Sukses

Seekor Anjing di Prancis Dilaporkan Terinfeksi Cacar Monyet

Seekor anjing peliharaan dinyatakan positif terkena virus setelah pasangan di Paris terinfeksi cacar monyet dan berbagi tempat tidur dengan hewan itu.

Liputan6.com, Jakarta - Pada tahun 2003, 47 orang di enam negara bagian Midwestern, Amerika Serikat, terkena cacar monyet dari anjing padang rumput peliharaan yang terinfeksi setelah mereka ditempatkan bersama hewan pengerat yang diimpor dari Ghana, Afrika.

Sementara itu wabah cacar monyet hari ini, yang telah menginfeksi lebih dari 14.100 orang di AS dan lebih dari 41.000 di seluruh dunia, menyebar sebagian besar melalui kontak dekat manusia di antara pria biseksual. 

Tetapi para ilmuwan melaporkan dugaan penularan pertama dari manusia ke hewan pada seekor anjing di Prancis bulan ini, mendorong pejabat kesehatan AS dan global untuk meningkatkan peringatan untuk memastikan virus tidak menyebar ke hewan peliharaan dan hewan lain.

Rekomendasi tersebut berasal dari kekhawatiran bahwa cacar monyet dapat menyebar ke populasi satwa liar atau hewan pengerat ketika wabah manusia berkembang, memungkinkan virus untuk berpindah-pindah antara manusia dan hewan dan memberi virus itu pijakan permanen di negara-negara di mana virus itu tidak pernah beredar secara historis.

Sebelum wabah global tahun ini, cacar monyet menyebar terutama di bagian terpencil Afrika Barat dan Tengah di mana orang tertular virus setelah terpapar hewan yang terinfeksi. Wabah tahun 2003, yang berhasil ditanggulangi, adalah kasus pertama yang terdokumentasi tentang manusia yang tertular virus di luar Afrika. Wabah global saat ini berbeda secara dramatis dari pola penularan di masa lalu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Seekor anjing peliharaan dinyatakan terinfeksi cacar monyet

 

Cacar monyet sekarang menyebar hampir seluruhnya melalui kontak fisik yang dekat antara orang-orang di daerah perkotaan besar di AS, negara-negara Eropa, dan Brasil. Tetapi dugaan kasus pertama orang yang menginfeksi hewan dalam wabah saat ini dilaporkan di Prancis bulan ini.

Seekor anjing peliharaan dinyatakan positif terkena virus setelah pasangan di Paris jatuh sakit dan terinfeksi cacar monyet dan berbagi tempat tidur dengan hewan itu.

Pejabat WHO mengatakan satu insiden hewan peliharaan yang tertular virus tidak mengejutkan atau menjadi perhatian utama, tetapi ada risiko bahwa cacar monyet dapat mulai beredar pada hewan jika orang tidak tahu bahwa mereka dapat menginfeksi spesies lain.

Jika cacar monyet menjadi mapan pada populasi hewan di luar Afrika, virus akan memiliki lebih banyak peluang untuk bermutasi, yang membawa risiko penularan dan tingkat keparahan yang lebih tinggi. Hewan kemudian berpotensi memberikan virus kepada manusia, meningkatkan risiko wabah di masa depan.

“Apa yang tidak ingin kita lihat terjadi adalah penyakit berpindah dari satu spesies ke spesies berikutnya dan kemudian tetap berada di spesies itu,” kata Dr. Mike Ryan, direktur program kedaruratan kesehatan WHO, saat konferensi pers di Jenewa pekan lalu. 

“Melalui proses satu hewan yang mempengaruhi hewan berikutnya dan berikutnya dan berikutnya, Anda melihat evolusi virus yang cepat.”

3 dari 3 halaman

Mamalia dapat terinfeksi virus cacar monyet

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) belum menerima laporan tentang hewan peliharaan yang terinfeksi cacar monyet di AS, kata Kristen Nordlund, juru bicara agensi. Tetapi virus dapat menyebar dari manusia ke hewan atau dari hewan ke manusia, menurut CDC.

“Sementara kami masih mempelajari spesies hewan mana yang bisa terkena cacar monyet, kami harus berasumsi bahwa mamalia mana pun dapat terinfeksi virus cacar monyet,” kata Nordlund. 

“Kami tidak tahu apakah reptil, amfibi, atau burung bisa terkena cacar monyet, tetapi kecil kemungkinannya karena hewan-hewan ini belum ditemukan terinfeksi virus dalam keluarga yang sama dengan cacar monyet.”

Rosamund Lewis, pakar cacar monyet dari WHO, mengatakan penting untuk membuang limbah yang berpotensi terkontaminasi dengan benar untuk menghindari risiko hewan pengerat dan hewan lain terinfeksi ketika mereka mengobrak-abrik sampah.

“Meskipun ini telah menjadi risiko hipotetis selama ini, kami percaya bahwa mereka cukup penting sehingga orang harus memiliki informasi tentang cara melindungi hewan peliharaan mereka, serta cara mengelola limbah mereka, sehingga hewan secara umum tidak terpapar virus cacar monyet,” kata Lewis.

Ryan mengatakan bahwa meskipun kewaspadaan itu penting, hewan dan hewan peliharaan tidak menimbulkan risiko bagi manusia saat ini.

“Penting bagi kita untuk tidak membiarkan virus ini berkembang biak di populasi hewan lain,” kata Ryan. “Paparan tunggal atau infeksi tunggal pada hewan tertentu bukanlah hal yang tidak terduga.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.