Sukses

5 Tipe Kepribadian MBTI Ini adalah Pasangan Paling Setia, Kamu Termasuk?

Untuk sebagian orang, sikap setia akan membutuhkan usaha dan kerja keras, sedangkan untuk yang lain sikap tersebut bisa datang secara alami.

Liputan6.com, Jakarta - Kesetiaan merupakan salah satu kualitas yang dituntut seseorang kepada pasangannya. Sifat ini sangat penting sampai masalah kesetiaan dapat merusak berbagai jenis hubungan, tidak hanya hubungan romantis dan platonis, tetapi juga hubungan kerja.

Untuk sebagian orang, sikap setia akan membutuhkan usaha dan kerja keras, sedangkan untuk yang lain sikap tersebut bisa datang secara alami.

Kita tidak bisa memastikan pasangan atau orang terdekat akan selalu bersama kita. Hal ini dapat disebabkan dari situasi eksternal atau kepribadian yang mereka miliki.

MBTI merupakan tipe yang ditentukan melalui tes kepribadian dari Carl Jung. Tes ini dapat dilakukan melalui situs online, yang akan mengajukan beberapa pertanyaan dan menyimpulkan gambaran kepribadian seseorang.

Hasil tes tersebut akan tertulis dalam empat huruf yang mampu menjelaskan kekuatan, kelemahan, dan apa yang seseorang inginkan. Mengetahui tipe kepribadian MBTI dapat membantu seseorang mencari tahu banyak hal tentang diri mereka sendiri.

Berdasarkan karakteristik kepribadian itu juga, kita dapat mengetahui sifat-sifat yang dimiliki seseorang, termasuk mengetahui kesetiaan yang mereka miliki.

Tipe Kepribadian MBTI yang mampu menjadi pasangan setia adalah mereka yang mempunyai prioritas tinggi terhadap hubungan yang mereka miliki. Hal ini didorong oleh rasa tanggung jawab dan nilai moral kuat yang mereka anut sejak lama.

Kepribadian yang cenderung menjunjung tinggi kesetiaan memiliki beberapa sifat serupa, misalnya Judging (J). Ini karena tipe kepribadian ini biasa menyusun rencana untuk ke depannya sehingga mampu diprediksi.

Judgers juga merupakan kepribadian yang tegas dan teratur, membuat mereka berpegang teguh terhadap komitmen yang sudah mereka buat dengan seseorang. Melansir dari The Bustle, berikut ini tipe-tipe kepribadian MBTI yang dapat menjadi pasangan setia:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. ISFJ

Tipe kepribadian dengan nama lain The Defender ini, sangat menghargai hubungan pribadi yang dimiliki. Ini membuat mereka mampu melakukan apa saja untuk melindungi orang yang mereka sayangi.

Kesetiaan yang dianut ISFJ berhubungan dengan beberapa sifat yang mereka miliki, seperti senantiasa penuh perhatian, penuh pertimbangan, dan disiplin.

Satu hal tentang ISFJ, kepribadian ini membutuhkan waktu untuk mendekatkan diri dan membangun koneksi dengan orang lain. Sifatnya yang pemalu dan tertutup memengaruhi mereka ketika membangun kepercayaan terhadap orang lain.

Namun, setelah mereka memutuskan untuk bersikap terbuka, kepribadian ini akan berpegang terhadap komitmen yang dimiliki dan menjadi pasangan yang paling setia.

3 dari 6 halaman

2. ESFJ

ESFJ merupakan tipe ekstrovert dari ISFJ dan juga dikenal sebagai kepribadian yang setia. Bedanya, tipe ini lebih supel dan bersahabat dibandingkan ISFJ. Mereka menjadi tipe yang dapat dipercaya dan akan selalu berada di samping pasangannya untuk membantu.

Kepribadian ini cenderung menempatkan orang yang dicintai sebagi prioritas utama. ESFJ akan berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka, sampai beberapa orang dengan karakter ini mengabaikan kebutuhan mereka sendiri.

ESFJ atau The Consul ini menghargai keharmonisan dan keamanan hubungan mereka. Mereka akan cenderung menghindari situasi yang membuat pasangan mempertanyakan kejujuran mereka.

Beberapa dari mereka memiliki Act of Service sebagai love language-nya dan menjadi seorang pasangan yang bisa diandalkan adalah sesuatu yang mereka anggap sebagai tugas utamanya.

4 dari 6 halaman

3. ISTJ

Memiliki sifat jujur, terus terang, dan dapat diandalkan, membuat ISTJ tidak termasuk sebagai sosok yang dapat dengan mudah melanggar komitmen. Hal ini disebabkan cara mereka membuat keputusan didorong oleh rasa integritas dan kepercayaan yang kuat.

ISTJ memiliki tingkatan fokus yang mengesankan terkait dengan kehidupan mereka. Mereka mampu mengatur diri untuk menaruh seluruh perhatiannya kepada pasangan mereka saat sedang bersama.

Mereka andal dalam menghindari gangguan dan tidak mudah teralihkan. Tipe ini juga cenderung teratur dan memiliki pemikiran beriorientasi masa depan.

Karena ISTJ menjunjung tinggi kesetiaan, hal ini juga yang mereka tuntut dari pasangannya. Mereka juga lebih senang menunjukkan kesetiaannya melalui tindakan dibandingkan kata-kata verbal.

5 dari 6 halaman

4. INFJ

Ketika berbicara mengenai hubungan, INFJ juga dikenal setia dan protektif terhadap orang-orang yang mereka sayangi. Mereka menghormati setiap hubungan yang dijalin dengan orang lain.

Bagi INFJ, membangun rasa percaya bukan hal yang dapat dilakukan dalam sekejap mata. Namun, ketika mereka menemukan sifat-sifat di dalam orang lain, yang membuat mereka percaya, kesetiaan adalah hal yang dapat dijamin dari seorang INFJ.

Waktu lama yang dibutuhkan INFJ ini disebabkan oleh sikap perfeksionis yang menempel di dalam jati diri mereka, membuat mereka selalu menginginkan segala hal untuk selalu tepat dan benar.

6 dari 6 halaman

5. ENFP

ENFP menjadi tipe kepribadian yang tergolong setia, tanpa memiliki sifat Judging (J). Tipe ini memiliki jiwa yang bebas, tetapi tidak meremehkan komitmen dalam hubungan yang mereka jalin.

Mereka merupakan tipe kepribadian yang cukup serius ketika menjalani hubungan. ENFP tidak ragu melakukan apa saja untuk memenuhi apa yang dibutuhkan pasangannya.

Namun, sifat needy atau kertergantungan dengan pasangannya, menjadi kelemahan seorang ENFP. Hal ini juga yang membuat mereka menjadi terlalu setia dengan orang yang dicintainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.