Sukses

Siapa Ali Daei yang Rekornya Baru Disamai oleh Cristiano Ronaldo ?

Liputan6.com, Jakarta Cristiano Ronaldo kembali menorehkan catatan fantastis dalam perjalanan kariernya sebagai pesepak bola. Berstatus sebagai pemain veteran bersama timnas Portugal, pemain yang dijuluki CR7 itu berhasil menyamai rekor legendaris milik Ali Daei lewat tambahan dua ke gawang Prancis di Euro 2020 / 2021. 

Ali Daei merupakan mantan pemain timnas Iran. Pria kelahiran Ardabi, 21 Maret 1969 itu mengabdi untuk The Cheetahs sejak 1993 hingga 2006 dan telah tampil membela negaranya sebanyak 149 kali. 

Berposisi sebagai striker, Daei merupakan 'angkatan udara' timnas Iran. Pemain yang lama bermain di Bundesliga tersebut dikenal memiliki tandukan yang mematikan dan kuat dalam duel-duel udara.

Selama memperkuat Iran, Daei telah mengemas 109 gol dan membawanya sebagai pencetak gol internasional terbanyak sepanjang sejarah. Sejak dia pensiun, belum ada yang berhasil melewatinya. 

Daei pertama kali dipanggil untuk bergabung dengan Timnas Iran pada 6 Juni 1993 dalam turnamen Piala ECO yang diadakan di Teheran, di mana ia melakukan debutnya untuk Iran melawan Pakistan.

Dia kemudian melanjutkan penampilan tim nasionalnya dan dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak pada putaran final kualifikasi Piala Dunia FIFA 1994 zona Asia dengan 4 gol dalam 5 pertandingan.

 

 

2 dari 5 halaman

Menuai Kritik

Daei masih tampil saat Iran menembus Piala Dunia 2006 lalu. Namun kehadiranya sempat menuai protes mengingat usianya yang sudah tidak muda lagi saat turnamen itu berlangsung. Banyak yang menganggap Daei terlalu egois karena enggan memberi kesempatan kepada talenta-talenta muda. 

Media-media Iran pun mendesaknya untuk mundur. Namun Daei bertahan dan membantah bila usianya terlalu tua untuk bermain. Daei baru pensiun pada 28 Mei 2007 setelah mengantarkan Saipa memenangkan Persian Gulf Cup 2006/07. Daei mengumumkan keputusan tersebut usai pertandingan terakhirnya adalah melawan Mes Kerman. Saat itu, Daei mengaku ingin fokus ke dunia kepelatihan.

 

3 dari 5 halaman

Dikejar Ronaldo

Bertahun-tahun tidak ada yang mampu menyamai rekor yang ditorehkan Daei bersama Iran. Namun namanya sebentar lagi bakal tergusur dari posisi teratas pencetak gol terbanyak bersama timnas setelah Ronaldo tampil memukau di Euro 2020 / 2021. Sepanjang babak penyisihan grup, pemain asal Portugal itu mencetak 5 gol dan mencatatkan namanya sebagai top skor sementara Euro 2020.

Tambahan ini sekaligus mengantar Ronaldo menyamai rekor yang selama ini dipegang Daei dengan total 109 gol internasional. Ronaldo bahkan berpeluang besar melewat rekor ini, karena Portugal berhasil melaju ke babak 16 besar Euro 2020 usai menahan imbang Prancis 2-2, Kamis (24/6/2021). 

Pada babak 16 besar selanjutnya, Portugal akan bertemu Belgia di Estadio de La Cartuja, 28 Juni 2021.

 

4 dari 5 halaman

Komentar Daei

"Selamat kepada Cristiano yang saat ini hanya tinggal 1 gol lagi untuk memecahkan rekor gol internasional terbanyak sepak bola pria," ujar Daei seperti dilansir Metro.co.uk.

"Saya merasa terhormat atas pencapaian luar biasa ini akan jadi milik Ronaldo – juara yang hebat dan humanis yang peduli, menginspirasi dan mempengaruhi kehidupan di seluruh dunia. Vamos!"

 

5 dari 5 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini