Sukses

Bertaraf Internasional, Ini Pesona 3 Venue Pertandingan PON XX Papua 2021

Kehadiran venue pertandingan PON XX Papua 2021 dengan standar Internasional mengundang rasa bangga bagi masyarakat Papua dan Bangsa Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional atau PON 2021, kini Papua terpilih menjadi tuan rumah. Terpilihnya Papua sebagai tuan rumah memberikan sejumlah pengaruh positif bagi provinsi tersebut, seperti dibangunnya fasilitas olahraga baru untuk mendukung pelaksanaan PON ke-20 ini.

Tidak hanya dibangun di Ibu Kota Jayapura, sejumlah fasilitas dan venue pertandingan PON XX Papua 2021 juga dibangun di Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke.

Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan bahwa pembangunan infrastruktur pendukung dan arena olahraga PON XX Papua 2021 agar memenuhi standar internasional.

Selain itu, melansir dari Pu.go.id, PUPR juga memastikan agar venue PON XX Papua 2021 bisa terjaga kualitasnya baik dari segi kekuatan, kerapihan, kenyamanan dan keselamatannya. Tentunya pembangunan infrastruktur ini dapat membawa kebanggaan bagi Papua dan bangsa Indonesia. 

Berikut ini adalah keindahan venue pertandingan PON XX Papua 2021 yang bertaraf internasional.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Stadion Lukas Enembe

PT Pembangunan Perumahan PP telah menyelesaikan pembangunan Stadion Papua Bangkit pada Juni 2019, yang kemudian diresmikan oleh Gubernur Papua Lukas Enembe pada Jumat (23/10/20). Setelah itu, Stadion Papua Bangkit resmi berganti nama menjadi Stadion Lukas Enembe. 

Melansir dari Indonesia.go.id, Stadion Lukas Enember berlokasi di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. Stadion ini dibangun untuk menyambut penyelenggaraan PON XX Papua. Tempat ini dijadikan sebagai tempat upacara pembukaan PON XX Papua 2021 dan juga pertandingan-pertandingan lain.

Kehadiran Stadion Lukas Enember telah menjadi ikon tersendiri bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Papua. Stadion ini juga memiliki kapasitas lebih dari 40 ribu penonton dan memiliki fasilitas berstandar internasional. 

Selain itu, stadion ini juga diklaim sebagai stadion terbaik dan termegah kedua di Indonesia setelah stadion Gelora Bung Karno (GBK). Stadion ini juga berhasil masuk sebagai salah satu Nominasi Stadion Terbaik Dunia 2019 yang diselenggarakan oleh StadiumDB.com, media online Polandia. 

3 dari 4 halaman

2. Arena Aquatic

Pembangunan venue Arena Aquatic berlokasi di  Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura. Venue ini akan digunakan sebagai pertandingan cabang olahraga renang, short course 25m, water polo, senam indah dan loncat indah. 

Mengutip dari papua.go.id, venue Arena Aquatic ini adalah yang termegah dan terbaik di Indonesia. Modelnya serupa dengan Stadion Aquatic Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Namun, pembangunan aquatic di Papua ini memiliki konstruksi yang lebih unggul, serta fasilitasnya yang berstandar Internasional. 

Arena Aquatic memiliki kapasitas yang mencapai 1569 kursi. Kolam tanding ini juga memiliki ukuran 25m x 51,23 m dengan kedalaman 3m, serta kolam diving 20m x 25m dengan kedalaman 5m. Ada pun kolam pemanasan yang berada di luar gedung aquatic yang berukuran 20m x 50mm dengan kedalaman 1 dan 2 meter. 

4 dari 4 halaman

3. Stadion Atletik Mimika

Stadion atletik Mimika berlokasi di area Mimika Sport Complex, Kawasan SP-2, Kelurahan Wanagon, Distrik Mimika, Kota Timika. Stadion ini sudah berstandar Federasi Asosiasi Atletik Internasional (IAAF) kelas 2 dan bisa menggelar 42 nomor pertandingan dalam atletik. 

Dikutip dari Indonesia.go.id, stadion ini dibangun di atas lahan dengan luas 1.455 meter persegi yang dilengkapi dengan lapangan rumput untuk nomor lompat galah, lompat jauh, lempar lembing, lempar cakram dan tolak peluru. Sedangkan untuk lintasan lari berbahan sintetis. 

Kemudian, stadion ini dilengkapi sebuah lapangan latihan serta fasilitas penunjang lainnya. Stadion ini juga memiliki dua tribun yaitu Tribun Barat dan Tribun Timur yang memiliki kapasitas 3.500 penonton.

Menariknya, bagian atap pada Tribun Timur menyerupai ekor burung cendrawasih (Paradisaeidae), yaitu satwa endemik Papua yang juga dikenal sebagai burung surga. 

Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas mengatakan bahwa Pembangunan Stadion Atletik ini merupakan yang terbaik di Indonesia bagian timur. 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.