Sukses

Portugal ke 16 Besar Piala Eropa 2020 / 2021 , Belgia Hadangan Selanjutnya Juara Bertahan

Liputan6.com, Jakarta - Sang juara bertahan, Portugal, akhirnya secara dramatis lolos ke babak 16 besar Euro 2020 / 2021. Cristiano Ronaldo cs lolos usai menahan imbang Prancis dengan skor 2-2 pada pertandingan terakhir Grup F di Puskas Arena, Kamis (24/6/2021).

Dengan tambahan satu poin dan raihan total empat poin, timnas Portugal akhirnya terpilih sebagai salah satu peringkat terbaik yang berhak melaju ke 16 besar Piala Eropa 2020 / 2021. Adapun dua tim lainnya dari Grup F, yakni Prancis dan Jerman.

Namun, perjalanan Portugal untuk mempertahankan gelar juara masih teramat panjang. Terutama, bakal menghadapi jalan terjal di fase gugur.

Cristiano Ronaldo cs telah ditunggu Belgia yang menjadi juara Grup B. Belgia bersama bomber produktif, Romelu Lukaku, tampil gemilang sepanjang babak penyisihan dengan menyapu bersih seluruh laga mereka.

Boleh dibilang, pertemuan kedua timnas itu akan menjadi panggung menarik bagi persaingan dua penyerang subur Eropa, yaitu Ronaldo dan Lukaku.

Sejauh ini Ronaldo masih memimpin top skor sementara Euro 2020 dengan lima gol. Sedangkan Lukaku berada di peringkat kedua, terpaut dua gol dari CR7.

Adapun tambahan dua gol yang diceploskan Ronaldo ke gawang Prancis juga telah membawa pemain Juventus itu menyamai rekor gol internasional terbanyak sepanjang masa milik legenda Iran, Ali Daei, yakni 109 gol.

Tentunya, pertandingan Portugal kontra Belgia bakal menjadi pintu bagi Ronaldo untuk melewati rekor fantastis tersebut.

2 dari 6 halaman

Komentar Pelatih Portugal

"Apa yang saya suka adalah kolektivitas tim. Saat saya berkata yang harus kita lakukan berbeda dari pertandingan melawan Jerman dan saya berkata agar jadi diri sendiri," ucap pelatih Portugal, Fernando Santos, dikutip laman resmi UEFA.

"Kami kuat, konsisten, dengan semangat hebat. Kami bisa melanjutkannya," imbuhnya.

 

3 dari 6 halaman

Tanggapan Bek Portugal

Komentar senada disampaikan Diogo Dalot, bek yang memperkuat Portugal krtika menahan imbang Prancis 2-2.

"Kami sadar sangat berat berhadapan dengan tim yang kuat. Kami berusaha meresponsnya dan membalas kebobolan. Saya menjalani debut, dan di atas semua itu, kualitas kami sangat baik. Malam yang sempurna," ujar Dalot. 

"Kami ada waktu menganalisis Belgia, namun hal paling penting saat ini adalah mengisi ulang baterai," ia menambahkan.

4 dari 6 halaman

Jadwal Laga Portugal Vs Belgia

Babak 16 Besar Euro 2020 / 2021

Portugal versus Belgia (Estadio de La Cartuja) : 28 Juni 2021 (Kick off pukul 02.00 WIB)

5 dari 6 halaman

Infografis Babak 16 Besar Piala Eropa 2020 / 2021

6 dari 6 halaman

Video Pilihan