Sukses

Kesemutan hingga Sakit di Rahang, 3 Gejala Serangan Jantung pada Wanita yang Tak Boleh Diabaikan

Berikut ini beberapa gejala serangan jantung pada wanita yang sebaiknya tidak diabaikan

Liputan6.com, Jakarta Selama serangan jantung, gumpalan di salah satu arteri jantung tiba-tiba menghalangi aliran darah, dan dalam beberapa menit, otot jantung mulai mati.

Ini secara teknis disebut infark miokard, yang berarti kematian otot jantung. Semakin banyak waktu yang berlalu tanpa perawatan, semakin besar kerusakannya.

Bagian jantung yang mati selama serangan jantung tidak dapat tumbuh kembali atau diperbaiki.

“Seperti halnya pria, gejala serangan jantung yang paling umum pada wanita adalah nyeri dada atau ketidaknyamanan,” kata British Heart Foundation.

Badan amal kesehatan itu menambahkan, ”Tetapi wanita agak lebih mungkin mengalami beberapa gejala umum lainnya daripada pria.”

Berikut ini beberapa tanda serangan jantung pada wanita yang sebaiknya tidak diabaikan:

1. Masalah pencernaan

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, mual sebagai gejala utama serangan jantung di antara pria dan wanita dianalisis lebih lanjut.

Penelitian menemukan bahwa wanita mengalami mual pada 34% kasus. Ini dibandingkan dengan pria dengan 22% kasus.

“Gejala tipikal lebih umum dan memiliki nilai prediktif yang lebih besar pada wanita daripada pria dengan infark miokard, terlepas dari apakah mereka didiagnosis menggunakan kriteria spesifik jenis kelamin,” demikian penelitian menyimpulkan.

2. Sakit di rahang

Nyeri di rahang sebagai gejala peringatan dini untuk masalah jantung, mirip dengan nyeri yang dirasakan di leher, punggung, lengan atau bahu.

“Anda bisa mengalami nyeri rahang jika nyeri serangan jantung menyebar ke rahang,” kata Medline Plus.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menambahkan bahwa nyeri rahang ini juga bisa menjalar ke bagian tubuh lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Sensasi kesemutan di lengan

Merasa kesemutan atau bahkan mati rasa di lengan mungkin disebabkan oleh sejumlah faktor lain seperti tidur atau bersandar pada posisi yang salah terlalu lama.

”Kebas yang tiba-tiba pada satu atau kedua lengan mungkin merupakan tanda serangan jantung, stroke, atau kerusakan saraf, terutama jika seseorang memiliki gejala lain,” Medical News Today memperingatkan.

Kondisi seperti radang sendi atau saraf terjepit juga dapat menyebabkan kesemutan di lengan tetapi "penting untuk menyingkirkan masalah jantung terlebih dahulu," tambah Dr Nieca Goldberg, direktur medis dari Pusat Kesehatan Wanita Joan H. Tisch.

British Heart Foundation menambahkan tanda-tanda peringatan potensial lainnya untuk serangan jantung di kalangan wanita termasuk nyeri dada atau ketidaknyamanan di dada Anda yang tiba-tiba terjadi dan tidak hilang, yang mungkin terasa seperti tekanan, sesak atau diremas.

  • Anda mungkin juga merasa sakit, berkeringat, pusing, atau sesak napas
  • Perasaan cemas tiba-tiba yang bisa terasa mirip dengan serangan panik
  • Batuk atau mengi yang berlebihan.

 

Jika mengalami gejala yang tidak biasa ini, sangat penting untuk segera mencari bantuan.

3 dari 5 halaman

Studi: Aktif Bergerak Dapat Menurunkan Risiko Kanker Payudara hingga 40%

Penelitian sebelumnya telah mengaitkan ketidakaktifan alias malas bergerak dengan diabetes tipe 2 dan obesitas, tetapi duduk berlebihan juga dapat meningkatkan risiko wanita terkena kanker payudara. Demikian klaim sebuah studi baru yang dipimpin oleh Cancer Council Victoria di Australia.

Para peneliti melakukan studi pengacakan Mendel, yang menggunakan varian genetik sebagai proxy untuk faktor risiko tertentu, seperti perilaku tidak aktif bergerak seumur hidup.

Dalam penelitian terhadap 130.957 wanita keturunan Eropa, 69.838 memiliki tumor yang telah menyebar secara lokal dan 6.667 memiliki tumor yang belum menyebar.

Mereka juga mengamati kelompok pembanding yang terdiri dari 54.452 wanita yang tidak menderita kanker payudara.

Para peneliti menarik studi menggunakan data dari UK Biobank untuk mengeksplorasi kecenderungan genetik untuk waktu duduk, aktivitas fisik dan aktivitas fisik yang kuat.

Ini diukur dengan pelacak aktivitas yang dikenakan di pergelangan tangan untuk memprediksi seberapa aktif atau tidak aktifnya peserta secara fisik.

Mereka juga memperkirakan risiko kanker payudara dalam kaitannya dengan menopause, jenis kanker, stadium, dan tingkatannya.

Temuan mengungkapkan bahwa tingkat keseluruhan yang lebih tinggi dari aktivitas fisik yang diprediksi secara genetik dikaitkan dengan risiko 41 persen lebih rendah terkena kanker payudara invasif - sebagian besar terlepas dari status menopause, jenis kanker, stadium, atau tingkat.

4 dari 5 halaman

Temuan lainnya

Para peneliti juga menemukan bahwa aktivitas fisik yang kuat pada tiga hari atau lebih dalam seminggu menyebabkan risiko kanker payudara 38 persen lebih rendah, dibandingkan dengan tidak ada aktivitas berat yang dilaporkan sendiri.

Temuan penting lainnya adalah bahwa tingkat waktu duduk yang diprediksi secara genetik lebih besar dikaitkan dengan 104 persen peningkatan risiko kanker payudara tiga kali lipat negatif.

Hasilnya tetap sama ketika faktor-faktor lain dipertimbangkan, termasuk merokok dan kelebihan berat badan.

Menurut para peneliti, temuan penelitian yang dipublikasikan di British Journal of Sports Medicine ini berlaku untuk semua jenis dan stadium kanker payudara.

Penulis penelitian yang sesuai, Profesor Brigid Lynch, wakil kepala Divisi Epidemiologi Kanker di Dewan Kanker Victoria, mengatakan: “Meningkatkan aktivitas fisik dan mengurangi waktu duduk sudah direkomendasikan untuk pencegahan kanker.

"Studi kami menambahkan bukti lebih lanjut bahwa perubahan perilaku seperti itu cenderung menurunkan kejadian tingkat kanker payudara di masa depan."

5 dari 5 halaman

Pentingnya aktifitas fisik

Dia menambahkan: "Fokus pengendalian kanker yang lebih kuat pada aktivitas fisik dan waktu duduk sebagai faktor risiko kanker yang dapat dimodifikasi diperlukan, mengingat beban penyakit yang berat dikaitkan dengan kanker paling umum pada wanita."

Para peneliti mengklaim penelitian mereka memberikan bukti kuat bahwa aktivitas fisik dan pengurangan waktu duduk dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara.

Mereka berkata: "Mekanisme yang menghubungkan waktu menetap dan kanker kemungkinan setidaknya sebagian tumpang tindih dengan yang mendukung hubungan aktivitas fisik."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.