Sukses

5 Jenis Lemak Tubuh yang Patut Diketahui Jika Ingin Menurunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Sampai saat ini, sebagian besar dari kita telah mengetahui 'lemak' sebagai istilah yang menggambarkan tipe tubuh atau komponen makanan yang penting bagi tubuh. Meskipun memasukkan lemak dalam makanan seseorang sangat penting untuk pertumbuhan dan fungsi tubuh yang tepat, penting juga untuk mengetahui jenis makanan apa yang harus dikonsumsi.

Lemak baik sangat penting untuk penyerapan vitamin; mereka memberi energi pada tubuh untuk melakukan proses kehidupan dan membantu menjaga kolesterol tetap terkendali. Di sisi lain, lemak jahat menyebabkan peningkatan risiko penyakit seperti diabetes dan kolesterol.

Berikut lima jenis lemak tubuh kita, dijelaskan oleh para ahli. Mempelajari bagaimana dan mengapa mereka bisa berbahaya akan membantu kita mengetahui mengapa kita harus berkonsentrasi untuk menghilangkan lemak-lemak jahat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 6 halaman

1. Beige

Lemak krem ​​adalah campuran lemak putih dan coklat. Saat kita berolahraga, tubuh mengubah lemak putih menjadi lemak krem ​​dengan menggunakan hormon irisin, proses ini dikenal sebagai pencoklatan.

Lemak jenis ini biasanya ditemukan di sekitar tulang selangka dan di sepanjang tulang belakang. Makan makanan seperti anggur dapat membantu mempercepat proses pencoklatan.

 

3 dari 6 halaman

2. Cokelat

Lemak cokelat adalah lemak baik yang ditemukan di bagian belakang leher dan daerah dada. Juga dikenal sebagai Brown Adipose Tissue atau BAT, lemak ini baik untuk tubuh karena membantu menjaga suhu inti.

Karena lemak jenis ini memakan lemak putih yang buruk, maka lemak cokelat adalah pemotong lemak dan jumlahnya dalam tubuh dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan sehat, suplemen dan membuat perubahan kecil namun signifikan pada gaya hidup Anda.

 

4 dari 6 halaman

3. Lemak visceral

Anda mungkin sering mendengar nama ini karena ancaman serius yang ditimbulkannya pada tubuh. Ditemukan di daerah perut, lemak ini sering mudah dikenali karena perutnya yang besar dan menonjol.

Meskipun beberapa jumlah itu diperlukan untuk melindungi organ, timbunan lemak yang berlebihan di sekitar organ menyebabkan pengeringan darah yang disimpan dan menyebabkan peningkatan kolesterol darah, kanker, penyakit jantung dan diabetes tipe-2.

 

5 dari 6 halaman

4. Lemak subkutan putih

Menjaga simpanan lemak-lemak putih tetap terkendali, lemak putih subkutan mengatur insulin yang dilepaskan dalam tubuh karena produksi adiponektin.

Lemak subkutan putih baik untuk tubuh. Namun, kelebihannya dalam tubuh menyebabkan pelepasan adiponektin yang berlebihan yang dapat memperlambat metabolisme dan meningkatkan jumlah lemak di sekitar pinggul, paha dan perut.

 

6 dari 6 halaman

5. Lemak subkutan

Lemak subkutan hadir di seluruh tubuh dan terutama di bagian belakang pinggul, lengan dan kaki. Terlalu banyak di perut menyebabkan peningkatan risiko penyakit seperti diabetes, obesitas dan masalah kardiovaskular.

Kelebihan lemak subkutan juga berarti kelebihan estrogen dalam tubuh yang dapat meningkatkan berat badan yang tidak sehat pada pria dan wanita.