Sukses

Tips Agar Kulitmu Tidak Kering Ketika Berada Dalam Ruangan Ber-AC

Banyak orang yang mengalami masalah kulit kering saat berada di ruangan ber-AC. AC dapat menyebabkan kamu mengalami masalah kulit kering karena unit ini dapat mengalirkan udara kering ke dalam ruangan.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang mengalami masalah kulit kering saat berada di ruangan ber-AC. 

Sebab, pendingin ruangan Air Conditioner atau AC itu dapat menyebabkan kamu mengalami masalah kulit kering karena unit ini dapat mengalirkan udara kering ke dalam ruangan.

Dilansir airconservicing.com bahwa dengan perubahan cuaca yang drastis, yaitu cuaca sangat panas selama musim panas maka kebanyakan dari kita duduk di rumah dan kantor ber-AC sepanjang hari. Karena sangat nyaman dan menyenangkan.

Namun hal tersebut ternyata memiliki dampak negatif. Dampak negatif pertama saat berada di lingkungan ber-AC untuk waktu yang lama adalah kulitmu. Hal ini menyebabkan kerutan dan mengecilkan kulit dengan cepat dan menguras semua kelembapan alami. 

Selanjutnya, dampak pada kulit berikutnya membuat kehilangan elastisitas yang menyebabkan kekeringan, gatal, dan mengelupas.

Akibat kelembapan ruangan yang semakin rendah turut mengurangi kelembapan pada kulit, sehingga membuatnya lebih cepat kering karena dehidrasi.

Jangan sampai hal tersebut terjadi, terlebih jika kamu bekerja dalam ruangan ber-AC selama delapan jam setiap harinya. Belum lagi kalau kamu harus lembur dan kamu tidak memperhatikan asupan cairan tubuh.

 Supaya tidak terjadi, coba yuk cara cegah kulit kering berikut ini!

 

1. Minum Banyak Air

Tidak masalah bahwa kamu tinggal di ruangan ber-AC atau di tempat mana pun tetapi konsumsi air mineral adalah hal terpenting yang perlu kamu lakukan agar terhindar dari masalah kulit kering. Ketika kamu minum banyak air, tubuhmu akan tetap terhidrasi, mencegah kamu dari masalah kulit kering. 

Dalam hal jumlah air, kamu idealnya minum setidaknya 8 gelas air dalam sehari. Jika kamu adalah orang yang kelebihan berat badan, kamu harus memeriksa berat badan kamu dan minum air yang setara dengan 2% dari berat badan kamu. Jika kamu melakukannya, maka kamu akan mengatasi masalah kulit kering dengan mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Lainnya

2. Gunakan Pelembab

Ini adalah tip berguna selanjutnya yang dapat kamu ikuti dengan mudah. Kamu dapat menggunakan beberapa pelembab berkualitas tinggi yang tersedia di pasaran.

Produk ini cocok untuk semua pengguna yang ingin menjaga kesehatan kulitnya. Produk perawatan kulit ini dapat digunakan untuk mencegah masalah kulit kering secara efektif. 

Pelembab kulit ini bisa kamu aplikasikan sebelum berangkat kerja. Sebaiknya kamu membandingkan beberapa pelembab yang tersedia, sehingga kamu dapat menemukan produk yang terbaik untukmu.

Pastikan bahwa kamu memilih item terbaik yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi dan alami. Jangan memilih produk yang mengandung beberapa zat berbahaya.

 

3. Konsumsi Vitamin

Selain perawatan kulit dengan menggunakan losion atau pelembap yang tepat, asupan vitamin juga tak kalah pentingnya untuk kesehatan kulit.

Kamu membutuhkan antioksidan yang baik, seperti vitamin E. Jenis vitamin ini membantu menutrisi kulit dan kaya antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

3 dari 4 halaman

Tips Lainnya

4. Pasang Humidifier

Memang, kamu memasang AC di kamar kamu untuk mengurangi tingkat kelembaban, tetapi terkadang AC benar-benar menghilangkan kelembaban kamarmu. 

Kondisi ini tidak baik untuk kesehatan, dan karena kurangnya kelembaban, orang dapat mengalami masalah kulit kering di dalam ruangan ber-AC. 

Tetapi jika kamu akan memasang pelembab udara di kamar kamu, itu akan membantu dirimu menjaga kelembaban ruanganmu pada tingkat yang optimal.

Jadi, kamu dapat menghindari masalah kulit kering di ruang AC kamu dengan memasang pelembab udara berkualitas baik. 

 

5. Konsumsi Lebih Banyak Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran memegang peranan penting untuk menjaga kesehatan kulit, tak terkecuali kelembapannya. Pastikan tubuh kamu terpenuhi asupan buah dan sayuran yang dibutuhkan.

Kamu bisa memilih buah yang memiliki kandungan air berlebih, misalnya semangka atau melon. Pertimbangkan pula buah alpukat dan pisang yang memang bermanfaat untuk kulit.

4 dari 4 halaman

Tips Lainnya

6. Istirahat sejenak

Ini adalah salah satu hal yang harus kamu lakukan untuk menghindari masalah kulit kering. Jika kamu terus-menerus duduk di ruangan ber-AC untuk waktu yang sangat lama, itu akan membuat kulitmu kering, dan dapat memberikan beberapa masalah kesehatan lain yang berkaitan dengan kulitmu.

Untuk menghindari masalah ini, istirahat dan pergi keluar adalah hal terbaik yang dapat kamu lakukan. Saat keluar, kulit kamu akan mendapatkan kelembapan dari lingkungan, dan juga akan mendapatkan sinar matahari, yang penting untuk kesehatan kulit.

Dan ketika kamu pergi keluar untuk istirahat, kamu akan merasa jauh lebih baik dan santai serta kamu dapat melakukan pekerjaanmu dengan cara yang jauh lebih santai.

 

7. Buka jendela secara teratur 

Ini adalah satu hal yang banyak orang tidak pernah lakukan di kamar ber-AC mereka, dan mereka mendapatkan masalah kulit kering di kamar mereka. 

Bukan berarti kamu harus membuka jendela setiap kamu menggunakan AC , tetapi kamu harus membuka jendelamu secara teratur sehingga udara segar dapat mengalir di kamar kamu. Udara segar ini dapat menyeimbangkan kelembaban yang dibutuhkan di kamar kamu, dan kamu akan memiliki lingkungan yang nyaman di kamarmu. Hal ini juga akan membantu kamu menghindari masalah kulit kering dengan cara yang mudah dan juga dengan cara yang sehat.

Kamu dapat memilih waktu kapan kamu tidak menggunakan ruangan itu, dan kamu dapat menutup jendela ketika kamu kembali ke kamar kamu dan menyalakan AC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.