Sukses

Jangan Abai, Dokter Peringatkan Gejala Omicron yang Terasa di Telinga, Kepala, dan Mata

Dokter memperingatkan gejala Omicron yang mungkin terasa di telinga, mata, dan kepala

Liputan6.com, Jakarta Omicron diyakini lebih menular daripada varian Delta sebelumnya, tetapi infeksi tampaknya lebih ringan, mirip dengan flu.

Sekarang, versi 'siluman' dari varian Omicron telah muncul. Ini menyebabkan kekhawatiran itu dapat memicu gelombang lebih lanjut dari Covid-19 di masa depan.

Strain, bernama Omicron BA.2, telah diklasifikasikan sebagai "varian yang sedang diselidiki". Karena itu, penting untuk mewaspadai gejala Omicron untuk menghindari penyebaran infeksi lebih lanjut.

Gejala utama virus corona adalah batuk baru yang terus menerus, demam dan kehilangan rasa dan/atau penciuman. Namun, gejala varian Omicron telah digambarkan lebih ringan.

Menurut Studi ZOE Covid, lima gejala teratas yang diidentifikasi adalah pilek, sakit kepala, kelelahan, bersin, dan sakit tenggorokan.

Ada juga tanda lain yang harus diwaspadai – terutama yang memengaruhi telinga, mata, dan kepala. Gejala apakah itu?

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gejala Omicron yang memengaruhi telinga, mata, dan kepala

Vertigo adalah gejala yang dapat terjadi selama fase “akut” infeksi Covid, selama proses pemulihan atau sebagai bagian dari gejala Covid yang lama. Vertigo adalah sensasi berputar atau rasa gerakan yang berubah, atau pusing.

Menurut NHS: “Pusing juga dapat dikaitkan dengan telinga berdenging, pendengaran berkurang, ketegangan mata, dan sakit kepala."

“Ini mungkin datang dan pergi sepanjang hari. Jika mereka konstan atau sangat intens, Anda harus memberi tahu profesional kesehatan Anda karena mereka mungkin ingin melakukan beberapa penyelidikan lebih lanjut.

 

3 dari 5 halaman

Sakit kepala akibat Covid

Menurut NHS, banyak penelitian menunjukkan bahwa Covid dapat menyebabkan sakit kepala.

“Beberapa orang bahkan mengalami sakit kepala sebelum mereka menyadari adanya masalah pernapasan. Ini adalah gejala umum dari Covid."

“Sakit kepala sering merupakan ciri dari infeksi virus lainnya, tetapi bagi kebanyakan orang, adanya sakit kepala tidak selalu berarti bahwa virus masih ada di dalam tubuh.”

 

4 dari 5 halaman

Sakit telinga akibat Covid

Menurut Dr Konstantina Stankovic, ketua Departemen Otolaringologi-Bedah Kepala dan Leher di Universitas Stanford, sakit telinga menjadi tanda umum infeksi.

Timnya menemukan bahwa beberapa dari mereka yang terinfeksi Covid memiliki gejala telinga bagian dalam.

Dia mengatakan kepada 7News: "Jika Anda merasakan gangguan pendengaran atau pusing atau telinga berdenging, jangan abaikan mereka.

"Lakukan tes. Pada beberapa pasien kami, kami telah melihat bahwa gangguan pendengaran adalah satu-satunya tanda infeksi Covid."

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    Omicron Covid

  • Varian Omicron adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Varian Omicron adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    gejala omicron

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron Covid-19

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    varian omicron