Sukses

5 Manfaat yang Didapat Tubuh Jika Mandi Rutin Setiap Hari

Tubuh kita terdiri dari 60% air, dan wajar saja jika menghabiskan waktu di kamar mandi memiliki manfaat kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Tubuh kita terdiri dari 60% air, dan wajar saja jika menghabiskan waktu di kamar mandi memiliki manfaat kesehatan.

Meski segelintir individu tidak punya waktu atau keinginan untuk menjadikannya kebiasaan rutin, mandi memiliki keuntungan mental dan fisik.

Sangat disarankan untuk menghabiskan waktu mandi Anda 2-3 kali per minggu. Namun, jika Anda memiliki kondisi kulit atau alergi, konsultasikan dengan doktermu terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan pada kebiasaanmu.

Untuk itu, ketahui apa saja manfaat yang didapat tubuh jika rutin mandi setiap hari, seperti melansir dari Bright Side, Jumat (22/4/2022).

1. Membantu bernapas lebih mudah

Menghabiskan waktu di kamar mandi memiliki dampak positif pada paru-parumu dan seberapa banyak oksigen yang Anda ambil, dan jika airnya hangat dan nyaman, bahkan lebih baik.

Ini karena tekanan yang diberikan air hangat ke dadamu—upaya membersihkan jalur dan sinusmu dan, sebagai hasilnya, membuatnya lebih mudah untuk bernapas.

2. Membuatmu terlihat lebih muda

Anda mungkin mengira kulitmu kering karena tidak memiliki cukup minyak, tapi tidak demikian halnya. Kulitmu mencari cara untuk mempertahankan air, terutama selama bulan-bulan yang lebih dingin, itulah mengapa mandi membantu kulitmu menyerap kelembapan.

Mandi tidak hanya membantu mengatasi kulit kering, tapi juga memiliki sifat anti-penuaan, seperti meningkatkan elastisitas kulit, menghaluskannya, dan menurunkan kemungkinan munculnya kerutan dan garis di wajahmu.

3. Membantu mengatasi depresi

Meskipun ada banyak cara untuk mengobati depresi, kemungkinan mendapatkan bantuan melalui cara standar lebih rendah dan memiliki beberapa efek samping.

Karena itu, ada baiknya mencoba cara alternatif dan alami. Anda bahkan mulai merasa lebih baik setelah mandi air hangat hanya lima kali.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Membantu tidur lebih nyenyak

Mandi satu atau dua jam sebelum tidur bisa membantu meningkatkan kualitas tidurmu, terutama bagi individu yang berjuang dengan insomnia.

Mandi air panas bisa membantumu rileks dan mengurangi stres, terutama jika malam tanpa tidurmu dipengaruhi oleh kecemasan.

Mandi juga baik untuk otot-ototmu untuk melemaskan dan meringankan jaringan kaku. Studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik saat mandi bisa memperlambat pernapasan dan mengurangi tekanan darah.

5. Meredakan nyeri otot

Mandi air hangat menjadi salah satu cara untuk meredakan nyeri otot. Mengekspos tubuhmu ke panas saat ototmu sakit adalah cara yang bagus untuk membuat mereka rileks, dan menambahkan beberapa garam Epsom bisa meningkatkan proses mengurangi rasa sakit.

Meskipun benar bahwa mandi air hangat bisa meningkatkan pemulihanmu setelah berolahraga, cobalah untuk tidak mengganti peregangan dan pendinginan dengan mandi—Anda bisa menambahkannya sebagai dukungan tambahan.

3 dari 4 halaman

Manfaat mandi di malam hari

Ternyata, ada cukup banyak manfaat mandi malam hari bagi kesehatan dan penampilanmu. Dilansir dari Brightside, Selasa (15/2/2022), berikut ulasannya.

1. Membantu Anda Lebih Cepat Tidur

Mandi malam membuat tubuh dan pikiran Anda rileks, dan ketika Anda melakukannya pada waktu yang tepat, itu juga dapat memberi Anda waktu tidur yang lebih baik.

Mandi 90 menit sebelum tidur dengan air hangat dapat membantu Anda tertidur sekitar 10 menit lebih cepat dari biasanya. Ini terjadi karena air hangat sedikit menurunkan suhu tubuh Anda, yang pada gilirannya mengirimkan sinyal ke tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur.

2. Lebih Baik untuk Kulit Anda

Mandi sebelum tidur juga dapat membantu mencegah jerawat. Rambut mengumpulkan bakteri dan penumpukan produk sepanjang hari, dan saat kepala Anda menyentuh bantal, semua kotoran ini dipindahkan ke sarung bantal Anda, dan kemudian ke wajah Anda.

Karena kulit beregenerasi saat tidur, tidur dengan kulit bersih dan segar juga berarti sel-sel kulit baru Anda akan sehat.

3. Rambut Lebih Sehat

Jika Anda mencuci rambut di malam hari, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengeringkannya secara alami.

Ini, pada gilirannya, akan membuat rambut Anda berkilau lebih lama, karena membantu mengunci kelembaban. Mengeringkan rambut dengan cepat di pagi hari dapat merusak helaian rambut, membuatnya lemah dan kusam.

4 dari 4 halaman

Manfaat lainnya

4. Mencegah Kram Otot

Jika otot Anda terasa nyeri di sore hari setelah seharian bekerja, mandi air hangat dapat membantu meredakan sensasi yang tidak menyenangkan itu.

Saat air hangat mengenai tubuh Anda, ini membantu menenangkan ketegangan otot dan meningkatkan tidur malam yang lebih baik. Mandi air hangat juga dapat mencegah kram kaki di malam hari, suatu kondisi umum yang mempengaruhi hingga 60 persen orang.

5. Melawan Keringat Berlebih Perbesar Ilustrasi Mandi Credit: pexels.com/pixabayMeskipun mandi pagi adalah cara yang bagus untuk menyegarkan diri sebelum menghadapi hari, mandi di malam hari sebenarnya dapat membantu Anda mencegah bau badan.

Mandi air dingin sebelum tidur dapat membantu mengurangi keringat di malam hari yang diidap banyak individu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.