Sukses

Sering Diabaikan, Ketahui Posisi Tidur Terbaik untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Tidur menjadi hal yang sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan tiap individu. Memiliki kualitas tidur yang baik tentu akan membuat seseorang bisa melakukan aktivitas dengan baik.

Namun, banyak dari kita dengan mudah mengabaikan posisi tidur. Pada kenyataannya, posisi tidur memainkan peran besar dalam kualitas tidurmu, dan jika Anda bangun dengan lelah atau sakit, sudah waktunya Anda untuk mengubah posisi tidur.

Meski posisi tidur yang Anda sukai pasti bisa membuatmu nyaman, tapi pada akhirnya bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan, mulai dari mendengkur hingga nyeri di berbagai bagian tubuhmu.

Untuk itu, ketahui posisi mana yang terbaik untuk tidur dan menawarkan manfaat bagi kesehatan, seperti melansir dari Bright Side, Senin (23/5/2022).

1. Tidur telentang

Meskipun tidur telentang bisa membantumu menjaga kulit bebas kerut lebih lama, itu bukan posisi terbaik jika Anda mengalami nyeri punggung bawah karena bisa memperburuk kondisi yang ada.

Sementara itu, jika pasanganmu terus mengeluh tentang mendengkur, tidur telentang juga bukan posisi terbaik, karena bisa memperburuk apnea tidurmu.

Tapi jika Anda pernah terbangun dengan nyeri leher yang mengganggu, maka tidur telentang bisa membantu karena menjaga kepala, leher dan tulang belakangmu dalam posisi netral, yang membantumu mencegah sensasi pegal di area leher.

Tidur telentang juga tidak dianjurkan untuk wanita hamil karena bisa membatasi aliran darah dan oksigen ke bayi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Tidur miring ke kiri

Tetap terhidrasi dan makan cukup serat pasti bermanfaat bagi pencernaanmu. Nyatanya, tidur miring ke kiri juga bisa membantu mengatur ususmu.

Saat Anda tidur miring ke kiri, gravitasi mendorong pergerakan usus yang normal, membantumu pergi ke kamar mandi di pagi hari.

Selain menghilangkan sembelit, tidur miring ke kiri dianggap paling bermanfaat bagi kesehatanmu dan bisa meringankan sakit punggung.

3. Tidur miring ke kanan

Jika Anda sering merasa jantung Anda berdebar-debar, maka mengurangi kafein dan menemukan cara yang sehat untuk mengatasi stres adalah langkah yang tepat untuk dilakukan.

Terlepas dari perubahan gaya hidup ini, tidur miring ke kanan juga bisa bermanfaat bagi jantungmu. Memilih untuk tidur di sisi kananmu bisa melindungi Anda dari gagal jantung dan masalah terkait jantung lainnya.

4. Tidur tengkurap

Meskipun tidur tengkurap bisa mengurangi dengkuran, namun memiliki banyak kelemahan dibandingkan dengan posisi tidur lainnya.

Karena mengganggu posisi netral tulang belakangmu, tidur tengkurap bisa menyebabkan nyeri punggung, leher dan bahu, dan bahkan bisa menyebabkan kulitmu menua lebih cepat.

 

3 dari 4 halaman

Kebiasaan yang bikin tidur tidak nyenyak

Tanpa disadari, beberapa kebiasaan yang Anda lakukan bisa merusak waktu tidur Anda. Untuk itu, ketahui kebiasaan apa saja yang membuatmu sulit tidur nyenyak, seperti melansir dari Bright Side.

1. Karpet di kamar

Karpet bisa menambahkan sentuhan yang bagus ke kamar tidurmu dan membuatnya terlihat nyaman, tapi karpet juga mengumpulkan banyak debu dan berpotensi memicu alergi.

Hal ini bisa menyebabkan batuk dan kesulitan bernapas, yang pada gilirannya bisa mengganggu tidurmu.

Jika Anda tidak bisa membayangkan rumah tanpa karpet, pilihlah yang kecil yang tidak mengumpulkan banyak debu dan lebih mudah dibersihkan.

2. Makan camilan di larut malam

Saat Anda merasa lelah di penghujung hari, Anda akan tergoda untuk makan sesuatu yang manis sebelum makan.

Tapi makan terlalu larut malam bisa memengaruhi tidurmu dan mencegahmu mendapatkan tidur yang berkualitas.

Ini tidak berarti bahwa Anda harus tidur dengan perut yang lapar. Faktanya, makan empat jam sebelum tidur bahkan bisa membantumu tertidur lebih cepat.

3. Mandi air panas tepat sebelum tidur

Tidak ada yang bisa menandingi perasaan santai saat mandi air panas, tapi mandi tepat sebelum tidur bisa mencegahmu tidur malam yang nyenyak.

Ketika tubuhmu mulai mempersiapkan diri untuk istirahat, suhu intimu turun, dan mandi air panas larut malam bisa meningkatkan suhu dan membingungkan tubuhmu.

4 dari 4 halaman

4. Tidur di akhir pekan

Jika Anda bangun lebih awal setiap pagi untuk mulai bekerja tepat waktu, sangat wajar jika Anda ingin menghabiskan beberapa jam ekstra di tempat tidur pada akhir pekan.

Tapi tidur larut malam beberapa kali seminggu sebenarnya bisa mengganggu ritme sirkadianmu dan memengaruhi kualitas tidurmu dalam jangka panjang.

Alih-alih bangun terlambat selama akhir pekan, cobalah tidur pada waktu yang sama, dan setelah beberapa minggu, Anda bahkan tidak memerlukan alarm untuk bangun dengan perasaan cukup istirahat.

5. Mengikuti diet bebas susu

Meskipun bebas susu bermanfaat bagi sebagian individu, menghentikannya dari dietmu sepenuhnya bisa mencegahmu mendapatkan tidur yang berkualitas.

Susu adalah salah satu sumber melatonin terbaik, hormon tidur penting yang mengirimkan sinyak ke otakmu saat waktunya tidur.

Melatonin sering digunakan untuk mengobati insomnia, dan jika Anda tidak ingin mengonsumsi suplemen, cobalah minum segelas susu hangat sebelum tidur.