Sukses

5 Sepatu Merek Lokal Ini Sering Dikira Produk Luar Negeri, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki sepatu yang mempunyai sebuah nilai di mata orang merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Selain itu, kualitas merupakan salah satu hal terpenting dalam sebuah sepatu. Hal ini dapat membuat pengguna merasakan kenyamanan dalam menggunakannya. Benarkah sepatu berkualitas memiliki harga yang mahal? Jawabannya tidak. Ada sejumlah merek sepatu lokal yang desain dan kualitasnya tidak kalah dengan sepatu luar negri. Bahkan, brand sepatu lokal ini sering dikira sebagai brand sepatu impor oleh masyarakat Indonesia.

Inilah 5 sepatu lokal yang dikira brand import.

1. Vantela

Sepatu Vantela ini sering diketahui sebagai brand luar negri. Ventela caption sepatu dengan siluet mirip sepatu Converse ini terus melejit. Bahkan Venetela menjadi merek sepatu yang paling dicari di Indonesia sepanjang 2019.  Usud punya usud ternyata Ventela yang diproduksi oleh pabrik besar di Bandung yang sudah bertahan dari tahun 70-an. Di mana awalnya memproduksi merek lokal namanya Dallas, lalu Reborn dan sekarang menjadi Ventela.

Kelebihan sepatu ini ada pada tiga hal: insole paling ringan, empuk, kanvasnya ada 12 oz, di mana bahan kanvas tersebut memberikan tekstur yang tebal, kuat, dan kaku. Ventela sendiri mulai dikenalkan pada tahun 2017 oleh William Ventela, dimana ia awalnya adalah seorang pemilik pabrik sepatu vulkanisir sejak tahun 1989 di Bandung, Jawa Barat. Semua hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas produk dan menjaga kepercayaan dan kepuasan pelanggan brand lokal

Hal ini juga salah satu alasan hadirnya Ventela agar bisa dijangkau dan dimiliki oleh semua kalangan dengan kuantitas besar dan kualitas terbaik dengan jaminan harga yang terjangkau. Ciri khas sepatu ini adalah insole Ultralite Foam Insole yang empuk dan nyaman, jahitan yang rapih serta hasil secara keseluruhan bisa dibilang sangat rapih. 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Brand Sepatu Lokal

2. Saint Barkley

Meski terdengar seperti nama asing, namun Saint Barkley merupakan merek sneaker asli Bandung. Merek lokal yang didirikan pada 2012 ini mencoba mematahkan stigma bahwa merek sepatu luar selalu lebih bagus daripada merek lokal. Merek ini langsung melambung ketika Presiden Jokowi membeli sepasang sneaker ini di acara Jakarta Sneaker Day 2018. Ami Muhammad salah satu owner menjelaskan awal mulai Saint Barkley terbentuk, yaitu oleh dua orang anak muda, David Firmansyah dan Alvi Mamun.

Ami mengatakan, Saint Barkley di tahun 2016 menjadi badan usaha PT (PT. Lima Arjuna Kaya Raya). Dengan berbekal jaringan pertemanan, Saint Barkley mulai dikenal di scene musik dan scene sk8board Bandung. Sampai akhirnya terus berkembang dan bisa menjadi brand sepatu lokal yang diperhitungkan.

3 dari 4 halaman

Brand Sepatu Lokal

3. Compass

Compass bukan lagi pemain baru di dunia sepatu. Brand asal Bandung ini telah didirikan sejak tahun 1998 oleh anak bangsa, yakni Kahar Gunawan. Hingga kini, Compass telah berhasil menjadi brand sepatu lokal yang sukses saingi produk buatan luar negeri dan bahkan menjadi incaran oleh banyak orang.

Pada periode awal berdiri yaitu 1998, merek Compass sempat alami masa berat. Terlebih saat itu selain bersaing dengan produk sepatu impor, Compass juga mengalami krisis ekonomi. Kebangkitan Compass diawali pada 2017 ketika Aji Handoko sang creative director bergabung dan mengambangkan sisi kreatif dan strategi bisnis.

4. Wakai

Wakai juga termasuk dalam produk lokal yang disangka keluaran luar negeri. Wakai yang namanya ke  Jepang-jepangan, yang berarti anak muda. Wakai hadir dengan mengusung tema spirit of japan, dengan inovasi menariknya ia berhasil menjadi tren dan dapat diterima di pasaran pertama kali pada tahun 2012.

Produk sepatu ini mempunyai konsep simple classic sport shoes, untuk mendukung konsep nya ini Wakai merilis produknya baru yaitu Wakai Shou. Di mana produk ini menggambarkan design yang classic dengan sentuhan teknologi terkini pada insole dan outsole nya. Dengan alasan tersebut sudah tentu memberikan rasa percaya diri dan kenyamanan saat menggunakannya.

4 dari 4 halaman

Brand Sepatu Lokal

5. Kodachi

Sepatu produksi dalam negeri ini emang nyaman banget dipakai untuk olahraga seperti volley, futsal, lari dan badminton. Selain itu, sepatu Kodachi ini juga oke banget buat melengkapi gaya kasualmu ketika kumpul bersama teman-teman. Tapi tahukah kamu bahwa sepatu Kodachi yang kini terkenal sebagai salah satu brand sepatu lokal ternama di Indonesia ternyata berasal dari Jepang?

Sepatu merek Kodachi pertama kali diproduksi oleh Jepang di tahun 1980-an. Sayangnya ketenaran sepatu Kodachi mulai tergeser pada tahun 90-an oleh brand-brand sepatu terkenal dari Eropa dan Amerika. Akibatnya, pemasaran Kodachi tak berjalan mulus dan akhirnya diambil alih oleh Indonesia di tahun 2000-an. Mulai saat itu hingga kini, Indonesia telah mengambil alih dari proses produksi hingga pemasaran dari brand Kodachi. Dengan mengandalkan desain klasik serta fleksibilitas tinggi, sepatu Kodachi jadi pilihan banyak kaum Adam.

Nah itulah beberapa brand local yang biasa di sebut brand luar negri, sekarang gimana nih jadi ga salah sangka lagi kan?

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.