Sukses

5 Kebiasaan yang Bantu Bikin Gigi Putih dan Sehat

Ada beberapa kebiasaan yang perlu Anda lakukan untuk membantu bikin gigi tampak sehat dan lebih putih.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki gigi sehat dan bersih tentu menjadi impian setiap individu. Tak hanya dari segi kesehatan, tapi juga sangat berpengaruh agar penampilanmu lebih percaya diri. 

Namun, perubahan warna gigi pasti terjadi pada setiap individu secara bertahap yang tak bisa kita hindari. 

Warna gigi bisa terlihat lebih kuning atau gelap terutama seiring bertambahnya usia. Terlebih lagi gaya hidup tak sehat juga mempengaruhinya.

Untuk itu, ada beberapa kebiasaan yang perlu Anda lakukan untuk membantu bikin gigi tampak sehat dan lebih putih. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Selasa (14/12/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Minum kopi dan teh dengan susu

Kopi bisa menjadi minuman yang sangat asam, terutama jika mengonsumsi kopi hitam. Jika Anda meminumnya setiap hari, bisa menyebabkan gigimu menjadi tipis. Apalagi kopi hitam akan menodai gigi karena mengandung tanin. 

Sebagai solusinya, minumlah kopi dengan susu. Hal yang sama berlaku juga untuk teh hitam. 

 

3 dari 6 halaman

2. Jangan langsung menyikat gigi setelah minum teh atau susu

Para ahli mengatakan bahwa yang terbaik adalah tidak mencampur pasta gigi dan kopi. Lebih baik menyikat gigi 30 menit sebelum minum. 

Jika Anda ingin melakukan setelahnya, tunggu setidaknya satu jam. Sebab, kopi dan teh akan merusak email gigi karena komposisi asamnya. 

Yang terbaik adalah mengikuti aturan ini tidak hanya setelah minum, tapi juga setelah makan.

4 dari 6 halaman

3. Kunyah permen karet hingga 20 menit

Mengunyah permen karet setelah makan memang disarankan, namun harus permen yang bebas gula. Kunyah hingga 20 menit untuk meningkatkan aliran air liur dan menghilangkan asam setelah makan.

5 dari 6 halaman

4. Flossing atau benang gigi sebelum menyikat gigi

Menggunakan flossing atau benang gigi secara teratur juga bisa mengurangi bau mulut dan beberapa penyakit dengan menghilangkan plak. 

Spesialis menyarankanmu untuk menggunakan benang gigi sebelum menyikat, tapi tidak setelahnya. Ini akan membantu sikatmu menjangkau area yang tersumbat.

6 dari 6 halaman

5. Flossing gigimu dengan cara yang sama, setiap hari

Pertahankan pola teratur untuk flossing. Mulailah dengan gigi atasmu dan kerjakan dari kiri ke kanan.

Setelah Anda menyelesaikan gigi atas, ulangi hal yang sama di bagian bawah dari kiri ke kanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.