Sukses

8 Cara Meningkatkan Pengendalian Diri Agar Tak Mudah Terbawa Emosi

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengendalian diri agar tidak mudah terbawa emosi

Liputan6.com, Jakarta Definisi dasar pengendalian diri, menurut psikolog, adalah "kemampuan untuk mengelola impuls, emosi, dan perilaku seseorang untuk mencapai tujuan jangka panjang." Kurangnya pengendalian diri, terutama dalam hal mengendalikan emosi (dari intens hingga hanya sedikit mengganggu), lebih umum daripada yang Anda pikirkan dan banyak orang menghadapi masalah ini setiap hari.

Tidak jarang, seseorang yang tidak dapat mengendalikan emosinya, harus menerima akibat dari hal tersebut. Karena itu, penting untuk belajar mengendalikan diri. Kabar baiknya adalah Anda dapat belajar bagaimana mengendalikan emosi Anda dengan mudah karena pengendalian diri adalah salah satu keterampilan terpenting yang dapat Anda ajarkan pada diri sendiri.

Berikut ini adalah beberapa hal-hal yang dapat membantu Anda mengendalikan emosi, mendapatkan kembali kendali diri, dan menjadi penguasa atas hidup Anda sendiri.

1. Ingatlah untuk tersenyum

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, sebuah senyuman pasti bisa membuat seseorang tersenyum. Tersenyum, bahkan ketika Anda tidak menyukainya sama sekali, dapat menipu otak Anda untuk percaya bahwa Anda bahagia.

Tak perlu dikatakan lagi bahwa tersenyum akan membuat Anda terlihat lebih menarik di mata orang lain karena tidak ada yang lebih cantik daripada ketika mereka tersenyum.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Fokus pada napas Anda

Mempelajari cara mengontrol napas Anda adalah salah satu pelajaran paling penting yang dapat Anda pelajari. Mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi dalam kata-kata guru spiritual Eckhart Tolle, kunci transformasi batin adalah hidup di masa ini. Tutup mata Anda dan perhatikan napas Anda ketika Anda merasa kewalahan. Tolle mengatakan bahwa ketika Anda sadar akan napas Anda, Anda benar-benar hadir dan itu menghentikan pikiran Anda dari balapan.

 

3 dari 7 halaman

3. Mulai membuat jurnal

Jurnal adalah alat eksplorasi diri yang kuat yang dapat menjadi teman terbaik Anda dan kepercayaan paling tepercaya jika Anda memutuskan untuk berkomitmen padanya. Kapan pun Anda mengalami emosi yang tidak diinginkan, tuliskan semuanya dalam jurnal Anda, dan biarkan ia bekerja dengan keajaibannya. Anda akan dapat memahami diri sendiri pada tingkat yang jauh lebih dalam tanpa pernah merasa dihakimi atau disalahpahami oleh teman Anda yang pendiam namun setia selamanya.

 

4 dari 7 halaman

4. Ganti kebiasaan negatif dengan yang positif

Anda dapat dengan mudah mengganti kebiasaan negatif dengan alternatif positifnya. Misalnya, jika Anda ingin mengunyah permen saat mengalami emosi yang sulit, Anda dapat pergi ke gym dan menghilangkan stres (lihat video latihan kami untuk mendapatkan inspirasi). Atau, jika Anda merasa ingin menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak perlu, berjalan-jalanlah di alam di mana Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk menghabiskan uang hasil jerih payah Anda untuk konsumsi tanpa berpikir.

 

5 dari 7 halaman

5. Buat rutinitas yang cocok untuk Anda

Mungkin rutinitas bukanlah kata yang paling trendi dan glamor dalam leksikon modern, tetapi rutinitas sangat penting untuk perawatan diri Anda dan terutama dalam hal mengendalikan emosi Anda dan perubahan suasana hati yang liar dalam kehidupan modern.

Rutinitas meningkatkan kesejahteraan mental dengan membantu kita mengembangkan kebiasaan sehari-hari yang positif. Misalnya, berkomitmen pada diri sendiri untuk berjalan-jalan sore setiap hari atau batasi aktivitas online Anda hingga 30 menit sehari dan Anda akan melihat diri Anda merasa lebih baik secara instan.

 

6 dari 7 halaman

6. Buat daftar tugas

Untuk menciptakan rutinitas yang berkelanjutan dan menyenangkan, Anda bisa mulai membiasakan diri menulis daftar tugas. Tergantung pada lingkungan di mana Anda berada, segala sesuatu dalam hidup ini cepat berlalu dan sulit dipahami. Itu sebabnya tidak selalu cukup dengan niat baik.

Sebaliknya, sangat penting untuk mengingatkan diri sendiri tentang apa tujuan Anda karena jika tidak, sangat mudah untuk berhenti melihat hutan di balik pepohonan, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian ini. Melacak apa yang perlu Anda lakukan sangat membantu jika Anda ingin tetap membumi dan mengendalikan emosi Anda. Kiat teratas: Tuliskan daftar hal-hal yang ingin Anda lakukan setelah bangun tidur.

 

7 dari 7 halaman

7. Beri diri Anda "me time"

Seringkali kita adalah kritikus kita sendiri yang paling keras. Cara terbaik untuk mencintai diri sendiri adalah melepaskan segalanya, meluangkan waktu untuk diri sendiri, dan bersantai. Lakukan sesuatu yang membuat Anda benar-benar bahagia, entah itu memainkan alat musik, menggambar, menyanyi, atau menari seperti tidak ada orang di dunia yang memperhatikan Anda.

8. Ajari diri Anda cara bermeditasi

Meditasi adalah sesuatu yang setiap orang dapat kuasai untuk menjadi Zen abadi dengan sedikit usaha. Meditasi adalah metode melatih pikiran Anda untuk menjadi lebih sadar akan dirinya sendiri. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.