinta dengan dirinya, ingin memperbaiki hubungan dengannya, dan ada masalah yang belum terselesaikan yang menyebabkan dirinya berada di bagian subconscious.

Mimpi akan terjadi ketika seseorang telah mencapai tahap rapid eye movement atau REM. Kondisi ini biasanya akan berdurasi antara satu setengah hingga dua jam setiap malamnya.

Lantas, adakah alasan di balik memimpikan seseorang yang terjadi berulang kali?

1. Kamu Jatuh Cinta

Ketika kamu sayang dan jatuh cinta dengan seseorang, kamu pasti akan selalu ingin berada di dekatnya. Dengan begitu, kamu akan terus memikirkan mereka secara sadar ataupun tidak.

Saat kamu secara terus menerus memikirkan tentang dirinya, otak akan menangkap sinyal tersebut. Tak heran, jika kamu akan memimpikannya berulang kali.

2. Memiliki Perasaan Bersalah

Mimpi yang terjadi berulang kali bisa saja dikarenakan kamu pernah berbuat salah pada orang tersebut. Perasaan bersalah dirimu mungkin membuat kamu tak akan pernah bisa melupakannya.

Hal ini yang menyebabkan rasa bersalah akan terbawa hingga ke alam bawah sadar yang mulai berperan membentuk mimpi secara berulang kali.

 

3 dari 5 halaman

Faktor Mimpi Terjadi Berulang Terus Menerus

3. Pengalaman di Masa Kecil

Mimpi berulang dapat terjadi karena pengalaman masa kecil yang pernah kita lalui. Pengalaman akan tersimpan di memori dan menjadi kenangan.

Kadang kala, pengalaman yang kita temukan tidak selalu bahagia, bisa jadi menyakitkan bahkan menakutkan di masa kecil.

Pengalaman yang terkubur di dalam otak kita, terlebih bagian subconscious mind akan terus melekat hingga dapat terputar kembali dalam bentuk mimpi.

4. Trauma

Seseorang perlu memiliki waktu untuk menyembuhkan rasa trauma yang dimilikinya. Sejumlah orang yang tengah merasakan hal ini bisa saja mengalami mimpi buruk yang berulang secara terus menerus.

Mungkin kalian yang sedang mengalami trauma pernah terbangun di tengah malam karena mimpi buruk. Tak jarang trauma yang kalian rasakan kerap kali menjadi bunga tidur yang menyeramkan.

Hal ini mungkin terjadi atas representasi dari situasi kehidupan nyata yang sedang dijalaninya.

5. Khawatir Dengan Seseorang

Terkadang mimpi menjadi sebuah pertanda dan jawaban dari pertanyaan yang selama ini memenuhi isi kepala.

Memiliki kedekatan yang cukup erat, seperti keluarga, teman dekat, dan kekasih menjadi salah satu faktor mengapa mimpi dapat terulang secara terus menerus.

Mungkin kamu sedang dibatasi oleh jarak yang menyebabkan adanya hambatan dalam berinteraksi. Hal ini membuat kamu khawatir terhadap mereka.

Terus memikirkan tentangnya bisa membawa mereka ke alam bawah sadarmu yang menyebabkan terjadinya mimpi.

4 dari 5 halaman

Arti Mimpiin Mantan

Pernahkah kalian memimpikan seorang mantan yang mungkin sudah tak pernah berhubungan lagi dengannya?

Keadaan ini sebenarnya dapat ditandai oleh sejumlah faktor tertentu, namun sering kali dapat diartikan bahwa kalian masih memiliki urusan yang belum terselesaikan.

Selain itu, kemungkinan lain yang terjadi adalah mereka masih memikirkan dirimu. Entah karena mereka masih menginginkan dirimu atau hanya ingin sekedar mengingat memori bersamamu.

Setelah bangun dari tidur dan mendapati mimpi seperti ini, mungkin kamu akan bergegas mengambil ponsel dan memulai percakapan dengannya.

Hal ini tak perlu dilakukan, jika mantan kekasih mu sudah membuangmu begitu saja. Akan tetapi, jika kalian memang masih berhubungan baik, mungkin hal ini tidak menjadi sebuah masalah.

5 dari 5 halaman

Arti Mimpi Selingkuh Dengan Orang Lain

Dilansir melalui ideapod, mimpi selingkuh bisa jadi tanda bahwa kamu memiliki keraguan dengan hubungan yang sedang kamu jalani.

Secara tidak sadar, ini menjadi sebuah pertanda kamu merasa tak setia dengannya atau sebaliknya. Namun, mimpi seperti ini juga bisa dipengaruhi masa lalumu.

Mungkin kamu, pernah melewati masa sulit di masa lalu, seperti diselingkuhi oleh sang mantan. Hal ini yang menyebabkan dirimu ragu dengan pasanganmu saat ini.

Jika mimpi hanya terjadi sekali, kamu bisa mengabaikannya karena mungkin mimpi tersebut hanya kebetulan saja.

Akan tetapi, jika terjadi berulang kali, kamu harus mewaspadainya. Cobalah untuk evaluasi diri sendiri dan tanyakan kepada pasanganmu.

Hindari menuduh pasanganmu, bicarakan baik-baik agar hubungan tetap berjalin sehat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS