Sukses

Meski Tak Miliki Tangan, Pria Ini Berhasil Jadi Pembalap Profesional

Meski tak memiliki, Bartek Ostalowski berhasil jadi pembalap profesional.

Liputan6.com, Polandia 0 Meski kehilangan kedua lengannya dalam sebuah kecelakaan tragis, seorang pria penggemar balap mobil telah berhasil mengejar hasratnya dengan menggunakan kakinya untuk mengendarai mobil dan bahkan bersaing dengan pembalap lainnya dalam kompetisi drifting.

Dilansir dari Oddity Central, Selasa (12/10/2021), Bartek Ostalowski kehilangan kedua tangannya dalam kecelakaan sepeda motor pada tahun 2006, tetapi itu tidak cukup untuk membunuh mimpinya untuk nanti menjadi seorang pembalap mobil profesional. 

Menemukan dirinya tanpa lengan pada usia 20 tahun dan dihadapkan dengan tugas berat belajar mengendarai mobil di sirkuit balap, pasti cukup mengejutkan bagi Bartek. 

Namun, ia mengumpulkan keberanian dan dorongan untuk terus maju dan dalam tiga tahun ia menjadi ahli manuver mobil balap menggunakan kakinya. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembalap yang Mengemudikan Mobil dengan Kaki

Saat ini, Bartek adalah satu-satunya pembalap olahraga profesional di dunia yang mengemudi menggunakan kakinya.

Untuk mengatasi keterbatasan fisiknya, Bartek memodifikasi mobil balap Nissan Skyline GT-R sesuai dengan kebutuhannya, menambahkan mesin baru, gearbox independen dan transmisi yang lebih kuat. 

Pembalap Polandia yang ambisius ini menggunakan kaki kanannya untuk mengontrol pedal, sementara menyetir dengan kaki kirinya. 

Setelah kecelakaan saya, saya mencari solusi. Saya bertanya pada diri sendiri apakah saya ingin balapan lagi, apa yang harus saya lakukan?” Bartek mengatakan kepada Business Insider

Saya mendengar tentang seseorang di Polandia yang, seperti saya, tidak memiliki lengan, tetapi dia mengendarai mobil setiap hari tanpa masalah. Setelah bertemu dengannya, mimpi dan hasrat saya untuk balapan menjadi hidup dan kuat, dan saya membuat keputusan untuk kembali ke balapan suatu hari nanti.

Setelah membuat nama untuk dirinya sendiri di sirkuit balap Polandia, Bartek mengambil tantangan yang lebih besar, balap drift.

Jika Anda paling tidak terbiasa dengan drifting, Anda mungkin tahu betapa sulitnya itu, membutuhkan reaksi cepat dan koordinasi mata-tangan yang tepat untuk mengendalikan mobil saat meluncur di trek. Entah kenapa Barek bisa melakukan itu hanya dengan menggunakan kakinya.

3 dari 3 halaman

Memenangkan Kejuaraan

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bartosz Ostałowski (@bartosz_ostalowski)

Pada tahun 2019, Bartek menempati posisi kesembilan dari 50 pembalap di Kejuaraan Drift Polandia, salah satu seri kejuaraan paling kompetitif di seluruh Eropa dan tahun sebelumnya, ia memenangkan Seri Drift Ceko internasional, mengalahkan puluhan pembalap profesional lainnya. 

Bartek tidak lain adalah pahlawan super di kehidupan nyata dan inspirasi bagi penyandang disabilitas di seluruh dunia. Dia adalah bukti nyata jika Anda benar-benar ingin mencapai sesuatu, Anda bahkan dapat mengatasi tantangan yang tampaknya tidak dapat diatasi.

Tentu saya mendorong penyandang disabilitas lainnya untuk terlibat dalam olahraga motor. Ini adalah gairah yang indah dan saya pikir juga merupakan bentuk rehabilitasi yang hebat. Jadi, wujudkan impian Anda,” kata pengemudi Polandia itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.