Sukses

Catat, 5 Tips Cerdas Menata Makanan di Kulkas yang Bantu Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta - Memulai pola hidup sehat bukanlah hal yang mudah, niat dan kemauan adalah dua unsur utama yang harus ada sebelum Anda melangkah jauh. 

Apalagi bagi seseorang yang tidak menyukai sayur dan buah, tentu ini menjadi tantangan tersendiri. Pada mulanya, Anda tampak antusias berbelanja beragam makanan sehat seperti sayuran dan buah.

Namun, sayangnya di kemudian hari sayuran dan buah tersebut tampak layu dan membusuk lantaran Anda hanya menaruhnya di kulkas tanpa memiliki waktu untuk mengolahnya. 

Hal tersebut kerap kali terjadi bagi para pemula. Untuk membiasakannya tim Liputan6.com punya tips cerdas mengatur isian kulkas untuk mensukseskan impian Anda memiliki berat badan yang ideal, seperti melansir dari Livestrong, Jumat (30/4/2021).

2 dari 7 halaman

1. Penuhi ruang dengan camilan sehat

Terkadang satu-satunya hal yang menghalangi Anda dari camilan sehat adalah waktu. Untuk menyederhanakannya, Anda biasakan membuat satai buah dengan memotong dan mengombinasikan berbagai macam buah dalam satu tusukan atau bungkus dengan kemasan ziploc untuk camilan biji-bijiann.

3 dari 7 halaman

2. Mengategorikan dan melabeli tiap makanan

Tidak dipungkiri, hampir setiap individu menyukai hal simpel termasuk dalam menjalankan program diet. Awalnya, Anda butuh waktu untuk menyederhanakannya.

Tentu tahap persiapanlah yang rumit, tetapi kedepannya Anda akan dimudahkan. Salah satu caranya, mengatengorikan dan melabeli di setiap sudut ruang untuk memudahkan Anda memilih makanan yang sesuai dengan menu diet. Dengan begitu bentuk tubuh ideal akan segera terwujud. 

4 dari 7 halaman

3. Menyimpan makanan bergizi di rak tengah

Bagaimana tak tergiur melihat makanan yang disukai tepat di tatapan mata Anda. Itulah alasan berat badan Anda tak kunjung menuju batas ideal.

Untuk mengakali nafsu, Anda bisa mulai dengan memindahkan makanan sehat di tengah yang jadi sentral dari ruang kulkas, seperti makanan kaya serat dan protein tanpa lemak. 

Atau alternatif lain, berbagai minuman tanpa pemanis bisa Anda letakkan di tempat yang sama. Hal ini bisa membantu Anda untuk menghidrasi tubuh sebelum menyantap makanan.

Berikut panduan efektif, yang bisa Anda coba:

  • Simpan sayuran hijau, selada, dan apa pun yang sudah dipotong atau diiris sebelumnya di  bagian tengah kulkas.
  • Daging, makanan laut, susu dan telur ditaruh tepat di tengah sedikit menjorok ke belakang.
  • Bumbu, es kopi, anggur, dan apa pun yang aman pada suhu kamar diberi ruang khusus di sudut pintu.
5 dari 7 halaman

4. Membuat salad menyehatkan

Alih-alih membuang buah dan sayuran yang tersisa, justru Anda bisa manfaatkan bahan-bahan itu untuk membuat salad yang menyehatkan bagi tubuh.

Dengan meluangkan waktu mencuci dan memotong sisa buah dan sayuran itu, Anda sudah bisa menyajikan semangkuk salad di wadah bening.

6 dari 7 halaman

5. Menjauhkan makanan yang tidak sehat dari penglihatan

Sulit memang pada awalnya membiasakan pola hidup sehat. Agar tidak tergoda, Anda perlu letakkan makanan yang mengganggu diet di rak bagian bawah. Hal ini akan mendukung program diet Anda berjalan semestinya. 

Selain itu, Anda bisa mengoptimalkan fungsi freezer yang dipergunakan bagi makanan yang menggugah nafsu. Karena ketika dikeluarkan, Anda butuh waktu untuk menunggu makanan itu mencair.

Sembari menunggu, rupanya sinyal yang tadinya lapar berubah jadi kenyang dalam beberapa saat. 

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: