Sukses

Intip Pesona 4 Atlet Muda Dunia yang Bersinar di Olimpiade Tokyo

Olimpiade Tokyo bertabur atlet-atlet muda belia yang tak kalah hebat dari para seniornya.

Liputan6.com, Jakarta - Olimpiade ke-32 yang berlangsung di Tokyo, Jepang resmi dibuka pada 23 Juli 2021 lalu. Atlet-atlet dari 200 negara akan berkompetisi memperebutkan medali olimpiade hingga 8 Agustus 2021.

Menjelang 1 pekan pelaksanaan olimpiade, sederet atlet sudah mulai menunjukkan 'taringnya'. Tak terkecuali atlet dari Tanah Air untuk cabang olahraga angkat berat, Windy Cantika Aisah.

Gadis muda ini baru saja meraih medali pertama untuk kontingen Indonesia. Olimpiade Tokyo bertabur atlet-atlet muda belia yang tak kalah hebat dari para seniornya.

Selain Windy, ada atlet muda dari negara lain yang tak kalah berprestasi dan turut menyumbangkan medali untuk kontingennya. Yang termuda bahkan tercatat berusia 13 tahun.

Berikut 4 atlet muda berprestasi di Olimpiade Tokyo:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Atlet Tunisia, Ahmed Hafnaoui, 18 tahun

Ahmed adalah atlet asal Tunisia untuk cabang olahraga renang. Usianya baru menginjak 18 tahun ketika dia memenangkan medali emas 400 meter gaya bebas putra beberapa waktu lalu.

Ahmed berhasil mengalahkan 2 pesaingnya, yakni perenang Australia Jack McLoughlin dan atlet AS Kieran Smith. Remaja Tunisia itu sempat tak percaya jika medali emas berhasil diraihnya.

"Saya tidak percaya itu, ini luar biasa. Saya merasa lebih baik di air pagi ini daripada kemarin dan hanya itu. Saya juara Olimpiade sekarang," katanya.

"Saya hanya memasukkan kepala saya ke dalam air dan hanya itu. Saya tidak bisa mempercayainya. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan," ujar Ahmed Hafnaoui.

3 dari 5 halaman

2. Atlet Jepang, Momiji Nishiya, 13 Tahun

Nishiya baru akan menginjak 14 tahun pada 30 Agustus 2021 namun dia sudah berhasil menyabet medali emas. Nishiya menyumbangkan medali untuk kontingennya dari cabang skateboard.

Atlet Jepang ini berhasil mengalahkan atlet Brasil berusia 13 tahun bernama Rayssa Leal dan atlet Jepang lain, Funa Nakayama. Dia sukses menyabet medali emas pada Senin, 26 Juli 2021. Pencapaian itu membuat Nishiya menjadi atlet peraih medali emas termuda di Olimpiade Tokyo 2020.

"Saya tidak berpikir saya bisa menang, tetapi semua orang menyemangati saya, jadi saya senang saya dapat menemukan alur saya," kata Nishiya.

4 dari 5 halaman

3. Atlet RI, Windy Cantika Aisah, 19 Tahun

Atlet angkat besi Windy Cantika Aisah tampil di kelas 49 kg putri dan berhasil meraih medali perunggu dari kategori Snatch serta Clean & Jerk. Medali yang didapatkan atlet 19 tahun itu merupakan yang pertama diraih RI pada Olimpiade Tokyo.

Windy Cantika kalah dari dua atlet angkat besi asal India dan China yang memang lebih senior dari segi usia. Adapun, atlet India Chanu Mirabai sukses meraih medali perak, sementara emas diraih oleh Hou Zhihui asal China.

5 dari 5 halaman

4. Atlet China Cheng Yuxi (15) dan Zhang Jiaqi (17)

Cheng Yuxi (15) dan Zhang Jiaqi (17) berhasil tampil gemilang dalam cabang olahraga menyelam 10 meter. Pasangan atlet dari Republik Rakyat China ini baru saja mendapatkan medali emas.

Cheng dan Zhang mengalahkan pasangan atlet dari AS, Jessica Parratto dan Delaney Schnell yang berusia jauh di atas mereka. Serta pasangan dari Meksiko, Gabriela Agundez Garcia dan Alejandra Orozco.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.