Sukses

INFJ hingga ENTP, Ini 5 Tipe Kepribadian Paling Langka

Meskipun kepribadian ini tergolong menjadi tipe MBTI yang langka, terdapat beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Selama beberapa tahun, tipe kepribadian INFJ menjadi tipe MBTI paling langka dari keenam belas tipe kepribadian lainnya. Ini dapat dinyatakan melalui jumlah data dari Reader's Digest di 2022, ketika tipe INFJ hanya kurang dari sekitar 2 persen di kalangan masyarakat.

INFJ merupakan tipe kepribadian yang terdiri dari Introversion (I), Intuition (N), Feeling (F), dan Judging (J). Kombinasi ini tegolong unik dan sulit ditemukan di dalam masyarakat.

Tipe kepribadian ini dikategorikan berdasarkan integritas yang mendalam dan intuisinya yang alami. Mereka memiliki keahlian dalam menginterpretasi emosi dan memotivasi orang lain, serta akan bekerja keras untuk membantu orang di sekitar mereka.

INFJ cenderung sebagai tipe kepribadian yang idealistis dan mencari makna hubungan dengan orang lain. Mereka juga lebih sering terlihat diam dan lembut. Meskipun kepribadian ini tergolong menjadi tipe MBTI yang langka, terdapat beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan.

Hal ini lantaran setiap tipe kepribadian bisa jadi memiliki jumlah yang bervariasi di daerah yang berbeda. Selain itu, perbedaan jumlah tipe kepribadian langka pada pria dan wanita juga berbeda.

Tipe yang memiliki sebutan lain sebagai 'The Counselor' ini memang merupakan tipe paling langka ditemukan pada pria. Hanya ditemukan sekitar satu persen pria berkepribadian INFJ dari total dua persen populasi tipe tersebut.

Ada beberapa alasan yang memengaruhi perbedaan angka ini. Tipe kepribadian INFJ memiliki beberapa karakter yang berdasarkan kacamata publik western lihat sebagai karakteristik dari feminin misalnya kecerdasan emosional dan empati.

Dari karaktertistik yang dimilikinya, INFJ dikenal sebagai kepribadian yang sensitif dan pendiam. Mereka lebih memilih menghabiskan waktu mendengarkan apa yang dipikirkan orang lain, dibandingkan mengungkapkan pikirannya sendiri ciri-ciri ini jarang dimiliki oleh pria.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Tipe Kepribadian MBTI Paling Langka

Sementara pada wanita, tipe kepribadian yang langka ditemukan adalah INTJ dan ENTJ. Tipe INFJ masuk dalam urutan ketiga paling langka di kalangan wanita.

Belum ada alasan jelas mengapa keduanya menjadi langka. Namun, sikap INTJ dan ENTJ yang cenderung strategis, tegas, dan analitis serta jarang melibatkan perasaan bisa menjadi penyebab tipe ini jarang ditemukan pada wanita.

INFJ bukan satu-satunya tipe kepribadian yang sulit ditemukan di masyarakat. Berdasarkan Truity, terdapat lima tipe kepribadian paling langka, di antaranya adalah INFJ, INTJ, ENTJ, ENFJ, dan ENTP.

Ketika INFJ merupakan tipe kepribadian paling langka ditemukan pada pria, INTJ menjadi tipe yang paling langka ditemukan pada wanita. Jumlahnya sama, yaitu sekitar satu persen dari total keseluruhan jumlah INTJ di masyarakat.

Posisi tersebut dibagi bersama ENTJ, yang juga merupakan tipe yang jarang ditemukan pad wanita. Sementara ENFJ menduduki posisi kedua setelah INFJ, sebagai kepribadian yang jarang ditemukan pada pria.

Terakhir, kepribadian ENTP berada pada posisi kelimat kepribadian paling langka. ENTP dapat ditemukan sekitar tiga persen dari populasi dan merupakan tipe yang jarang ditemukan pada wanita.

3 dari 4 halaman

Tipe Intuitive (N) dan Judging (J)

Jika diperhatikan, kelima tipe kepribadian paling langka tersebut memiliki tipe yang secara umum sama, yaitu Intuitive dan Judging. Kedua unsur inilah yang memengaruhi cara mereka berpikir dan berperilaku.

Kelima tipe kepribadian, kecuali ENTP, memiliki unsur Intuitive dan Judging dibandingkan Sensing dan Perceiving. Tipe Intuitive cenderung memiliki cara berpikir dan memproses informasi yang abstrak. Mereka senang memperhatikan pola dan teori, serta secara umum lebih menaruh perhatian pada masa depan dibandingkan masa kini.

Akan tetapi, Tipe Sensors memproses informasi secara berbeda. Mereka memilih fokus terhadap apa yang bisa mereka lihat, dengar, dan rasakan. Mereka sering digambarkan sebagai sosok yang praktif dan senang melakukan sesuatu secara langsung atau praktik.

Sementara itu, tipe Judging dan Perceiving menyimpulkan bagaimana seseorang menyusun rencana hidup mereka. Judgers cenderung mencari keteraturan dan struktur, serta mengutamakan perencanaan dibandingkan spontanitas.

Hal ini jelas berbeda dengan yang dilakukan tipe Perceiving, yang lebih menyukai hal-hal yang tidak mudah diprediksi. Mereka menyukai fleksibilitas dan lebih suka beradaptasi daripada membuat rencana. 

4 dari 4 halaman

K-Pop Idol dengan Tipe Kepribadian INFJ dan INTJ

Meskipun menjadi tipe kepribadian yang langka ditemukan di masyarakat, INFJ menjadi lebih kurang dibandingkan dengan tipe kepribadian lainnya. Masing-masing dari tipe kepribadian memiliki kekuatan dan kelemahannya sendiri, tidak peduli tipe tersebut langka atau umum ditemukan.

Beberapa artis, khususnya kalangan idol K-Pop memiliki tipe kepribadian langka ini. Idol seperti Wonwoo Seventeen, Jay B GOT7, Woozi Seventeen, Kai EXO, dan Mark Lee NCT merupakan idol K-Pop yang memiliki tipe kepribadian INFJ.

Tipe kepribadian ini umumnya tidak suka atau jarang meminta bantuan orang lain, sebab mereka terbiasa membantu dan dimintai bantuan. Mereka cenderung lebih senang tinggal di rumah, dalam suasana tenang dan nyaman.

Selain itu, pada idol K-Pop wanita, ada pun Ryujin ITZY, Park Jiwon Fromis_9, dan Solar MAMAMOO yang memiliki tipe kepribadian INTJ, tipe paling langka kedua setelah INFJ.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.