Sukses

Jika Tanaman Anda Mati, Trik Sederhana Ini Akan Menghidupkannya Kembali

Berikut ini trik sederhana untuk menghidupkan kembali tanaman hias yang sekarat

Liputan6.com, Jakarta Bagi kita yang tidak ahli merawat tanaman, menjaga tanaman hias tetap hidup sepertinya hampir tidak mungkin. Anda harus menakar-nakar apakah Anda memberi mereka terlalu banyak sesuatu atau tidak cukup.

Mencari tahu jumlah ideal air, nutrisi, tanah, dan matahari dapat membutuhkan banyak percobaan dan kesalahan. Tak jarang, meski sudah berusaha keras, Anda menemukan tanaman hias Anda sekarat.

Berikut ini trik sederhana yang akan menghidupkan tanaman Anda kembali.

Alfred Palomares, wakil presiden merchandising di 1-800-Flowers.com menjelaskan bahwa "memahami persyaratan perawatan tanaman Anda, penyiraman [rutin] yang tepat, dan drainase adalah kunci untuk membantunya berkembang."

Dia menyarankan pemula untuk mencari tanda-tanda bahwa tanaman hijau mereka terlalu banyak air atau menderita busuk akar, yang bisa berakibat fatal. Busuk akar terjadi ketika air terperangkap di dalam pot dan tidak dapat mengalir melalui tanah dengan mudah, katanya.

"Jika daun baru atau tua mulai berjatuhan dari tanaman dan berwarna hijau, coklat, atau kuning, atau tanah mulai berbau busuk, ada kemungkinan tanaman itu terlalu banyak minum air."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tambahkan spons di bagian bawah pot

Namun, jika tanaman kesayangan Anda menunjukkan tanda-tanda busuk akar, semua harapan tidak hilang. Palomares menyarankan "menempatkan spons di bagian bawah pot untuk menyelamatkan tanaman yang mengalami pembusukan akar."

Menurut Huff Post, Anda harus hati-hati mengeluarkan tanaman dari pot dengan memutarnya ke samping dan "pegang dengan lembut batang atau daunnya, dan ketuk bagian bawah wadahnya sampai tanaman keluar." Pastikan tidak ada air yang terperangkap di dalam pot, dan tiriskan air sebelum Anda menambahkan spons. Kemudian, tambahkan kembali tanah, dan taruh kembali tanaman.

 

3 dari 6 halaman

Pilih spons Anda dengan bijak

Spons bekerja dengan menyerap kelembapan ekstra di dalam pot. Karena spons berpori, Palomares mengatakan bahwa "mereka akan memberikan ruang tambahan bagi udara untuk mengalir melalui tanah."

Meskipun Anda dapat menggunakan spons biasa dari toko bahan makanan, penting untuk memilih ukuran yang tepat. "Berhati-hatilah dengan ukuran wadah dan ukuran spons," Palomares memperingatkan. "Jika wadahnya terlalu besar, akar tanaman akhirnya bisa tumbuh di dalam dan di sekitar spons."

Gardening Know How merekomendasikan Anda menggunakan spons yang belum diolah dengan deterjen atau senyawa antibakteri. Namun, Anda dapat merawat spons sendiri dengan pemutih yang diencerkan untuk mencegah jamur. Dan Anda selalu dapat memotongnya untuk memastikan ukuran dan bentuknya tepat untuk penanam Anda.

 

4 dari 6 halaman

Pastikan Anda menggunakan jenis pot yang tepat

Jika Anda memilih untuk meletakkan spons di dasar pot, pastikan Anda menggunakan jenis pot yang benar. Palomares merekomendasikan memilih dengan drainase yang tepat, karena "jika Anda cenderung terlalu banyak air atau memiliki drainase yang buruk di pot Anda, spons akhirnya akan menjadi jenuh dan tidak memenuhi tujuannya."

Menurut HGTV, Anda harus memeriksa ulang drainase untuk memastikan kelebihan air dapat keluar dengan mudah. Jika tidak memiliki drainase yang cukup, mudah untuk menyirami tanaman Anda dengan atau tanpa spons karena tidak ada tempat untuk mengalirkan air.

 

5 dari 6 halaman

Coba trik es batu

Jika Anda mencari alternatif untuk spons, selalu ada trik es batu, di mana Anda menempatkan dua es batu di dasar tanaman seminggu sekali untuk memberi mereka hidrasi yang stabil. Teknik ini pertama kali diteliti pada tahun 2017 oleh American Society for Horticultural Science dan sejak itu diluncurkan di Reddit dan Instagram sebagai peretasan tanaman.

Metode ini memungkinkan es mencair perlahan seiring waktu, sehingga Anda dapat memantau berapa banyak air yang didapat tanaman Anda. Tapi hati-hati: Saat bekerja pada anggrek, suhu es yang dingin dapat mengejutkan tanaman yang lebih halus.

6 dari 6 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.