Sukses

6 Makanan Bergizi untuk Menaikkan Berat Badan dengan Cepat

Bertubuh kurus menjadi hal yang tidak nyaman bagi sebagian orang. Konsumsi beberapa makanan ini agar berat badan cepat bertambah.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa orang sangat menginginkan mempunyai tubuh yang kurus. Mereka bahkan rela melakukan diet ketat untuk menurunkan bobot tubuhnya.

Tapi, sebagian orang yang bertubuh kurus justru merasa tidak nyaman dengan penampilannya. Ada yang ingin menaikkan beberapa kilogram agar tidak terlalu kurus.

Pasalnya, tubuh yang terlalu kurus juga tidak baik untuk kesehatan. Misalnya, mengalami malnutrisi, sistem imun yang rendah, mengganggu kesuburan, risiko osteoporosis tinggi, hingga risiko komplikasi selama operasi.

Menaikkan berat badan nampaknya terasa sangat sulit dibandingkan dengan menurunkan berat badan. Butuh waktu lama untuk mewujudkannya.

Dilansir dari Medical News Today, Selasa (25/1/2022), ternyata ada sejumlah makanan yang bisa menaikkan berat badan secara cepat. Simak daftarnya berikut ini!

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Susu

Susu mengandung protein yang berperan penting dalam membentuk otot. Menurut salah satu studi dari American Journal of Clinical Nutrition tahun 2007, minum susu setelah olahraga membantu membentuk otot lebih efektif daripada produk berbahan dasar kedelai.

Selain protein, susu juga mengandung lemak, karbohidrat, kalsium, serta berbagai vitamin dan mineral lainnya. 

3 dari 7 halaman

2. Daging Merah

Daging merah sudah terbukti dapat membantu membentuk otot dan menaikkan berat badan. Daging merah sendiri mengandung leusin dan creatine, nutrisi yang berperan penting dalam meningkatkan massa otot. Kemudian, kandungan proten dan lemaknya mampu menaikkan berat badan.

 

4 dari 7 halaman

3. Kacang

Mengonsumsi kacang secara teratur diklaim dapat menaikkan berat badan. Kacang menjadi camilan yang bisa dicampur pada sejumlah makanan. Tak hanya itu, selai kacang yang dibuat tanpa tambahan gula juga bisa membantu menaikkan berat badan.

 

5 dari 7 halaman

4. Cokelat Hitam

Cokelat hitam mungkin menjadi makanan favorit bagi yang ingin menaikkan berat badan. Selain memiliki rasa yang lezat, camilan ini mempunya kandungan lemak dan kalori yang tinggi. Jika ingin menaikkan berat badan, disarankan untuk memilih cokelat hitam dengan kandungan kakao minimal 70 persen.

 

6 dari 7 halaman

5. Keju

Keju merupakan camilan yang mudah ditemukan di warung hingga supermarket. Orang Indonesia biasanya mencampurkan keju ke berbagai makanan, seperti sup buah, roti tawar, salad, hingga minuman rasa.

Keju ternyata mempunyai manfaat dalam menaikkan berat badan. Makanan ini kaya akan protein, kalsium, lemak, dan kalori. Sangat disarankan untuk memilih keju yang mengandung lemak tinggi agar berat badan cepat bertambah.

7 dari 7 halaman

6. Alpukat

Alpukat terkenal dengan buah yang tinggi kalori dan lemak. Buah ini juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak heran jika alpukat dapat berkontribusi dalam menaikkan berat badan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.