Sukses

QUIZ: Kamu Pencinta Harry Potter Sejati, Jawab Pertanyaan soal Aneka Karakternya!

Liputan6.com, Jakarta Harry Potter adalah novel karangan JK Rowling yang sangat terkenal di seluruh dunia. Jutaan kopi bukunya telah terjual di seluruh dunia. Filmnya kemudian mencapai kesuksesan yang sama.

Dirilis pada 2001 lalu, film serial Harry Potter berhasil menarik perhatian masyarakat. Film Harry Potter resmi berakhir pada 2011 dengan judul Harry Potter and The Deathly Hallows Part 2.

Kisah mengenai seorang anak keturunan penyihir dan manusia ini mampu menarik magis di seluruh dunia. Komunitas penggemarnya tumbuh, sehingga kisah tentang Harry Potter terus hidup hingga saat ini.

Jika kamu penikmat kisah Harry Potter sejati, tentu hafal dengan karakter-karakter yang ada dalam novelnya. Jawab 5 pertanyaan kuis Liputan6.com di bawah ini untuk tahu hal tersebut.

2 dari 6 halaman

Madam Pomfrey

1.       Siapakah nama depan Madam Pomfrey?

a.       Poppy

b.       Mary

c.       Melody

d.       Minerva

 

Jawabannya adalah A. Poppy

Dikutip dari Wikipedia, Madam Poppy Pomfrey, lebih dikenal dengan sebutan Madam Pomfrey, adalah tokoh fiksi perawat dan penyihir penyembuh di rumah sakit Sekolah Sihir Hogwarts dalam seri Harry Potter karya J. K. Rowling. Ia digambarkan sebagai seorang perempuan yang keras dan kompeten, yang bekerja dalam profesinya secara serius.

Karena sering terlibat dalam hal-hal yang berbahaya, Harry dan teman-temannya sering kali berakhir terkapar di bawah perawatan Madam Pomfrey.

 

3 dari 6 halaman

Hantu-hantu di Hogwarts

2.       Siapakah nama hantu yang tinggal di Ravenclaw.

a.       Fat Liar

b.       Grey Lady

c.       Sir Patrick Delaney-Podmore

d.       White Witch

 

Jawabannya adalah b. Grey Lady.

Grey Lady alias Helena Ravenclaw. Grey Lady memiliki rambut panjang sepinggang dan sifat melankolis. Hantu dari asrama Ravenclaw mencuri diadem milik ibunya, Rowena Ravenclaw, salah satu pendiri Hogwarts sebab diperdaya oleh Tom Riddle. Menyesali perbuatannya tersebut, ia kemudian membantu Harry dalam usahanya untuk menemukan diadem tersebut dan menghancurkannnya. Ia meninggal karena dibunuh oleh The Bloody Baron.

4 dari 6 halaman

Pelahap Maut si Pengikut Voldemort

3. Pelahap maut manakah yang melukai pasangan Alice dan Frank Longbottom serta berasal dari keluarga trah sihir murni?

a.  Bellatrix Lestrenge

b.  Antonin Dolohov

c.  Avery, Walden Macnair

d.  Augustus Rookwood

 

Jawabannya adalah A. Bellatrix Lestrenge

Bellatrix Lestrange adalah salah satu pelahap maut yang kuat dan ambisius. Diceritakan Bellatrix disebutkan pertama kali di penampilan pertamanya di Harry Potter and The Goblet of Fire ( Harry Potter dan Piala Api ) saat pembicaraan Voldemort dengan para pelahap mautnya. Bella saat itu menjadi tawanan dari Penjara bagi para penjahat sihir, Azkaban.

Bellatrix Lestrange terbunuh oleh Kutukan Molly Weasley di mana Harry Potter dan teman seangkatannya menyelesaikan pendidikannya pada tahun terakhir di Sekolah Sihir Hogwarts.

Bellatrix Lestrange merupakan istri dari Rodolphus Lestrange yang juga Pelahap Maut. Bellatrix juga memiliki saudara ipar dari suaminya bernama Rabastan Lestrange yang juga Pelahap Maut. Namun Rodolphus dan Bellatrix tidak memiliki keturunan.

Bella juga melukai pasangan Auror Frank dan Alice Longbottom dengan kutukan Cruciatus, salah satu dari Kutukan Tak Termaafkan (Unforgivable Curses).

5 dari 6 halaman

Tongkat sihir bertuah

4.       Siapa nama pemilik toko tongkat di Diagon Alley?

a.       Olivander

b.       Madam Malkin

c.       Rita Skeeter

d.       Madam Rosmerta

 

Jawabannya adalah A. Ollivander

Ollivanders adalah toko tongkat sihir yang didirikan pada 382 SM dan terletak di Diagon Alley South Side di London, Inggris. Toko ini dimiliki oleh keluarga Ollivander, yang secara luas diakui sebagai pembuat tongkat terbaik di Inggris Raya.

Di tahun pertama kedatangannya ke Hogwarts, Harry mencari tongkat sihir ke toko Ollivander.

Tongkat sihir adalah elemen yang paling penting yang harus dimiliki oleh para penyihir di semesta Harry Potter. Karena pada dasarnya tongkat sihir adalah media untuk menyalurkan mantra yang dirapal oleh penggunanya. Walaupun Harry Potter sering mengatakan bahwa kehebatan sebuah tongkat sihir tergantung dari penggunanya sendiri, tetapi pada kenyataannya ada beberapa tongkat sihir yang sengaja diciptakan untuk memaksimalkan kekuatan penggunanya.

Tongkat sihir terakhir Harry Potter ini terbuat dari kayu ranting holly dan diisi dengan core dari bulu Fawkes, burung phoenix milik Dumbledore.

6 dari 6 halaman

Keluarga Weasley

5. Anggota keluarga Weasley yang senang membuat barang kreatif dan membuka Toko Sakti Weasley adalah?

a. Percy

b. Charlie

c.  Fred dan George

d.  Ron

 

Jawabannya adalah C. Fred dan George.

Dikutip dari Wikipedia, Fred dan George Weasley adalah karakter fiktif dalam serial Harry Potter karangan J.K Rowling, kakak kandung Ron dan Ginny Weasey.

Lahir tanggal 1 April 1978, tepat pada April Fool's Day. Mereka adalah putra keempat (kembar) dari pasangan Arthur Weasley dan Molly Weasley. Fred dan George biasa disebut sebagai si kembar Weasley, dua-duanya sama-sama jail dan suka mengusili orang, tetapi mereka tidak jahat. Mereka sering menciptakan lelucon yang lucu dan senang bermain-main. 

Fred dan George kabur dari Hogwarts dengan sapu terbang yang sebelumnya ditahan Dolores Umbridge pada tahun terakhir mereka, atau pada tahun kelima Harry. Mereka lalu menyewa sebuah toko di Diagon Alley yang diberi nama Sihir Sakti Weasley (Weasleys' Wizard Wheezes), yang sangat laku dengan pembeli.

Dalam Pertempuran Hogwarts, kembar ini turut bertempur untuk membela Hogwarts. Namun, Fred tewas saat melawan Pelahap Maut dalam sebuah ledakan akibat kutukan, yang disaksikan oleh Percy Weasley.