Sukses

6 Cara Mudah yang Efektif Menghilangkan Jerawat Tubuh

Berikut beberapa cara paling mudah untuk membantu mengendalikan jerawat tubuh yang bisa Anda coba.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut penelitian, 9,4% populasi dunia memiliki jerawat dalam satu atau lain bentuk. Meskipun ini adalah kondisi yang cukup umum, itu masih menyebabkan banyak orang kehilangan kepercayaan diri.

Oleh karena itu, berikut beberapa tips paling mudah untuk membantu mengendalikan jerawat tubuh yang bisa Anda coba, seperti melansir dari Bright Side, Senin (12/9/2022).

1. Setelah berolahraga segera mandi

Berolahraga sangat membantu siapa saja yang berjerawat, mengingat fakta bahwa Anda juga mengeluarkan racun melalui keringat.

Tapi satu kesalahan yang bisa memperparah jerawat tubuh atau punggung adalah membiarkan keringat menempel di kulit.

Segera mandi setelah berolahraga, dan ingatlah untuk mencuci pakaian olahraga Anda dengan baik juga.

2. Jadikan eksfoliasi sebagai bagian dari perawatan kulit tubuh

Scrub pengelupasan yang lembut dengan asam salisilat bisa membantu membersihkan kulit secara mendalam dan menghilangkan keringat, kotoran dan apa pun yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan lebih banyak jerawat.

Selain itu, pengelupasan kulit juga mengelupas sel-sel kulit mati, memperbaharui kulit dalam prosesnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Jauhkan rambut panjangmu dari punggung

Rambut panjang di punggungmu juga bisa menambah kotoran di punggungmu, menyebabkan jerawat yang menyakitkan di bahu dan punggung.

Jika Anda mengenakan blus atau gaun tanpa bagian belakang, ada baiknya untuk menjaga agar rambutmu tidak menutupi punggungmu.

Juga, jangan biarkan sampo dan kondisioner mengalir di punggung Anda saat Anda mandi karena ini juga bisa menyumbat pori-pori.

4. Pilih produk perawatan kulit berdasarkan bahannya

Banyak dari kita menyukai kemasan merek perawatan kulit, kemudahan ketersediaan, atau bahkan aromanya, tapi jika menyangkut kulit yang rentan jerawat, Anda perlu melihat label untuk bahan-bahannya.

Selain asam salisilat, produk dengan minyak pohon teh, kulit pohon willow putih dan lainnya bisa membantu mengurangi jerawat.

3 dari 3 halaman

5. Jangan memencet atau menggaruk jerawat

Memencet jerawat bukanlah cara untuk menyembuhkannya lebih cepat, dan hanya akan meninggalkan luka, bekas luka bahkan infeksi.

Tahan keinginan untuk menggaruk dan menghilangkan jerawat di tubuhmu. Jika gatalnya parah, kunjungi dokter kulit untuk mendapatkan salep untuk penyembuhan yang lebih baik dan lebih cepat.

6. Pastikan Anda tetap terhidrasi setiap saat

Salah satu cara untuk membantu tubuh Anda melawan jerawat yakni dengan meningkatkan asupan air. Ini tidak hanya membuat kulitmu terhidrasi dan membantumu menghindari produksi minyak berlebih, tapi juga bisa mendukung fungsi kekebalan tubuh.

Ini pada gilirannya, membantu tubuh mengeluarkan bakteri tertentu yang dianggap menyebabkan jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.