Sukses

Bolehkah Minum Kopi Saat Perut Kosong di Pagi Hari?

Sebagian orang merasa harus minum kopi saat pagi hari sebelum mulai beraktivitas, namun bolehkah minum kopi saat perut kosong di pagi hari?

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hal yang kerap dilakukan sebagian orang saat pagi hari adalah minum secangkir kopi. Bahkan tak sedikit yang memilih untuk tidak sarapan dan hanya minum kopi sebelum keluar rumah. 

Ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang rutin minum kopi sebelum memulai aktivitas di pagi hari, mulai dari membuat mata lekas terjaga, membangun suasana hari jadi lebih positif, dan pikiran menjadi lebih fokus. 

Selain itu, mengonsumsi kopi juga dapat meningkatkan fungsi otak hingga mencegah penyakit alzheimer. Namun, apakah minum kopi ketika perut kosong di pagi hari bagus untuk kesehatan? 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisa mengganggu pencernaan 

Minum kopi sebelum makan bisa berdampak negatif bagi sistem pencernaan pada sejumlah orang. Salah satunya adalah meningkatkan asam lambung ketika seseorang belum makan. Asam lambung itu dapat merusak lapisan perut dan menyebabkan gejala sakit perut, mag, mulas, dan mual. 

Selain itu, efek utama minum kopi ketika perut kosong adalah kafein yang masuk lebih cepat ke sistem tubuh Anda. Bagi sebagian orang, sentakan kafein yang masuk dengan cepat dapat memicu gejala kecemasan atau kepanikan. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk memperhatikan respons tubuh ketika minum kopi saat perut kosong. 

 

3 dari 4 halaman

Memicu stres dan cemas 

Minum kopi saat perut kosong dipercaya dapat membuat seseorang mudah stres dan cemas. Kafein yang terkandung pada kopi dapat merangsang sistem saraf Anda sehingga meningkatkan tekanan darah dan mempercepat denyut jantung. 

Itulah yang menyebabkan Anda mudah cemas dan stres. Selain itu, kafein juga bisa membuat Anda sering ke kamar mandi dan berpotensi memicu gejala dehidrasi yang menguras energi hingga memicu sakit kepala. 

 

4 dari 4 halaman

Cara aman minum kopi di pagi hari 

Memang tak sedikit yang menganggap bahwa memulai hari tanpa minum kopi bisa membuat hati jengkel sepanjang hari. Jika Anda tetap ingin mengonsumsi kopi tanpa berhadapan dengan masalah perut lainnya, minumlah setelah makan makanan padat. 

Anda bisa minum segelas air hangat saat bangun tidur, menyantap sarapan, baru akhirnya menyeruput kopi favorit sebelum beraktivitas seharian. Sejumlah ahli gizi menyarankan agar setiap orang makan terlebih dahulu sebelum minum kopi. Jika makan biasa terlalu berat, setidaknya sudah terisi dengan makanan atau kudapan ringan lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.