Sukses

Tak Banyak yang Tahu, 10 Benda Ini Ternyata Miliki Masa Kedaluwarsa - Part 1

Liputan6.com, - Sebagian besar dari Anda tentu tahu bahwa makanan, obat-obatan bahkan skincare memiliki masa kedaluwarsa. Namun, tak banyak yang menyadari bahwa benda-benda yang kerap kita gunakan setiap hari juga nyatanya dapat kedaluwarsa

Ya, Anda seharusnya tak melupakan bahwa sandal, bantal, handuk dan masih banyak lagi benda lainnya memiliki masa pakai.

Benda-benda itu memiliki masa kedaluwarsa yang berbeda-beda. Ada yang harus diganti setiap 6 bulan sekali bahkan ada yang sampai 2 tahun. 

Dilansir dari Bright Side, Rabu (27/10/2021), berikut deretan benda sehari-hari yang memiliki kedaluwarsa. 

1. Kabel portabel harus diganti setelah 2 tahun

Soket ekstensi dan kabel ekstensi tidak disertakan dengan tanggal kedaluwarsa. Tetapi seiring bertambahnya usia, efisiensi mereka berkurang. Terlebih lagi soket ekstensi adalah pemicu kebakaran yang kurang diketahui.

Setiap korslet atau percikan api dapat menyebabkan kebakaran listrik, jadi yang terbaik adalah menggantinya setiap 1-2 tahun.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Sandal rumah perlu diganti setiap 6 bulan sekali

Sederhananya, sandal rumah bisa sangat tidak sehat. Dari menggunakannya ke kamar hingga dapur, sandal bisa menjadi tidak higienis seiring waktu.

Bahkan dengan pencucian biasa, ada baiknya mengganti sandal setiap 6 bulan sekali. Dan itu baik untuk kaki Anda juga.

3 dari 5 halaman

3. Bra harus diganti dalam 6 bulan sampai satu tahun

Bra dan bahkan pakaian dalam, bertahan selama Anda menggunakan dan mencucinya dengan benar. Jika Anda memakai bra secara teratur, jangan berharap itu bertahan lebih dari 6 bulan hingga satu tahun.

Jika bra tidak lagi memberikan dukungan karena elastis yang kendur dan kawat di bawahnya menyembul, saatnya untuk menggantinya. Aturan yang sama berlaku untuk pakaian dalam, setiap ada kerutan, perubahan warna, atau robekan berarti sudah waktunya untuk berbelanja pakaian dalam.

4 dari 5 halaman

4. Umur simpan rata-rata parfum adalah 3 tahun

Jika Anda memiliki sebotol parfum favorit, Anda mungkin tidak perlu membuangnya selama Anda menggunakannya dalam waktu satu tahun. Tetapi jika Anda menyukai banyak parfum dan memiliki koleksi, sebagian besar merek parfum mengklaim masa simpannya 3 tahun.

Anda dapat terus menggunakan parfum selama aromanya tetap sama. Parfum mulai menjadi buruk setelah beberapa saat dan aromanya bisa berubah menjadi asam dan terkadang bahkan seperti telur. Saat itulah Anda tahu sudah waktunya untuk mendapatkan parfum baru.

5 dari 5 halaman

5. Handuk umumnya bertahan 3 tahun

Jika Anda mencuci handuk setiap 3-4 kali mandi dan menjemurnya hingga kering, bahkan mungkin di bawah sinar matahari, kemungkinan besar handuk akan bertahan lama. Tentu saja, ini juga tergantung pada kualitas handuk.

Ingatlah bahwa karena Anda menyeka tubuh Anda dengan handuk, handuk menjadi tidak higienis dengan cepat. Bahkan setelah dicuci secara teratur, ada baiknya untuk mengganti handuk setiap 3 tahun sekali.