Sukses

Hentikan Kebiasaan Minum Sambil Berdiri, Ini 5 Bahayanya Bagi Kesehatan

Dikutip dari berbagai sumber, berikut deretan bahaya minum sambil berdiri.

Liputan6.com, Jakarta Selain makan, minum juga telah menjadi kebutuhan semua orang setiap harinya. Ya, minum memang menyehatkan namun banyak yang tak menyadari bahwa cara minum yang banyak dilakukan orang rupanya justru dapat berbahaya bagi kesehatan. 

Tentu tak sedikit dari Anda yang sering minum sambil berdiri. Hal ini bahkan telah menjadi hal yang lumrah. Tapi nyatanya minum sambil berdiri bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh. Dikutip dari berbagai sumber, berikut deretan bahaya minum sambil berdiri.

1. Mengganggu Saluran Pencernaan

Jika Anda selalu minum sambil berdiri, mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya hal itu justru dapat mengganggu saluran pencernaan. Saat minum sambil berdiri air akan mengalir melewati usus dan langsung jatuh ke dinding perut. Air minum yang jatuh dan menciprat ke dinding perut tersebut bisa mengakibatkan kerusakan sistem pencernaan dalam jangka panjang karena mempengaruhi sekaligus bisa merusak dinding perut dan saluran pencernaan. 

Sedangkan jika Anda minum dalam keadaan duduk akan membuat carian yang diminum bisa lebih cepat dicerna bersamaan dengan makanan lain karena otot dan sistem saraf dalam kondisi rileks.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Menyebabkan Heartburn

Minum sambil berdiri juga bisa menyebabkan heartburn. Air akan mengalir dan menciprat pada area kerongkongan dengan cukup keras bila diminum sambil berdiri. Hal ini bisa menimbulkan sensasi terbakar di kerongkongan karena zat asam di perut naik ke atas.

3 dari 5 halaman

3. Saraf Menegang

Saat Anda minum dalam keadaan duduk, sistem parasimpatetik akan menjadi lebih rileks sehingga saraf tidak akan tegang. Dengan begitu, proses penyerapan air minum dan pencernaan akan berjalan dengan lancar dan lebih baik. Hal ini akan berbeda jika Anda minum sambil berdiri karena menyebabkan saraf menjadi tegang.  

4 dari 5 halaman

4. Ginjal Terganggu

Bahaya minum sambil berdiri lainnya adalah membuat proses penyaringan yang merupakan fungsi ginjal menjadi tidak optimal atau terganggu. Kotoran bisa menumpuk di ginjal dan kandung kemih yang nantinya justru mengakibatkan gangguan pada saluran kandung kemih. Efek jangka panjangnya bisa menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal.  

5 dari 5 halaman

5. Berisiko Terkena Artritis

Saat minum air sambil berdiri, keseimbangan cairan di dalam tubuh bisa terganggu. Dengan terganggunya cairan dalam tubuh maka terjadilah penumpukan cairan di sendi tubuh yang bisa menyebabkan artritis. Artritis sendiri merupakan peradangan pada satu atau lebih persendian yang disertai dengan rasa sakit, bengkak, kaku, hingga keterbatasan gerak. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.