Sukses

Tak Banyak yang Tahu, Ini 7 Keuntungan Gunakan Cuka Saat Mencuci Pakaian

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda memasukkan cuka putih ke dalam mesin cuci saat mencuci pakaian? Jika tidak pernah, maka sudah waktunya untuk mengubahnya! Tahukah Anda bahwa cuka baik untuk cucian dan mesin cuci Anda? Tidak seperti deterjen mahal yang menjanjikan hal yang sama, harganya juga sangat murah. Berikut deretan keuntungan jika Anda menambahkan cuka ketika mencuci pakaian dilansir dari Goodtoknowthis

1. Tidak ada perubahan warna

Cuka adalah obat mujarab untuk cucian Anda. Anda mungkin memilikinya di lemari dapur. Jika Anda mulai mencuci sekitar 125 ml cuka alami melalui pelembut kain, ini akan melindungi cucian hitam dan berwarna Anda dari perubahan warna.

2. Pelembut pakaian

Cuka juga merupakan pelembut kain yang ideal. Anda sebenarnya dapat menggunakan cuka putih sebagai pengganti pelembut kain biasa untuk membuat pakaian Anda tidak terlalu kaku setelah dicuci. Anda cukup menuangkan cuka ke dalam baki pelembut kain dan mencucinya dengan program biasa. Lebih baik untuk lingkungan dan juga jauh lebih murah. Cuka tidak meninggalkan bau apa pun, tetapi membuat cucian berbau harum dan segar.

3. Menghilangkan noda

Rawat noda dengan keringat, deodoran, jus, kopi atau urin dengan air sabun dan cuka. Biarkan semalaman dengan 125 ml cuka di tempat cucian dan hilangkan noda seperti salju di bawah sinar matahari.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Baik untuk mesin

Ya, cuka benar-benar obat mujarab. Tidak hanya merawat cucian Anda dengan baik, tetapi juga baik untuk mesin cuci Anda. Ini menghilangkan kalsifikasi dan memastikan mesin cuci Anda bertahan lebih lama. Tuangkan setengah botol cuka putih ke dalam mesin. Kemudian jalankan mesin kosong pada pengaturan terpanas. Dengan ini Anda mendisinfeksi mesin dan membiarkan bau tak sedap dilupakan. Dan keuntungan besar lainnya, itu juga lebih baik untuk lingkungan karena tidak ada bahan kimia dalam cuka.

5. Hilangkan bau

Banyak deterjen dan pelembut kain mengandung parfum untuk menutupi bau yang tidak sedap, tetapi tidak sepenuhnya menghilangkannya. Sedikit cuka di mesin cuci menetralkan bau keringat dan asap rokok tanpa mengiritasi kulit. Apakah Anda masih merindukan bau cucian bersih? Kemudian tambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk aroma yang indah.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

6. Baik untuk pakaian bayi

Apakah Anda memiliki si kecil di rumah? Kemudian cobalah mencuci pakaian bayi dengan cuka. Kulit bayi sangat sensitif dan dapat bereaksi terhadap parfum. Cobalah untuk mencuci pakaian bayi Anda dengan cuka. Masukkan secangkir cuka putih ke dalam cangkir pelembut kain untuk melindungi kulit anak Anda. Apakah ada banyak noda di pakaian? Kemudian rendam pakaian dalam air sabun dengan proporsi yang sama cuka dan air hangat dengan sedikit baking soda. Keuntungan ekstra cuka juga menghilangkan bau dari pakaian.

7. Mudah selama liburan Anda

Kedengarannya gila, tetapi cuka bisa membuat pakaian Anda wangi dan segar. Jadi, jika Anda sedang berlibur dan tidak membawa deterjen, Anda dapat mencuci cucian di tempat sampah atau ember dengan secangkir cuka. Rendam pakaian di sini selama sekitar 30 menit dan biarkan kering. Hasilnya cucian benar-benar segar!