Sukses

Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Air Cucian Beras Untuk Dapatkan Rambut Sehat

Liputan6.com, Jakarta Manfaat air beras memang sangat beragam. Selain untuk kesehatan kulit dan wajah, air beras juga mampu mengatasi berbagai pemasalahan rambut. Mulai dari mengatasi rambut beruban, mengurangi kerontokan, hingga meningkatkan kelembapan rambut.

Air beras memang kerap digunakan oleh masyarakat sejak dulu untuk mendapatkan rambut sehat. Berbagai penelitian mengatakan bahwa para wanita kuno di Jepang menyisir rambutnya menggunakan air beras.

Endapan air dari beras mengandung banyak nutrisi, seperti asam amino, vitamin B, vitamin E, antioksidan, dan berbagai macam mineral. Dengan kandungan tersebut, air beras memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan rambut.

Berikut manfaat air beras untuk rambut yang bisa kamu dapatkan, Kamis (22/7/2021).

 

2 dari 8 halaman

1. Mengurangi rambut patah

Manfaat air beras yang pertama adalah mampu mengurangi rambut yang mudah patah. Kandungan amino acids, vitamin B, vitamin C, dan vitamin D dalam air beras mampu memperkuat batang rambut sehingga tak mudah patah.

Selain itu, air beras juga bekerja seperti kondisioner alami yang bisa memperkuat akar rambut, membuat rambut berkilau dan halus. Caranya, basuh rambut menggunakan air beras setelah keramas, lalu diamkan selama 15 menit dan bilas.

 

 

3 dari 8 halaman

2. Mengurangi Ketombe

Salah satu penyebab munculnya ketombe adalah ketidakseimbangan pH pada kulit kepala. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan air beras untuk membilas kulit kepala. Pasalnya, air beras dipercaya mampu menyeimbangkan pH kulit kepala.

Caranya pun mudah, bilaslah rambut dengan air beras. Kemudian tutup kepala menggunakan topi mandi atau penutup rambut lainnya. Tunggu selama satu jam, lalu bilas rambut dengan air bersih.

 

 

4 dari 8 halaman

3. Membuat Rambut Lebat

Kebanyakan wanita bermasalah dengan rambut rontok. Hal itu menyebabkan rambut semakin tipis.

Kamu bisa menggunakan air beras untuk meningkatkan pertumbuhan rambut agar lebat dan tebal. Kandungan asam amino yang ada dalam air beras mampu meregenerasi rambut sehingga tumbuh lebih cepat.

Bilas rambut dengan air beras ketika selesai keramas dan lakukanlah dua kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

 

5 dari 8 halaman

4. Menjaga Warna Alami Rambut

 

Saat berada di luar ruangan, warna rambut akan mudah berubah karena terkena sinar matahari. Hal ini menyebabkan warna hitam pada rambut memudar dan tampak lebih kusam.

Manfaat air beras mampu menjaga warna alami rambut agar tetap hitam. Kamu bisa mencuci rambut dengan air beras secara rutin dan diamkan hingga setengah kering. Kemudian, bilas menggunakan air bersih.

 

 

6 dari 8 halaman

5. Membasmi kutu rambut

Kutu merupakan salah satu masalah rambut yang dialami banyak orang. Selain gatal, kutu rambut juga mengganggu penampilan.

Untuk mengobatinya, kamu bisa menggunakan sari pati beras yang mampu membunuh kutu rambut beserta larvanya.

Gunakanlah air beras untuk membilas rambut dan tutup menggunakan topi mandi. Diamkan selama satu jam lalu cuci dengan air bersih.

 

7 dari 8 halaman

Cara Membuat Air Beras

Ada tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat air beras di rumah, yaitu:

  • Rendam beras selama 30 menit sampai 2 jam di dalam air. Lalu, gunakan air rendaman untuk mencuci rambut.
  • Rendam beras selama satu hari agar mendapatkan fermentasi
  • Rebus beras, saring, diamkan, lalu gunakan.
8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: