Sukses

8 Ide untuk Membantu Anda Menghemat Uang Setiap Bulan

Liputan6.com, Jakarta Selama pandemi, kebanyakan kita berada di rumah, hampir tidak keluar rumah karena bekerja dari rumah dan meskipun demikian, ada banyak cara di mana kita dapat berhemat setiap bulan dan menjadi jauh lebih kaya daripada tahun lalu.

Bagaimana kita melakukannya? Ada 8 cara di mana uang dapat dihemat dengan membuat perubahan kecil yang membuat perbedaan besar.

Berikut adalah daftar ide yang dapat dimasukkan dalam kehidupan sehari-hari Anda untuk menabung setiap bulan.

1. Belanja bahan makanan

Buat daftar semua yang Anda butuhkan setiap bulan dan pergilah ke toko tempat Anda mendapatkan barang-barang dengan diskon yang bagus. Belanja massal selalu menghemat banyak uang.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 5 halaman

2. Membatalkan langganan

Jika Anda telah berlangganan berbagai aplikasi, majalah, dan hal-hal yang jarang Anda gunakan, batalkan sekarang juga. Anda nantinya akan menyadari berapa banyak uang yang Anda hemat dengan melakukannya setiap bulan. Gunakan hanya satu atau dua langganan yang Anda tahu akan Anda manfaatkan.

3. Investasi

Investasikan uang Anda dalam skema yang berbeda, ngobrol lah dengan orang-orang yang telah menginvestasikan uang dengan harga terbaik.

 

3 dari 5 halaman

4. Berhenti makan di luar atau memesan lebih dari sekali seminggu

Ini akan menjadi bantuan tidak hanya untuk kantong Anda tetapi juga kesehatan dan berat badan Anda. Pergi keluar dua kali atau tiga kali sebulan untuk kewarasan Anda sendiri tetapi cobalah untuk makan makanan Anda di rumah.

Buat ayam atau sup Anda sendiri, keluarkan inner chef Anda. Jika Anda memiliki pembantu yang memasak untuk Anda, manfaatkan sepenuhnya. Anda akan menghemat banyak uang.

5. Celengan

Ya itu adalah konsep ketika kita semua masih anak-anak tetapi masih bisa berguna. Masukkan uang recehan atau bahkan uang kertas 20 ribuan di dalamnya setiap hari.

Jika Anda bisa memasukkan lebih banyak, itu akan lebih baik. Terus isikan sampai penuh lalu ambil celengan lagi. Buat 10 bank mini seperti itu di rumah dan setelah semuanya penuh, pecahkan dan kemudian lakukan setoran tetap menggunakan uang itu atau investasikan dalam emas.

 

4 dari 5 halaman

6. Buatlah jurnal pengeluaran

Ini adalah salah satu tip yang semua orang tua kita minta untuk kita lakukan dan ada alasan untuk melakukannya. Itu terus memeriksa apa yang Anda habiskan, membantu Anda melihat di mana Anda bisa menabung dan kemudian mempersiapkan Anda untuk melakukan yang lebih baik di bulan berikutnya. Plus Anda bisa tahu jika ada uang yang hilang.

7. Tagihan listrik

Ada beberapa cara untuk menghemat tagihan listrik Anda. Matikan lampu yang tidak digunakan, cabut peralatan dan alih-alih terpaku pada TV, baca buku Anda atau lakukan aktivitas yang tidak memiliki layar. Dengan cara ini Anda menyehatkan mata, menjernihkan pikiran, memiliki hobi, dan menghemat uang karena tidak ada listrik yang digunakan.

 

5 dari 5 halaman

8. Gym di rumah

Gym mengambil jumlah yang besar dari penghasilan Anda memang. Jadi mengapa tidak berolahraga di rumah? Ada kelas zumba, yoga, dan lainnya yang semuanya bisa dilakukan di rumah sekarang berkat internet. Anda bahkan bisa mendapatkan beberapa peralatan di rumah dan memanfaatkan sepenuhnya perabotan di rumah.