Sukses

Jangan Biarkan Berlarut-larut, 3 Cara Sederhana Mengatasi Stres

Stres dan kecemasan berlebih bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian individu, memulai hari yang baru mungkin bisa membawa stres, kecemasan dan depresi. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti tekanan kerja, akan menjalani wawancara, rapat dengan rekan kerja dan masih banyak lagi. 

Stres dan kecemasan berlebih bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Perasaan ini juga bisa membuat orang merasa mudah lelah, tidak produktif, atau kehilangan motivasi untuk bekerja. Ketika sedang mengalami stres, setiap individu memiliki caranya masing-masing untuk mengatasinya. 

Ada yang mengatasinya dengan pergi bermain bersama teman-teman atau beristirahat. Selain kedua hal tersebut, ada berbagai cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan stres.

Penasaran apa saja? Berikut beberapa tips yang membantu Anda menghilangkan stres, seperti melansir dari Pinkvilla, Selasa (2/11/21).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Minum secangkir kopi

Ketika seseorang sedang mengalami stres, biasanya mereka akan lebih susah untuk berkonsentrasi. Dengan mengonsumsi kafein, bisa membantu Anda dalam meningkatkan konsentrasi. 

Jadi, jika Anda mengalami masalah untuk fokus pada pekerjaan Anda sehari-hari, cobalah mengawali hari dengan konsumsi secangkir kopi. 

Namun perlu diingat, jangan meminumnya saat perut kosong. Pastikan Anda sudah sarapan dan setelahnya Anda bisa minum kopi untuk mengawali hari Anda.

Selain itu, lebih baik Anda mengonsumsi kopi sehari sekali karena minum kopi yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatanmu.

3 dari 4 halaman

2. Kurangi penggunaan ponsel di pagi hari

Apa yang biasa Anda lakukan setelah bangun tidur? Banyak individu kini akan memeriksa ponsel mereka seperti membuka pemberitahuan di ponselnya, mengecek media sosial, membalas pesan dan masih banyak lagi. Ternyata kebiasaan ini merupakan salah satu kebiasaan buruk. 

Para ahli menyarankan untuk tidak menggunakan ponsel di pagi hari. Jika Anda bermain ponsel setelah bangun tidur, Anda akan menemukan beberapa berita negatif di media sosial dan ini bisa memengaruhi suasana hati Anda menjadi buruk. 

Alih-alih memeriksa ponsel, cobalah untuk membuka jendela dan pintu kamar Anda agar cahaya matahari di pagi hari bisa masuk ke dalam kamar Anda. Mendapatkan cahaya alami bisa meningkatkan suasana hati Anda dan akan membantu Anda untuk tetap energik dan semangat sepanjang hari.

4 dari 4 halaman

3. Perhatikan apa yang Anda konsumsi

Sebagian individu ada yang terbiasa mengonsumsi junk food di pagi hari. Ternyata ini bisa memengaruhi kesehatan dan suasana hati Anda. Bahkan seseorang bisa cenderung kehilangan motivasi, merasa lelah, dan memiliki suasana hati yang buruk sepanjang harinya. 

Untuk itu, mulailah hari Anda dengan sarapan makanan yang sehat dan bernutrisi. Alih-alih makan junk food, Anda bisa mengonsumsi salad, oatmeal, sandwich atau omelet.

Selain itu, sarapan tidak hanya makanan berat, Anda juga bisa mengonsumsi susu atau smoothie untuk mengawali harimu. 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.