Sukses

5 Manfaat Jeruk bagi Tubuh, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta - Jeruk menjadi buah yang banyak disukai individu. Buah bulat bewarna kuning ini khas dengan rasa manis dan segar.

Jeruk dikenal karena memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu, jeruk juga kaya akan serat, folat dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Oleh karena itu, ketahui apa saja manfaat jeruk bagi kesehatan tubuh, seperti melansir dari Bright Side, Kamis (18/8/2022).

1. Membantu kesehatan usus

Menurut beberapa penelitian, konsumsi jeruk setiap hari bisa memiliki efek positif pada mikrobiota usus kita. Ini juga menyebabkan penurunan glukosa, sensitivitas insulin, dan LDL ( kolesterol jahat).

Jeruk bertindak sebagai prebiotik dan mendorong pertumbuhan bakteri usus, yang penting bagi kesehatan kita.

2. Membantu menurunkan berat badan

Untuk mencapai tujuan penurunan berat badan, kita perlu berolahraga dan memiliki diet seimbang, yang berarti mengonsumsi semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi dengan baik.

Jeruk sangat kaya nutrisi penting. Jeruk berukuran sedang memberi tubuh hanya 60 kalori. Buah ini juga memiliki 3 gram serat, yang memberikan manfaat seperti kesehatan usus yang lebih baik, kolesterol baik dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah, dan juga memperlambat cara tubuh kita menyerap gula.

Serat juga bisa membantu kita merasa kenyang lebih lama. Memiliki diet yang kaya serat bisa membantu mengurangi keinginan dan asupan kalori kita, yang mengakibatkan penurunan berat badan.

Saat Anda makan jeruk, pastikan untuk mengonsumsi tidak hanya airnya, tapi juga daging jeruknya karena di situlah sebagian besar serat berada.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Membantu tubuhmu dalam pembuatan kolagen

Satu jeruk menyediakan sekitar 70 miligram vitamin C. Nutrisi penting ini juga memiliki manfaat luar biasa, seperti meningkatkan penyerapan zat besi, melawan peradangan dan menurunkan tekanan darah, dan juga membantu membentuk kolagen di tulang.

Kolagen adalah protein yang diproduksi tubuh. Ini memberikan dukungan struktural untuk jaringan dan membantu dalam proses penting, seperti perbaikan jaringan dan respon imun.

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen kita melambat dan elastin kita hilang, mengakibatkan penuaan dan kulit terlihat kendor dan kering.

Tentu tidak bisa menghentikan hilangnya kolagen sama sekali karena ini adalah bagian dari bertambahnya usia. Tapi kita bisa mencoba memperlambat prosesnya, dan makan jeruk sehari bisa membuat perbedaan.

3 dari 4 halaman

4. Menjaga penglihatan tetap baik

Para peneliti mengatakan bahwa dengan makan jeruk sehari, Anda lebih mungkin memiliki 60% penurunan risiko mengembangkan degenerasi makula, pnyakit mata yang bisa mengaburkan visi pusat Anda ke titik di mana bahkan kacamata tidak akan membantumu untuk bisa melihat. Kondisi ini bisa terbentuk karena proses alami penuaan.

Vitamin C sangat penting untuk penglihatan karena memberikan kontribusi untuk memiliki pembuluh darah yang sehat di mata. Selain itu juga bisa membantu untuk memerangi katarak.

Jika Anda ingin memiliki visi yang baik di masa depan, ada baiknya untuk mulai memperhatikan asupan vitamin C harianmu.

4 dari 4 halaman

5. Melindungi organ penting, seperti jantung dan otak

Menurut sebuah penelitian, memiliki kadar vitamin C normal dalam darah kita dikaitkan dengan peningkatan fokus, memori dan perhatian.

Jeruk bisa membantu pikiran kita tetap tajam seiring bertambahnya usia. Satu jeruk berikuran sedang akan memberikan asupan vitamin C harian yang direkomendasikan yang dibutuhkan tubuh kita untuk tetap sehat.

Vitamin esensial ini juga merupakan antioksidan kuat yang melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak kita.

Sebuah tinjauan dari 10 penelitian menemukan bahwa konsumsi perasan jeruk bisa bermanfaat dalam meningkatkan beberapa faktor risiko penyakit kardiovaskular.

Ini berarti perasan jeruk bisa membantu mencegah penyakit jantung, yang merupakan penyebab nomor satu kematian dini.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS