Sukses

Markisa, Si Kuning yang Unik dan Bermanfaat

Markisa, dibalik rasa dan bentuk isinya yang unik buah ini mengandung banyak serat, vitamin A, B, dan C.

Citizen6: Buah markisa memang jarang ditemukan apabila bukan musimnya. Buah yang banyak tumbuh di wilayah Sumatera dan Sulawesi ini memiliki banyak sekali rahasia. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa macam markisa yang memiliki perbedaan warna. Meskipun begitu, markisa-markisa ini mengandung banyak manfaat dan keunggulan yang sama. Markisa, dibalik rasa dan bentuk isinya yang unik buah ini mengandung banyak serat, vitamin A, B, dan C.

Vitamin B banyak mengandung passiflorance yang baik untuk merefleksikan urat syaraf. Beberapa sumber juga menyebutkan bahwa markisa sangat membantu para penderita insomnia untuk tidur. Bahkan orang-orang Amerika Selatan mengonsumsi markisa sebelum tidur karena merasa markisa membawa mereka kepada mimpi yang indah. Tidak hanya itu, markisa juga dapat dikategorikan makanan yang baik dikonsumsi saat diet. Nutrisi yang baik, dan kandungan kalori yang rendah sangat membantu dalam pelaksanaan diet. Dari setiap 100 gram markisa yang dikonsumsi hanya mengandung 97 kalori.

Markisa juga mengandung zat yang dapat memblokir histamin penyebab penyakit asma. Dibalik warna kuningnya telihat jelas bahwa markisa mengandung banyak antioksidan yang dapat mematikan sel-sel kanker. Anti kejang, pereda nyeri, gangguan haid hingga memisahkan bahkan membuang racun dari dalam tubuh juga dilakukan buah kuning ini.

Bagi wanita markisa membawa keunggulan lain, markisa dapat menyegarkan kulit dan merangsang pertumbuhan sel pada kulit wajah. Dalam beberapa sumber juga disebutkan bahwa markisa dapat menyembuhkan beberapa gejala alergi kronis dan dapat membantu penderita penyakit lever dan ginjal pada saat pemulihan. (Ansaferani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini