Sukses

Sejarah Hari Guru Sedunia yang Diperingati Setiap Tanggal 5 Oktober

Liputan6.com, Jakarta Setiap tanggal 5 Oktober diperingati sebagai Hari Guru Sedunia. Hari Guru Sedunia diadakan setiap tahun pada tanggal 5 Oktober untuk mengapresiasi jasa semua guru di seluruh dunia. Dilansir dari laman resmi UNESCO, peringatan ini ditetapkan berdasarkan rekomendasi ILO/UNESCO pada 1966 tentang status guru yang menetapkan tolok ukur mengenai hak dan tanggung jawab guru, dan standar untuk persiapan awal dan pendidikan lebih lanjut, rekrutmen, pekerjaan, dan kondisi belajar-mengajar. 

Rekomendasi tentang Status Tenaga Pengajar Pendidikan Tinggi diadopsi pada tahun 1997 untuk melengkapi Rekomendasi 1966 dengan mencakup tenaga pengajar di pendidikan tinggi. Hari Guru Sedunia telah diperingati sejak tahun 1994.

Peringatan ini adalah hari untuk merayakan bagaimana guru mengubah pendidikan tetapi juga untuk merefleksikan dukungan yang mereka butuhkan untuk sepenuhnya menyebarkan bakat dan panggilan mereka, dan untuk memikirkan kembali jalan ke depan untuk profesi tersebut secara global.

Hari Guru Sedunia diselenggarakan bersama dalam kemitraan dengan Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), UNICEF dan Education International (EI). Tema Hari Guru Sedunia 2022 adalah “Transformasi pendidikan dimulai dari guru”. Peringatan ini akan membahas komitmen dan seruan untuk tindakan yang dibuat pada Transforming Education Summit, pada September 2022, dan menganalisis implikasinya terhadap guru dan pengajaran.

Perayaan tiga hari di Markas Besar UNESCO akan mencakup upacara pemberian Hadiah UNESCO-Hamdan untuk Pengembangan Guru, dan serangkaian acara yang menunjukkan bagaimana menjamin kondisi kerja yang layak bagi guru, akses ke peluang pengembangan profesional, dan status profesional yang diakui adalah yang pertama langkah menuju sistem pendidikan yang lebih tangguh. UNESCO bekerja untuk meningkatkan peran vital dari agen-agen perubahan utama ini.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Kata-Kata Ucapan untuk Guru

1. Anda selalu menjadi pendidik yang sangat baik yang tahu bagaimana menerangi jiwa dengan cahayanya. Selamat Hari Guru untuk guru favoritku!

2. Semoga Anda bahagia dan bahagia, Anda adalah guru yang luar biasa, dan Anda hanya pantas mendapatkan yang terbaik.

3. Guru terbaik mengajar dari hati, bukan dari buku. Terima kasih telah menjadi guru yang luar biasa. Selamat Hari Guru!

4. Selamat Hari Guru! Merupakan suatu kehormatan untuk belajar banyak hal dari Anda; terima kasih telah menginspirasi saya! Kami membutuhkan lebih banyak pengajar seperti Anda di sekolah dan universitas kami.

5. Semua upaya dan kerja keras yang Anda investasikan untuk menghasilkan yang terbaik dalam diri kami tidak akan pernah terbayar dengan kata-kata. Kami hanya bisa merasa bersyukur memiliki guru seperti Anda!

6. Anda adalah percikan, inspirasi, panduan, lilin dalam hidup saya. Saya sangat bersyukur bahwa Anda adalah guru saya.

7. Saya beruntung memiliki guru yang luar biasa seperti Anda. Semoga Anda mendapatkan Hari Guru yang penuh dengan momen-momen menyenangkan!

8. Orang tua kami memberi kami kehidupan dan Andalah yang mengajari kami cara menjalaninya. Anda memperkenalkan kejujuran, integritas, dan semangat pada karakter kami. Selamat Hari Guru!

9. Pesan indah ini untuk pensiunan guru saya yang jasanya di sekolah kami sangat dihargai dan yang telah menjadi salah satu pendukung sekolah kami dengan pengajarannya yang baik. Guru, saya berterima kasih dengan sepenuh hati atas layanan Anda.

10. Guru terbaik tidak memberi Anda jawaban, tetapi mereka memicu keinginan Anda untuk menemukan jawabannya sendiri. Selamat Hari Guru!

3 dari 3 halaman

Ucapan Lainnya

1. Guru menjadi laksana penerang bagi kami. Bukan hanya cahaya lilin, tapi semua cahaya yang berhasil menyinari kegelapan dalam hidup kami. Cahaya itu tidak akan pernah redup, bahkan akan selalu hidup di dalam hati kamu.

Bagiku engkau adalah keabadian yang cahaya itu akan selalu ada dalam setiap langkah dalam menggapai asa. Selamat Hari Guru Nasional. 

2. Tanpa banyak mengatakanTanpa banyak mengucapkanTanpa banyak memintaGuru sejati mendedikasikan dirinya sepenuh hati untuk membimbing generasi muda lebih berguna. Selamat Hari Guru Nasional.

3. Engkau bagaikan lilin yang selalu menerangi setiap kegelapan, semoga setiap peluh lelahmu melahirkan generasi tangguh dan berjiwa negarawan. Selamat Hari Guru Nasional.

4. Guru mengilhamiku untuk menemukan tujuan hidupku, dan membuatmu mampu menyadarinya. Selamat Hari Guru Nasional. 

5. Semata-mata untuk pengabdian. Tanpa tanda Jasa, tentu berlimpah Pahala. tempatmu adalah yang terindah. Selamat Hari Guru Nasional.

6. Bukan harta yang harus kita berikan untuk menghormati guru, bukan benda yang harus kita berikan untuk membuat senang hati guru. Tapi sikap kita dan penghormatan kita kepadanya yang bisa membuatnya senang. Selamat Hari Guru Nasional.

7. Kepada seseorang yang telah meluangkan waktu untuk mendengarkan kekhawatiran saya, membimbing saya sepenuh hati menuju pengetahuan, dan meyakinkan saya di jalan hidup saya. Selamat Hari Guru Nasional.

8. Tak perlu di kenang, tak perlu di puji, dan tak perlu di kagumi. Karena engkaulah pahlawan tanpa tanda jasa.

9. Kau memberi asa, namun ku patahkan. Kau memberi kebahagiaan, namunku hiraukan. Sebegitu besarkah kasihmu padaku? Aku baru tersadar ketika aku mulai besar. Selamat Hari Guru Nasional.

10. Jangan pernah lupa betapa pentingnya pekerjaanmu.Para pemuda bangsa Indonesia sedang mencarimu untuk bimbingan, pendidikan, dan pengajaran. Terima kasih atas semua kerja kerasmu. Selamat Hari Guru Nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.