Sukses

5 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Atasi Stres

Liputan6.com, Jakarta - Membenamkan tubuhmu dalam air dingin bukanlah hal baru, karena individu telah melakukan hidroterapi selama berabad-abad. Namun, Anda tidak bisa melakukannya di rumah, jadi Anda harus pergi ke spesialis yang bisa membantumu.

Tapi siapa pun bisa mandi air dingin di rumah dan menikmati manfaat yang dihasilkan. Mereka mungkin bukan hal yang paling nyaman di dunia, tapi Anda bisa mencoba dan melihat bagaimana mandi dengan air dingin memengaruhi kesehatanmu.

Berikut beberapa hal yang bisa terjadi pada tubuhmu jika Anda mulai mandi air dingin, melansir dari Bright Side, Sabtu (9/4/2022).

1. Meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi nyeri otot

Saat air dingin menyentuh tubuhmu, darahmu dipaksa untuk bersirkulasi jauh lebih cepat dalam upaya mempertahankan suhunya.

Tapi mandi air dingin juga ideal untuk atlet karena bisa membantu mereka mengatasi cedera lebih cepat. Itu sebabnya mereka menggunakan es di bagian tubuh yang memar, membawa oksigen baru dan sirkulasi ekstra ke daerah yang terkena.

2. Mengurangi kulit gatal dan kusam

Individu yang memiliki kulit kering secara alami atau mengalami kondisi kulit seperti eksim, sering merasa gatal setelah mandi air panas. 

Salah satu cara untuk memeranginya adalah dengan menurunkan suhu air sebanyak mungkin. Hanya saja, jangan berlama-lama di kamar mandi dengan air panas, dan Anda akan melihat bahwa rasa gatal akan mulai hilang.

Anda masih perlu mengoleskan pelembap setelahnya untuk menyerap semua kelembapan, dan rasa gatal akan mulai hilang.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

3. Menstabilkan metabolisme Anda

Lemak cokelat adalah jenis lemak yang dimiliki semua individu sejak lahir, dan itu diaktifkan dengan mandi air dingin.

Dan dengan mengaturnya, lemak cokelat bisa membantu lemak putih (yang berhubungan dengan obesitas) tetap pada tingkat yang sehat. 

Jadi mandi air dingin 2-3 hari seminggu benar-benar bisa menstabilkan dan bahkan meningkatkan metabolismemu. 

Mandi air dingin memang tidak akan menurunkan berat badanmu, karena Anda harus terlebih dahulu membuat beberapa pilihan gaya hidup.

Namun, mandi air dingin bisa menstabilkan kadar hormon tertentu dan merawat sistem pencernaanmu. Dengan cara itu, bersama dengan diet seimbang, mereka bisa membantu menurunkan berat badan. 

4. Mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mentalmu

Cara kerja mandi air dingin adalah dengan menimbulkan kejutan besar dan stres pada tubuhmu. Jadi, jika Anda melakukannya secara teratur, Anda memulai proses yang disebut pengerasan.

Selama waktu itu, sistem sarafmu terbiasa “dipukul” dengan sedikit tekanan fisik dan mempersiapkanmu ketika saat-saat yang benar-benar membuat stres tiba. Akibatnya, tubuh dan pikiranmu siap menghadapi situasi sulit apa pun kapan pun itu muncul.

Juga, air dingin melepaskan endorphin ke dalam aliran darah kita dan, sebagai hasilnya, membuat kita lebih waspada, berenergi dan bahagia. 

Dalam uji klinis, ditunjukkan bahwa individu yang mengalami depresi terbebas dari gejalanya setelah mandi air dingin selama 5 menit 2-3 kali per minggu. 

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mandi air dingin bisa membuat tubuhmu lebih tahan terhadap flu biasa dan flu musiman. Sebagai buktinya, uji klinis melihat penurunan 29% pada individu yang tidak masuk kerja karena sakit setelah mereka mulai mandi air dingin.

Itu karena air dingin mengejutkan tubuh dan memaksanya memproduksi lebih banyak leukosit, yang bertanggung jawab untuk melindungi tubuh kita dari infeksi.

3 dari 4 halaman

Manfaat terapi air dingin bagi kesehatan tubuh

Terapi air dingin atau cryotheraphy termasuk berendam air dingin dan pijat es menjadi salah satu jenis metode pengobatan yang digunakan untuk mempercepat pemulihan dari kondisi tertentu, seperti stres, nyeri dan keseleo.

Meski tampaknya sepele, nyatanya terapi air dingin memiliki manfaat menakjubkan bagi kesehatan tubuh. Nah, penasaran apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Senin (29/3/2021),

1. Meredakan Nyeri

Terapi air dingin bisa membantu meredakan nyeri dada pada pengidap penyakit jantung. Untuk nyeri yang berhubungan dengan cedera atau keseleo, mengompresnya dengan es batu di area tersebut bisa membantu meredakan nyeri dengan mengurangi aliran darah di area tersebut.

2. Mengurangi Berat Badan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terapi air dingin bisa membantu mengaktifkan jaringan adiposa cokelat yang merupakan organ termogenik utama untuk meningkatkan produksi panas dalam tubuh dengan cepat.

Aktivitas lemak cokelat dengan demikian membantu meningkatkan laju metabolism dan setelah itu menurunkan berat badan.

4 dari 4 halaman

3. Mengatasi Stres

Terapi air dingin dikenal untuk meningkatkan efek psikologis dan jika dikombinasikan dengan terapi pelengkap lainnya seperti relaksasi, pijat dan aromaterapi bisa membantu meningkatkan kemampuan tubuh yang sehat secara alami. 

Terapi air dingin membantu memberikan relaksasi mental, kelelahan mental, kecemasan, Depresi dan meningkatkan kualitas hidup.

4. Mengurangi Peradangan

Terapi air dingin diklaim memiliki pengaruh anti-inflamasi selama proses pemulihan. Terapi ini memiliki potensi untuk mengurangi peradangan akibat kondisi stres secara metabolic dan mekanis seperti latihan intensitas tinggi atau kondisi peradangan paru-paru.

5. Mengurangi Kelelahan

Terapi air dingin diketahui meningkatkan laju metabolism yang bisa membantu pemulihan jaringan otot dari kelelahan. 

Terapi ini membantu mengurangi kelelahan dengan meningkatkan pemulihan otot setelah kejadian yang membuat stres dan mengurangi nyeri otot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.