Sukses

Patut Diwaspadai, Ini 5 Tanda Pasangan Mengebom Anda dengan Cinta yang Tak Sehat

Liputan6.com, Jakarta Saat bermain media sosial, Anda pasti pernah menemukan konten tentang kisah horor kencan. Salah satunya adalah tentang 'bom cinta.' Penulis dan pendiri Renew Breakup Bootcamp, Amy Chan, tidak asing dengan konsep tersebut.

"Bom cinta adalah penggunaan kasih sayang yang berlebihan, gerakan besar, dan janji untuk masa depan sebagai taktik manipulasi," kata Chan kepada Bustle.

"Tapi tepat ketika Anda merasa terbang dengan semua cinta dan perhatian, itu diikuti oleh periode penarikan, penghindaran, atau pelecehan."

Akibatnya, Anda mungkin merenungkan apakah Anda membuat kesalahan dan bagaimana Anda bisa mendapatkan "perasaan lama itu kembali".

Bom cinta kerap kali dilakukan dengan cara yang halus, jadi bukanlah ide yang buruk untuk tetap menyadari seberapa cepat segala sesuatunya bergerak.

Meskipun tidak selalu terlihat sama dalam setiap situasi, biasanya ada beberapa tanda awal bom cinta dalam hubungan baru. Di bawah ini, Anda akan menemukan tanda-tanda awal yang disetujui para ahli untuk diwaspadai.

1. Dia Kadang 'Panas', Kadang 'Dingin'

Jika calon pasangan Anda membuat Anda emosional dengan menghujani Anda dengan perhatian atau kejutan, dan kemudian dengan cepat menjadi dingin, Anda mungkin mengalami bom cinta. Ini adalah salah satu karakteristik taktik yang paling umum, dan mungkin salah satu yang paling jahat.

Chan menjelaskan bahwa ini mungkin berarti disuguhi makan malam mahal atau hadiah dan pajangan mewah, hanya untuk membuatnya menjauh atau menghilang sama sekali.

“Tepat ketika Anda akan menyerah, dia kembali kuat lagi untuk menarik Anda kembali ke siklus intensitas.”

Ini mungkin merujuk kembali pada gagasan pengebom cinta menggunakan Anda untuk validasi; begitu ia mendapatkan "isi" dari Anda, mereka pindah dan meninggalkan Anda sampai dia membutuhkannya lagi. Ini adalah lingkaran setan, jadi yang terbaik adalah menyadari tanda-tanda peringatan awal.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

 

 

2 dari 5 halaman

2. Dia Seperti Selalu Ingin Perhatian Anda

Banyak dari kita yang dapat mengakui bahwa selalu mendapatkan balasan dari orang yang kita sukai terasa menyenangkan. Memiliki seseorang yang menginginkan banyak perhatian kita dapat membantu kita merasa dicintai. Menurut Chan, bagaimanapun, terlalu banyak perilaku ini pada tahap awal berkencan adalah tanda peringatan.

“Pengebom cinta menggunakan target romantis mereka untuk memberi mereka validasi dan perhatian, dan untuk mendapatkan kekuasaan atas mereka,” katanya.

"Perbedaan antara tawaran romantis yang sehat dan bom cinta adalah bahwa yang terakhir digunakan sebagai taktik manipulasi," katanya. "Tujuannya adalah untuk mengerahkan dan mempertahankan kontrol dan kekuasaan atas Anda."

Jika Anda merasa dia menjadi terlalu lengket terlalu cepat, inilah saatnya untuk diskusi yang jujur. “Bicaralah untuk memberi tahunya bahwa Anda ingin memperlambat segalanya, dan mengenal satu sama lain seiring waktu,” kata Chan.

“Jika orang tersebut berinvestasi dalam menciptakan hubungan yang sehat — dia tidak akan mencoba membuat Anda terburu-buru atau menekan Anda ke dalamnya."

 

3 dari 5 halaman

3. Bertingkah Seperti Cinta pada Pandangan Pertama

Apakah orang baru yang Anda kencani sepertinya berpikir bahwa Anda "sempurna" untuk dirinya? Sudahkah dia mengungkapkan keinginan untuk menjalin hubungan eksklusif dengan Anda setelah kencan pertama atau kedua? Ini adalah tanda-tanda penting untuk dipertimbangkan dan dapat menyiratkan awal dari bom cinta.

“Selama beberapa kencan pertama, tidak mungkin seseorang cukup mengenal Anda,” kata Chan.

“Inti dari berkencan adalah untuk membangun kepercayaan dan koneksi dari waktu ke waktu dan pengalaman. Tidak ada jalan pintas untuk itu.”

Seperti yang dikatakan Chan, meskipun mungkin untuk merasakan hubungan mental atau emosional yang kuat dengan orang yang baru Anda kencani, Anda tidak cukup mengenal seseorang setelah beberapa kencan untuk membuat keputusan seumur hidup bersama.

Bahkan jika Anda menemukan bahwa Anda memiliki banyak kesamaan, perlu ada dasar waktu dan keakraban yang ditetapkan sebelum Anda berkomitmen untuk kemitraan jangka panjang dengan seseorang.

 

4 dari 5 halaman

4. Dia Membuat Janji Besar Tentang Masa Depan

Jika orang yang Anda kencani suka memberi Anda cinta yang berlebihan, kemungkinan dia sudah merencanakan masa depan dengan Anda dan menjanjikan hal-hal besar — ​​jalan-jalan bersama, komitmen, atau memperkenalkan Anda kepada teman dan keluarga setelah bertemu dengan Anda.

Sama seperti Anda meluangkan waktu untuk mengenal orang ini dan apakah dia cocok dengan Anda dan gaya hidup Anda, orang lain harus mengambil langkah yang sama. Jika dia mulai mendorong Anda lebih cepat daripada keinginan Anda untuk pindah, pertimbangkan apakah ini adalah hubungan yang ingin Anda kejar.

"Seseorang yang hampir tidak mengenal Anda dan membuat pernyataan tentang bagaimana Anda 'satu-satunya', atau [membuat] janji besar tentang masa depan Anda bersama adalah tanda bahaya," kata Chan.

Jika Anda merasa pasangan baru berlebihan dengan gerakan mesra, "jangan hanya bereaksi terhadap kecepatan yang mereka tetapkan," saran Chan.

 

5 dari 5 halaman

5. Dia Memperlakukan Anda Seperti “Penaklukan”

Ketika seseorang yang mencintai mengebom Anda dengan cara ini, Anda mungkin mulai memperhatikan bahwa dia tidak benar-benar berusaha untuk mengenal Anda lebih dalam dan lebih intim, tetapi sebaliknya tampak terlalu antusias dan terlalu sayang tanpa banyak substansi di baliknya. "Ya, rasanya luar biasa ketika seseorang menatap Anda dan membuat Anda merasa seperti Anda istimewa," kata Chan.

"Terutama jika ia membuatnya tampak seperti ia memilih Anda dari semua pilihan lain. Rasa lapar untuk merasa istimewa dan mendapatkan rasa harga diri adalah permen bagi seorang narsisis.”

Jika Anda melihat tanda-tanda ini pada orang baru yang Anda kencani, ini jelas merupakan kesempatan yang baik untuk mengambil langkah mundur dan menilai kembali. Apakah itu sesuatu yang dapat Anda bicarakan secara terbuka dan jujur ​​dengannya?

Jika tidak, dia mungkin bukan yang terbaik untuk Anda. Seperti yang dikatakan Chan, orang yang tepat ingin membangun hubungan yang sehat dan solid dengan Anda — dan itu membutuhkan waktu.