Sukses

Bisa Jadi Teman, 5 Hewan Ini Cocok Dipelihara Anak-Anak

Liputan6.com, Jakarta - Hewan peliharaan memang bisa jadi sahabat kala sedang senang maupun sedih. Tak hanya orang dewasa, sebagian anak kecil butuh hewan peliharaan sebagai teman mereka bermain dan menemani aktivitas sehari-hari. Namun, tak sedikit orangtua yang tidak memperbolehkan hal tersebut. Bukan tanpa alasan, pasalnya memelihara hewan dianggap sulit. Belum lagi dengan risiko penyakit menular dari hewan yang membuat orangtua lebih khawatir. 

Namun orangtua nampaknya tidak perlu terlalu khawatir. Banyak sekali hewan yang aman berada di sekitar anak-anak Anda. Anak senang, orangtua pun senang. Setiap hewan tentunya memiliki perawatannya khusus yang berbeda-beda. Anda bisa mendiskusikannya pada dokter hewan atau rumah hewan terdekat. 

Tahukah Anda bahwa membiarkan hewan peliharaan ada di sekitar anak-anak dapat memberikan berbagai dampak positif. Salah satunya membantu perkembangan belajar anak-anak berkebutuhan khusus. Tak hanya itu, anak-anak yang dekat dengan hewan biasanya jauh lebih peka, mempunyai empati dan simpati, dan tidak malu untuk menunjukkan kasih sayangnya terhadap sekitar. Rupanya ada sederet hewan peliharaan yang cocok ada di sekitar anak-anak lho. Apa saja ya? Berikut ulasannya!

1. Ikan

Ikan bisa jadi rekomendasi hewan peliharaan untuk anak Anda. Beberapa jenis ikan mampu bertahan hidup tanpa filter atau pemanas. Mintalah saran tentang perawatan ikan yang baik dari tempat Anda membeli ikan tersebut. Ikan cupang bisa jadi pilihannya. Ikan ini dapat berkembang di akuarium kecil yang diisi dengan dua galon air. Namun pastikan untuk mengganti air akuarium secara rutin. 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

2. Anjing

Anjing memang dikenal sebagai sahabat manusia. Sebelum mengadopsi anjing, pastikan anjing dapat bersosialisasi dengan baik dan nyaman di sekitar anak-anak. Butuh waktu dan usaha untuk memelihara anjing. Anjing membutuhkan olahraga setiap hari, pemeriksaan dan imunisasi secara teratur. Jenis anjing yang ramah bagi anak seperti beagle, golden retriever, dan labrador retriever.

3 dari 5 halaman

3. Kucing

Kucing jadi salah satu hewan paling menggemaskan yang cocok berada di sekitar anak-anak. Sama seperti anjing, kucing pun memerlukan pemeriksaan dan imunisasi secara teratur. Memelihara kucing cocok untuk keluarga Anda yang memiliki ruangan yang terbatas. Sebelum mengadopsi kucing, penting untuk mempelajari cara pemeliharaan yang tepat. 

4 dari 5 halaman

4. Hamster

Hewan pengerat seperti hamster dan marmut relatif mudah untuk dipelihara oleh anak-anak. Selain itu, hewan-hewan lucu ini dapat berkembang di ruang hidup yang kecil. Namun, Anda harus memastikan lingkungan tempat hewan-hewan ini hidup di lingkungan yang aman karena mereka akan menggigit bila merasa terancam.

5 dari 5 halaman

5. Burung

Burung bisa jadi teman terbaik bagi anak-anak. Beberapa burung memiliki kecerdasan dan jiwa sosial seperti burung parkit. Burung parkit adalah salah satu dari spesies burung beo yang memiliki ukuran kecil hingga sedang. Hewan ini lebih mudah pemeliharaannya dibandingkan kakatua. 

Penulis: 

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.