Sukses

4 Tanda Produk Makeup dan Skincare Sudah Tak Layak Pakai Menurut Ahli

Selain karena sudah kedaluwarsa, tanda-tanda ini menunjukkan produk makeup dan skincare harus segera diganti.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para pengguna makeup atau pun skincare akan sangat senang jika produk yang mereka pakai awet. Hal itu karena tidak banyak melakukan pengeluaran, jadi dapat menghemat uang.

Kamu mungkin merasa aman-aman saja menggunakan maskara yang hanya dipakai beberapa kali saja dalam setahun terakhir. Akan tetapi, dari dimulai dibukanya produk dan dipakai, waktu terus berjalan dan akan memengaruhi kualitas produk.

Melansir Mental Floss, Selasa (18/10/2022), dalam beberapa kasus, kosmetik bahkan mungkin membusuk sebelum tanggal kedaluwarsa yang ada pada kemasannya. Hal itu karena adanya kontak dengan udara.

"Semakin lama (suatu produk) dibuka, semakin banyak produk tersebut teroksidasi dan rusak," ujar Dr. Rosmy Barrios, kepala departemen anti-penuaan di IM Clinic dan penulis konten medis di Health Reporter kepada Mental Floss

Itu berarti bahwa semakin lama kamu memiliki barang tertentu, semakin penting untuk memperhatikan setiap perubahan fisik dari produk tersebut. Jika tidak, para ahli mengatakan kulit kamu kemungkinan nantinya akan terdampak.

"Menggunakan makeup atau produk perawatan kulit yang kedaluwarsa dapat menyebabkan jerawat, iritasi, dan alergi," ungkap Laura Roncagli, seorang penata rias profesional dan salah satu pendiri publikasi kecantikan Italia MyBeautik.

Dia menambahkan, hal tersebut juga dapat menyebabkan kekeringan, ruam, dan bahkan infeksi kulit. Untuk itu, saatnya kamu menyeleksi produk.

Berikut merupakan empat tanda yang menunjukkan bahwa sudah waktunya untuk mengganti makeup dan skincare lama kamu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sudah Lewat Tanggal Kedaluwarsa

Dr. Barrios mengatakan, palet eyeshadow harus dibuang setelah dua hingga tiga tahun. "Jika tidak, mereka dapat menyebabkan peradangan mata atau menutupi kelopak mata secara tidak merata," katanya.

Untuk krim kulit, primer, dan foundation, para ahli mengatakan bahwa mereka umumnya baik untuk sekitar satu tahun, tetapi maskara harus diganti setiap beberapa bulan. Namun, jadwal ini dapat dipengaruhi oleh sejumlah hal, termasuk bagaimana produk disimpan, bahan-bahannya, misalnya, apakah mereka memiliki pengawet atau apakah mereka semua alami.

Kemudian, seberapa cepat mereka dapat mengumpulkan bakteri, berdasarkan di mana mereka digunakan atau bagaimana mereka diterapkan. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa kuas makeup lebih kotor daripada kebanyakan dudukan toilet rata-rata, meskipun mudah dibersihkan.

Tanggal kedaluwarsa memang penting, tetapi itu juga bukan segalanya, akhir dari segalanya.

"Dalam banyak kasus, (produk) aman digunakan jika tanggalnya sudah lewat, tetapi tetap tidak disarankan untuk mengambil risiko," kata Dr. Barrios. 

3 dari 5 halaman

2. Perubahan Konsistensi

Jika produk kamu mulai mengering atau tampak encer, menjadi lengket atau kasar, segeralah untuk menggantinya. Selain itu, jika bahan-bahan (ingredients) yang berbeda mulai terlihat terpisah, itu adalah tanda bahwa sudah waktunya untuk mengganti produk.

"Misalnya, foundation cair cenderung menjadi lebih tebal, sampai pada titik di mana itu menggumpal," kata Roncagli.

"Pengeringan juga cukup umum untuk produk seperti maskara dan eyeliner cair," ia menyambung.

4 dari 5 halaman

3. Perubahan Warna

"Sama seperti perubahan samar-samar yang kamu cari pada buah atau sayuran yang akan membusuk, tanda-tanda perubahan warna atau perubahan bau, serta tekstur adalah tanda bahwa produk kamu perlu diganti," kata Rachel Roff, seorang ahli estetika berlisensi dan pendiri serta CEO Urban Skin Rx.

Meskipun hal ini mungkin tampak jelas untuk sesuatu yang warnanya sangat jelas, seperti eyeshadow atau eyeliner, mungkin lebih sulit untuk mengetahui produk perawatan kulit tertentu, seperti pelembab atau serum priming. Untuk alasan itu, penting meluangkan waktu sejenak untuk mengamati apa pun yang akan kamu pakai.

Jika krim putih kamu tiba-tiba berubah warna menjadi kekuningan, atau jika serum yang awalnya berwarna merah muda mulai terlihat sedikit cokelat, mungkin sudah waktunya untuk disisihkan.

5 dari 5 halaman

4. Perubahan Bau

Produk yang harum mungkin secara alami mulai kehilangan sebagian potensinya seiring dengan bertambahnya usia, tetapi jika sesuatu yang tidak beraroma mulai berbau-atau lebih buruk lagi, itu perlu diwaspadai.

Jika produk beraroma mengeluarkan bau yang aneh dan bukannya aromanya yang biasa, lebih baik untuk membuangnya.

Mungkin kamu tidak ingin kehilangan sesuatu yang sudah menghabiskan banyak uang, atau membiarkan semuanya sia-sia jika produk tersebut masih banyak. Jika kamu memiliki produk kecantikan yang kamu tahu tidak akan habis sebelum tanggal kedaluwarsa, pertimbangkan untuk membaginya ke dalam wadah yang lebih kecil dan kedap udara seperti kapsul yang aman agar lebih segar dan tahan lama.

Akan tetapi, jika ada simpanan makeup atau skincare kamu yang terlihat atau berbau berbeda dari saat kamu membelinya, ingatlah bahwa hal terbaik yang mungkin harus dilakukan adalah menggantinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.