Sukses

Baterai Handphone Kamu Cepat Habis? 7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Beberapa faktor dan alasan yang menjelaskan borosnya baterai handphone dan cara menghindari baterai yang turun secara signifikan.

Liputan6.com, Jakarta Gawai atau Handphone merupakan suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis untuk membantu manusia. Handphone tidak pernah lepas dari manusia di abad 21 ini.

Adanya handphone mempermudah semua aktivitas manusia, mulai dari berkomunikasi, menjelajah dunia maya, serta beragam fungsi yang lain. Tapi apakah kalian tahu perawatan baterai handphone perlu juga dijaga, agar baterai kamu tidak menurun drastis performanya, baterai merupakan salah satu komponen penunjang handphone agar dapat menyala.

Masih jarang orang yang memperhatikan aspek baterai, namun baterai sangatlah penting agar ponsel kamu punya umur dan jangka waktu yang panjang. Dilansir Gadgetsnow, beberapa faktor yang membuat baterai cepat menurun.

Beberapa aktivitas kita pada handphone seperti melakukan panggilan, melihat video, gambar dan lainnya menggunakan satu panel yang sama yaitu layar, processor, koneksi internet, dan komponen yang lain.

Semua sumber daya ini di ponsel menghabiskan baterai sehingga mengurasnya dengan cepat,” dikutip dari Gadgetsnow, Senin (17/10/1022).

Alasan utama yang menyebabkan baterai boros, yaitu mengatur kecerahan layar ponsel secara maksimal, mengaktifkan notifikasi untuk semua aplikasi, tetap aktifkan WiFi Anda sepanjang waktu, aplikasi berjalan di latar belakang dan masalah perangkat keras.

Namun permasalahan tersebut bisa saja berbeda dengan penggunaan orang yang kapasitas penggunaannya berbeda-beda. Masalah-masalah tersebut dapat diatasi apabila kita memahami pola pemakaian dan pemahaman kita tentang handphone serta teknologi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

7 Alasan yang Membuat Bateraimu Boros

1. High Display Brightness

Dilansir makeusof, salah satu alasan utamanya baterai handphone menurun drastis yaitu karena kecerahan maksimal yang memiliki efek besar pada baterai Anda. Selain itu, membuat ponsel pada kecerahan maksimum saat menggunakan light mode akan semakin menguras baterai.

Jadi jika memungkinkan jaga kecerahan layar Anda seminimal mungkin untuk menghemat sedikit masa pakai baterai. Menghemat baterai juga dapat menyesuaikan pengaturan kecerahan ponsel dengan menyalakan fitur auto brightness, sehingga menyesuaikan dengan perbedaan cahaya ekseternal.

Salah satu alternatif yang lain adalah menyalakan mode malam/gelap pada handphone, mode ini membuat layar hape kalian lebih gelap dan bisa menghemat tanpa mengorbankan kecerahan.

2. Aplikasi Latar Belakang

Jalannya aplikasi latar belakang pada dasarnya berfungsi bahkan ketika Anda tidak menggunakannya secara langsung. Contohnya termasuk VPN, anti-virus, kesehatan dan aplikasi kalender.

Aplikasi ini memantau atau mengontrol aspek tertentu dari ponsel tanpa campur tangan pengguna, meskipun tidak terlihat aplikasi ini sangat menghabiskan baterai secara signifikan.

3. Picture in Picture Mode

Mode ini melibatkan menonton video atau streaming apa pun di kotak tampilan kecil di layar handphone saat menggunakan aplikasi lain. Meskipun mode ini bagus, menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan seperti ini dapat menguras baterai ponsel Anda. Untuk itu perlu dinonaktifkan di pengaturan handphone.

3 dari 4 halaman

Baterai Ponsel Yang Berumur

4. Baterai Ponsel yang Sudah Berumur

Ponsel akan berumur pada waktunya, setelah sekitar dua atau tiga tahun (tergantung pada model telepon), baterai tidak lagi dapat mencapai kapasitas maksimum aslinya yang dapat menyebabkan baterai cepat habis.

Dalam hal ini perlu diperhatikan cara merawat baterai dan pengisian daya yang baik, seperti tidak pernah mengecas dalam kondisi baterai habis total dan mencabut baterai saat kisaran 80 persen, dengan begitu baterai dapat awet dalam jangka waktu panjang.

Selain itu ada opsi penggantian baterai. Ini biasanya jauh lebih murah daripada penggantian total ponsel cerdas dan dapat memperbaiki masalah baterai Anda yang cepat habis dengan cepat dan mudah.

5. Tetap Terkoneksi 24 Jam

Pengguna ponsel pasti tidak menyadari stand by dalam jaringan data atau WIFI siang dan malam akan menguras baterai kalian. Walaupun tidak menguras secara signifikan, apabila digunakan terus menerus akan tetap menurunkan baterai juga.

Menjalankan data membuat pembaruan selalu diunduh, aplikasi latar belakang berjalan, serta banyak lagi hal yang tidak dibutukan. Agar membuat bateraimu lebih awet, nyalakan mode terbang atau menonaktifkan hape mu saat berisitirahat dan tidur. Dengan begitu ponsel mu akan tetap terjaga baterainya.

4 dari 4 halaman

Mengecek Layanan dan Aplikasi Handphone

6. Notifikasi yang Berlebihan

Saat menginstal aplikasi baru di ponsel, kemungkinan pengaturan notifikasinya akan diaktifkan secara otomatis. Tetapi ini tidak perlu menerima pemberitahuan dari setiap aplikasi yang dimiliki dan hal itu dapat berdampak buruk pada masa pakai baterai ponsel Anda. Jadi, dengan menonaktifkan notifikasi untuk aplikasi tertentu untuk membantu mengurangi kehilangan baterai.

7. Aplikasi Pelacakan Lokasi

Aplikasi seperti google maps, bumble, bahkan sosial media, sering kali menggunakan track location. Pemantauan lokasi secara terus menerus ini membutuhkan energi dan dapat mengurangi masa pakai baterai ponsel Anda.

Dengan mematikan layanan lokasi, masa penggunaan baterai kamu lebih awet. Cara tersebut dapat dilakukan menarik di menu tarik-turun ponsel. Dan mematikan logo GPS atau layanan lokasi di menu tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.