Sukses

Fakta Domba di Serial Shaun the Sheep, Aslinya Harga Hewan Ini Rp200 Juta

Liputan6.com, Jakarta Kalian pasti masih ingat dengan serial televisi asal Inggris berjudul Shaun the Sheep. Yup, karakter domba berwajah hitam dengan tubuh yang dilapisi putih itu ternyata ada di kehidupan nyata lho!

Dengan kata lain, domba bernama Shaun itu memang ada aslinya, bukan sebatas karakter motion yang dibuat-buat. Bahkan ada sederet fakta menakjubkan dari domba yang dikenal dengan nama Valais Blacknose Sheep. 

Ras Resmi di Pertengahan 1960-an

Sesuai dengan namanya, domba ini awal ditemukan di puncak Valais yang tertutup salju di Swiss. Berdasarkan fakta yang diungkap oleh Swiss Sheep Breeding Association diketahui domba Blacknose diperkenalkan sebagai ras resmi pada pertengahan 1960-an. 

Namun ternyata, keberadaan Blacknose terancam punah karena secara rutin, diserang serigala di pegunungan alpen Swiss. Akhirnya selama bertahun-tahun, domba ini mulai dikembangbiakkan di beberapa bagian di Jerman dan Amerika Utara. 

 

2 dari 4 halaman

Predikat Domba Terlucu di Dunia

Jika dilihat dengan kasat mata, domba ini memiliki bulu yang lebat dan terkesan kasar. Padahal nggak gitu lho faktanya. 

Bulu domba Blacknose ternyata sangat lembut dan putih. Ditambah bulu yang tumbuh keriting dan ikal, penurut, dan pandai memanjat ini, membuat domba Blacknose mendapat julukan sebagai domba terlucu di dunia. 

Bahkan nggak sedikit yang melihat domba Blacknose bukan sebagai hewan ternak. Saking menggemaskannya, domba ini dipandang sebagai mainan oleh anak-anak dan makin populer sebagai hewan peliharaan. 

Hal itu diungkapkan oleh Emily Duncan, seorang peternak Blacknose asal Inggris seperti dikutip laman BBC. Emily mengatakan bahwa Blacknose adalah hewan yang ramah dan mudah bergaul. 

Ya, Blacknose bisa diajak bermain bola bersama anak-anaknya bahkan senang bergaul dengan anjing penggembala. Domba langka ini menyukai berinteraksi dengan manusia. 

 

3 dari 4 halaman

Bulu Domba yang Jadi Incaran

Selain lucu dan menggemaskan, domba ini juga banyak dikembangbiakkan oleh peternak independen. Bukan sekadar untuk menambah jumlahnya yang menurun dan langka. 

Banyak orang mengincar domba ini karena bulunya yang lembut. Ya, wol dari bulu domba ini sering digunakan untuk kain kempa, karpet, dan matras. 

Per domba membutuhkan pencukuran dua kali dalam setahun. Untuk jumlah satu domba dapat menghasilkan 4kg wol setiap tahunnya dan bulunya dijual sekitar 25 Pound Sterling atau sekitar Rp487 ribu. Harga tersebut tergantung kualitasnya 

 

4 dari 4 halaman

Harga Satu Domba Mencapai Rp200 Jutaan

Emily menjelaskan bahwa domba Blacknose dapat hidup selama 12 tahun. Dia bercerita bahwa pada 2014, kegiatan ekspor Valais Blacknose dari Swiss sempat dilarang dan harganya melonjak. 

Emily sendiri mengaku beruntung karena sempat membeli enam Blacknose seharga 14 Pound Sterling atau setara dengan Rp272 juta. Dari empat domba itu, berhasil dikembangbiakkan dan pada 2017, Emily memiliki sembilan domba betina dan dua domba jantan. 

Bagi para penggemar Blacknose, lanjut Emily, harga satu domba bisa mencapai 11 ribu Pound Sterling atau sekitar Rp214 juta. 

Lantaran ekspor domba Blacknose tak lagi diizinkan, didorong oleh peminat domba dari seluruh dunia berdatangan, seperti Selandia Baru, Amerika, dan Australia, maka yang diperjualbelikan adalah sperma dan embrio. Harga per embrio sekitar 1000 Pound Sterling atau sekitar Rp19,4 juta. 

Gimana, menakjubkan banget kan fakta domba di karakter Shaun the Sheep ini? Oh ya, ngomong-ngomong soal Shaun the Sheep, jika kamu terpikat dengan karakter domba Blacknose, serial dan filmnya bisa kamu tonton di platform layanan streaming. 

Platform layanan streaming menghadirkan beragam acara tv dan film Shaun the Sheep yang bisa ditonton di mana saja dan kapan saja. Nah, agar keseruan nontonmu berjalan lancar, kamu bisa mengandalkan kecepatan koneksi internet rumah super cepat dengan teknologi fiber optic. 

Dengan layanan internet rumah ini, kamu bisa leluasa mengakses internet dari mana saja, nggak cuma dari rumah tapi juga dari luar rumah. Maka dari itu, pilihlah provider yang memiliki kuota HP bersama yang dapat dibagi-bagi dengan anggota keluarga sebesar 25 GB. 

Yuk, nikmati kenyamanan berinternet di mana saja dan kapan saja dengan internet rumah super cepat dan harga bersahabat!

 

(*)