Sukses

8 Manfaat Mengonsumsi Makanan Berwarna Hijau untuk Tubuh Anda

Liputan6.com, Jakarta Ada alasan mengapa Anda diminta untuk mengonsumsi sepiring makanan berwarna-warni. Itu karena makanan tersebut sarat dengan nutrisi dan mineral penting.

Baik itu kuning atau merah, alam telah menemukan cara cerdas untuk menambahkan nutrisi ke dalam makanan kita sehari-hari. Setelah kita tahu bagaimana makanan kuning dan merah dapat membantu kita, saatnya untuk warna alam berikutnya: hijau.

Berikut ini beberapa cara makanan hijau, seperti buah dan sayuran hijau membantu Anda hidup sehat dan bugar.

1. Baik untuk mata

Makanan hijau mengandung fitokimia seperti lutein dan zeaxanthin yang dikemas dalam sayuran berdaun hijau tua. Ini mengurangi faktor risiko katarak dan degenerasi makula, yang merupakan penyebab utama kebutaan pada lansia. Ini juga telah diketahui mengurangi risiko jenis kanker tertentu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 5 halaman

2. Anti-kanker

Quercetin adalah bioflavonoid yang ditemukan dalam makanan hijau. Flavonoid ini mengandung antioksidan dan memiliki sifat anti-kanker yang unik.

3. Ramah diabetes

Indeks glikemik atau GI adalah pengukuran makanan kaya karbohidrat dan dampaknya terhadap kadar gula darah kita. Makanan hijau rendah GI dan karenanya bermanfaat bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2.

 

3 dari 5 halaman

4. Bagus untuk tulang dan otot

Makanan hijau adalah sumber utama zat besi dan kalsium. Mereka membantu dalam mendapatkan tulang yang lebih kuat, kontraksi otot dan pembekuan darah.

5. Kekebalan yang baik

Karena makanan hijau penuh dengan beta karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A, konsumsi makanan hijau membantu fungsi kekebalan tubuh yang lebih baik.

 

4 dari 5 halaman

6. Rendah lemak

Makanan hijau rendah lemak. Diperkaya dengan vitamin, mereka membantu dalam memotong lemak yang tidak perlu.

 

5 dari 5 halaman

7. Bermanfaat untuk pencernaan

Makanan hijau seperti brokoli, kubis, sayuran hijau dan kacang-kacangan adalah makanan kaya serat. Ini berarti pencernaan yang baik dan saluran pencernaan yang sehat.

8. Regenerasi sel baru

Asam folat membantu tubuh kita dalam memproduksi dan memelihara sel-sel baru. Makanan hijau seperti kacang polong, buncis dan asparagus mengandung asam folat.