Sukses

Kerap Dianggap Menakutkan, Berikut Deretan Fakta Friday the 13th

Liputan6.com, Jakarta Hari ini adalah hari Jumat tanggal 13 yang kerap disebut dengan Friday the 13th. Bagi sebagian orang Friday the 13th kerap dianggap sebagai hari yang menakutkan atau bahkan kerap dianggap sebagai kesialan. Friday the 13th juga dikenal sebagai Black Friday yang telah lama dianggap sebagai hari sial.

Sebagai bagian dari Science Foundation Ireland Science Week, Dr Richard J. Smith dari UCD School of Mathematics and Statistics telah menyusun daftar  fakta tentang Friday the 13th. Dilansir dari Independent, berikut ulasannya:

1. Menakutkan 

Paraskevidekatriaphobia adalah sebutan bagi mereka yang memiliki ketakutan akan hari Jumat tanggal 13.

2. Kalender

Menurut kalender Gregorian, hari ke-13 dalam sebulan lebih cenderung menjadi hari Jumat daripada hari lainnya. Jum'at tanggal 13 tahun 2015 terjadi tiga kali yaitu Februari, Maret dan November. Kali berikutnya ini akan terjadi adalah pada tahun 2026.

3. Dianggap sial bagi sebagian orang

Hal-hal buruk yang pernah terjadi pada Friday the 13-th yaitu pada hari Jumat, 13 Oktober 1307. Raja Prancis Philip IV memerintahkan penangkapan, penyiksaan dan pembakaran selanjutnya di tiang pancang, ratusan ordo militer Knights Templar. Beberapa penulis modern, seperti Dan Brown dalam novelnya The Da Vinci Code, telah salah mengasosiasikan takhayul dengan kisah mengerikan ini.

4. Pembawa pertanda buruk

Angka 13 dianggap dalam beberapa budaya sebagai angka yang agak menyeramkan, pembawa pertanda buruk, jika dibandingkan dengan tetangganya yang banyak dipuji 12.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Fakta selanjutnya

5. Fakta angka 13

13 adalah bilangan prima, yaitu bilangan yang lebih besar dari satu yang hanya dapat dibagi oleh dirinya sendiri dan satu. Misalnya, enam bukan bilangan prima, karena dapat dibagi dua dan tiga, serta enam dan satu. 

Bilangan prima telah memesona para matematikawan selama ribuan tahun karena merupakan blok pembangun dari semua bilangan, dan saat ini bilangan tersebut digunakan secara global setiap detik setiap harinya. Setiap kali transaksi kartu kredit dilakukan secara online, bilangan prima digunakan oleh komputer untuk menjaga agar detail tersebut aman.

6. Memperkenalkan Fibonacci

13 juga merupakan anggota deret Fibonacci yang terkenal, yang diperkenalkan pada abad ke-13. Barisan ini dimulai dengan nol dan satu, dan bilangan berikutnya dalam barisan selalu merupakan jumlah dari dua yang mendahuluinya, jadi kita mendapatkan 0+1=1,1+1=2, 1+2=3, 2+3= 5, 3+5=8 dan seterusnya. Jika Anda ingin tahu mengapa kelinci berkembang biak begitu cepat, lihat saja deret Fibonacci.

3 dari 3 halaman

Fakta selanjutnya

7. Membawa keberuntungan bagi sebagian orang

Di negara-negara tertentu, seperti Belgia, beberapa karyawan mendapatkan cek gaji "bulan ke-13", jadi sebenarnya angka 13 bisa menjadi angka keberuntungan.

8. Takhayul

Sayangnya, asal usul takhayul Friday the 13th tampaknya jauh lebih biasa tampaknya tidak lebih dari seratus tahun, dan mungkin hanya kombinasi dari dua hal yang secara tradisional dikaitkan dengan nasib buruk, yaitu Jumat dan angka 13.

9. Lantai 13

Lantaran sering dianggap membawa sial, banyak hotel dan rumah sakit yang sering melewati lantai 13, dan bahkan bandara terkadang dengan diam-diam menghilangkan gerbang 13.

10. Ketakutan

Pernahkah kalian mendengar istilah Triskaidekaphobia? Triskaidekaphobia adalah sebutan bagi mereka yang memiliki ketakutan akan angka 13.