Sukses

Cocok Dinikmati Sebelum Ujian, 6 Makanan Ini Dapat Tingkatkan Kinerja Otak

Berikut enam makanan yang dapat tingkatkan kerja otak dan cocok dimakan sebelum ujian.

Liputan6.com, Jakarta - Bukan rahasia lagi bahwa saat-saat menghadapi ujian adalah waktu yang sangat sulit dihadapi oleh banyak siswa. Memahami semua materi yang berbeda dalam satu waktu tentu sangat melelahkan bagi siapa saja.

Sangat mudah untuk merasakan perubahan emosi, perasaan dan rasa lelah ketika menjalani ujian maupun belajar sebelum ujian berlangsung. Tentu hal ini dapat terjadi karena otak dan fisik yang dipaksa untuk dapat bekerja lebih keras dari biasanya.

Meskipun cara utama untuk melewati masa ini adalah dengan belajar dengan tenang, tetap terorganisir dan termotivasi, ada hal-hal kecil tambahan yang dapat kalian lakukan untuk tetap menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Belum lagi, makan dengan benar dan mempertahankan beberapa jenis rutinitas olahraga dapat membantu kalian untuk mendapatkan nilai yang baik. Karena terdapat satu hal spesifik yaitu beberapa makanan ini dapat meningkatkan fungsi otak.

Mereka semua adalah makanan yang memiliki efek positif pada otak dengan satu dan lain cara. Terdapat beberapa makanan yang dapat meningkatkan daya ingat sehingga kalian akan lebih mudah untuk mengingat dan menghapalkan materi-materi pelajaran.

Ada juga makanan yang dapat meningkatkan fungsi dan kerja otak sehingga meskipun otak kalian terpaksa untuk bekerja lebih keras dari biasanya, kalian akan dapat fokus dan tenang dalam menghadapi ujian. Mengutip dari laman Learn It Twise, Kamis (27/10/2022) berikut lima makanan yang dapat tingkatkan kinerja otak dan cocok dimakan sebelum ujian:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Cokelat Hitam

Salah satu makanan yang mampu meningkatkan kinerja otak adalah cokelat hitam. Hal ini karena cokelat hitam mengandung kakao, maka cokelat hitam adalah camilan yang bagus dinikmati saat belajar untuk ujian.

Mengapa? Kakao, alias kakao, mengandung flavonoid, sejenis antioksidan. Antioksidan ini sangat penting untuk kesehatan otak karena mengurangi stres oksidatif dan risiko penyakit otak.

Jika kalian menemukan situasi yang sulit dalam mempelajari materi dan merasa sangat lelah hingga merasa stres, ambil sebuah cokelat lalu makan dengan mengistirahatkan tubuh selama beberapa menit.

Hal ini dilakukan agar tubuh dan otak tidak merasa penuh karena hal ini juga akan kepada kondisi fisik kita. Cokelat juga sudah dikenal sebagai comforting food yang memang sering dimakan untuk siapa saja ketika memiliki suasana hati yang buruk.

3 dari 7 halaman

2. Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman terbaik untuk otak. Teh hijau meningkatkan fungsi otak, seperti kewaspadaan, kinerja, fokus, dan memori.

Selain itu, teh hijau mengandung L-theanine, yang merupakan asam amino yang dapat membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan suasana hati.

L-theanine juga meningkatkan frekuensi gelombang alfa, yang menstimulasi otak kalian dan meningkatkan tingkat energi pada tubuh. Namun, tidak seperti kebanyakan minuman berkafein, teh hijau juga membuat tubuh kalian menjadi lebih rileks pada saat yang bersamaan.

Terakhir, teh hijau juga penuh dengan polifenol dan antioksidan yang dapat membantu melindungi otak dari penurunan daya kerja dan penyakit seperti Parkinson dan Alzheimer.

4 dari 7 halaman

3. Alpukat

Selain lezat, alpukat juga dikenal sebagai buah yang bergizi. Alpukat dipenuhi dengan lemak tak jenuh, serat, dan lutein, kandungan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan fungsi otak.

Belum lagi, tekanan darah tinggi telah dikaitkan dengan penurunan kognitif, jadi makan lemak tak jenuh dapat membantu mengurangi tekanan darah. Satu studi menemukan bahwa orang yang makan alpukat segar setiap hari mengalami peningkatan yang serius dalam ingatan dan kemampuan memecahkan masalah.

5 dari 7 halaman

4. Blueberry

Blueberry mengandung flavonoid yang membantu daya ingat dan mereka memiliki antosianin yang memiliki efek anti-inflamasi. Blueberry juga membantu mencegah stres oksidatif dan penyakit neurodegeneratif.

Stress oksidatif sendiri adalah keadaan dimana jumlah radikal yang terdapat dalam tubuh mengalami kelebihan kapasitas, sehingga kecenderungan emosi tidak dapat dikontrol dengan baik.

Sedangkan penyakit neurodegeneratif sendiri adalah penyakit yang menyerang neuron pada otak. Mengonsumsi blueberry dapat menjadi pencegah saat kalian sedang fokus untuk belajar agar tidak mengalami stress dan menganggu kegiatan ujian.

6 dari 7 halaman

5. Kacang kenari

Alasan kenari merupakan salah satu makanan terbaik untuk otak adalah karena kenari mengandung protein, asam lemak omega-3, dan vitamin E. Apa yang dilakukannya adalah membantu menjaga memori dan mencegah penurunan fungsi dan kinerja pada otak.

Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa kenari juga dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, kecepatan pemrosesan otak, serta pertumbuhan dan komunikasi sel otak. Kacang kenari sangat cocok dijadikan sebagai cemilan saat belajar untuk menghadapi ujian.

7 dari 7 halaman

6. Ikan Salmon

Ketika berbicara tentang makanan peningkat kinerja otak, salmon akan selalu ada dalam daftar. Salmon dan ikan berlemak lainnya kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat penting bagi otak. Ikan berlemak membantu membangun otak dan sel-sel saraf yang bertanggungjawab atas memori dan pembelajaran.

Makanan ini sudah dikenal oleh seluruh orang-orang di dunia atas fungsi dan nutrisi yang didapat sebelumnya. Banyak orangtua yang sengaja memberikan anak mereka hidangan dengan olahan ikan salmon ketika menghadapi ujian. Ikan salmon sendiri sangat cocok diolah menjadi berbagai macam jenis makanan seperti sushi, salmon grilled dan masih banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.