Sukses

Deretan Tips Turunkan Berat Badan Usai Lebaran

Berikut ini beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk menurunkan berat badan setelah lebaran.

Liputan6.com, Jakarta Bagi banyak orang lebaran menjadi momen yang spesial bagi banyak orang. Pasalnya saat Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, banyak orang bertemu dengan sanak saudara dan keluarga besar untuk bersilaturahmi. Tak hanya itu, lebaran pun identik dengan sajian menu makanan khas Lebaran yang tentunya menggiurkan.

Saat lebaran banyak orang yang menyajikan ketupat sayur, opor ayam, rendang dan semur untuk disantap bersama keluarga. Belum lagi dengan kue-kue kering dan camilan khas Lebaran yang juga selalu ada di semua rumah.

Hal ini pun membuat kita tak dapat menahan godaan untuk makan secara terus-menerus. Apalagi kita telah berpuasa sebulan penuh dan momen lebaran kerap dijadikan momen “balas dendam” untuk makan sepuasnya. Tak heran jika beberapa kebiasaan yang dilakukan saat lebaran itu membuat berat badan menjadi naik drastis.

Tapi ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk menurunkan berat badan setelah lebaran. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Kurangi asupan camilan

Cara menurunkan berat badan setelah lebaran yang bisa dilakukan pertama ialah dengan mengurangi camilan. Dengan menghilangkan kebiasaan ngemil setiap hari, maka Anda hanya akan mengandalkan makan besar tiga kali sehari. Secara tidak langsung berat badan Anda akan berkurang.

Makan sedikit

Jika Anda orang yang sulit mengendalikan nafsu makan, cobalah untuk makan lebih sering namun dengan porsi yang sedikit. Makan dengan jumlah yang sedikit tapi sering ini dapat membantu Anda untuk mengendalikan nafsu makan. Sehingga Anda tidak tergoda untuk ngemil. Selain itu, pola makan tersebut juga dapat mengkondisikan lambung menjadi merasa cukup dengan porsi makan yang sedikit.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips selanjutnya

Kurangi makan manis dan berlemak

Selanjutnya cara menurunkan berat badan setelah lebaran yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi konsumsi makanan manis dan mengandung lemak. Makanan manis dan berlemak merupakan salah satu yang menyebabkan kalori pada tubuh menumpuk.

Selain itu, jenis makanan tersebut juga merupakan sumber masalah berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi, stroke, serta penyakit jantung.

Banyak konsumsi buah dan sayuran

Yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Selain baik untuk pencernaan, sayur dan buah juga dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Hal ini pun membuat Anda tidak tergoda untuk ngemil atau makan dalam porsi yang banyak.

Olahraga

Selanjutnya yang perlu dilakukan agar timbangan normal lagi setelah lebaran ialah olahraga secara teratur. Menjaga pola makan yang sehat dan bergizi memang wajib dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun, jangan melupakan pentingnya manfaat dari olahraga secara rutin. Dengan olahraga rutin dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat dan efektif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.