Sukses

4 Cara Alami dan Mudah Atasi Hidung Tersumbat

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar dapat meredakan hidung tersumbat dan bernapas lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - Hidung tersumbat tentu sangat membuat kita tak nyaman dan sering memengaruhi kehidupan sehari-hari. Banyak orang mengira hidung tersumbat adalah hasil dari terlalu banyak lendir di saluran hidung. 

Namun, hidung tersumbat biasanya merupakan akibat dari pembuluh darah yang meradang di sinus. Pilek, flu, alergi, atau infeksi sinus semuanya dapat berkaitan dengan pembuluh darah ini.

Terlepas dari alasan mengapa hidung Anda tersumbat, ada cara mudah untuk meredakannya. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar dapat meredakan hidung tersumbat dan bernapas lebih baik dilansir dari Healthline.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gunakan Humidifier

Humidifier bisa menjadi cara cepat dan mudah untuk mengurangi nyeri sinus dan membantu meredakan hidung tersumbat. Mesin yang mengubah air menjadi uap yang perlahan mengisi udara ini dapat meningkatkan kelembapan di dalam ruangan.

Menghirup udara lembab ini dapat menenangkan jaringan yang teriritasi dan pembuluh darah yang membengkak di hidung dan sinus Anda. Beberapa orang mengklaim bahwa udara yang dipanaskan dan dilembabkan juga dapat membantu lendir yang tersumbat mengalir lebih baik. Namun, ulasan telah menunjukkan bahwa tidak ada bukti untuk mendukung ini. Jika Anda mengalami gejala hidung tersumbat, Anda mungkin masih mendapat manfaat dari menempatkan humidifier di sekitar rumah atau kantor Anda.

3 dari 5 halaman

Mandi Air Hangat

Pernahkah Anda mengalami hidung tersumbat dan ternyata Anda bisa bernapas jauh lebih baik setelah mandi air hangat? Mungkin ada alasan bagus untuk itu. Uap dari pancuran dapat membantu mengencerkan lendir di hidung dan mengurangi peradangan. Mandi air panas dapat membantu pernapasan Anda kembali normal, setidaknya untuk sementara waktu.

4 dari 5 halaman

Tetap Terhidrasi

Penting untuk minum banyak cairan jika Anda menduga Anda pilek atau mengalami gejala flu. Mempertahankan tingkat hidrasi yang optimal dapat membantu mengencerkan lendir di saluran hidung Anda, mendorong cairan keluar dari hidung dan mengurangi tekanan di sinus Anda. Lebih sedikit tekanan berarti lebih sedikit peradangan dan iritasi. Jika Anda juga mengalami sakit tenggorokan, cairan hangat seperti teh juga dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman di tenggorokan.

5 dari 5 halaman

Gunakan Semprotan Air Garam

Menggunakan semprotan air garam pada hidung dapat meningkatkan kelembaban di lubang hidung Anda. Beberapa semprotan garam juga termasuk obat dekongestan. Bicarakan dengan dokter Anda sebelum Anda mulai menggunakan semprotan garam dengan dekongestan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.