Sukses

Mengeluh Sakit, Dokter Temukan Cacing Pita Sepanjang 18 Meter di Perut Pria Ini

Dokter di Thailand terkejut ketika mengeluarkan cacing pita besar sepanjang 18 meter dari bokong seorang pria.

Liputan6.com, Thailand - Dokter di Thailand terkejut ketika mengeluarkan cacing pita besar sepanjang 18 meter dari bokong seorang pria.

Pria berumur 67 tahun, dari provinsi Nong Khai itu mulanya mengeluh sakit perut hebat dan perut kembung. Dia pun memutuskan pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan kondisinya.

Melansir dari India Times, Jumat (26/3/2021), dia memberikan sampel fesesnya kepada pihak rumah sakit, yang dikirim ke tim di Pusat Penelitian Penyakit Parasit Provinsi Nakhon Ratchasima, Thailand.

Setelah dicek, tim mendapati 28 telur cacing pita dalam sampel feses tersebut. Dokter pun meresepkan obat cacing yang bisa membunuh parasit dalam semalam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makan Daging Mentah

Keesokan paginya, pria itu terkejut ketika mendapati parasit raksasa keluar dari bokongnya.

"Cacing pita jenis sapi Tenia saginata yang panjangnya lebih dari 18 meter didapat dari pasien yang sampelnya dikirim ke pusat," kata juru bicara di Pusat Penelitian Penyakit Parasit.

Dokter menduga parasit itu masuk ke dalam tubuh pria itu setelah dia makan daging mentah yang mengandung telur cacing pita.

3 dari 3 halaman

Tim Perlu Beberapa Waktu untuk Mengukur Parasit Itu

Dalam gambar yang beredar di jejaring sosial, menunjukkan petugas medis tengah membentangkan parasit raksasa di kain merah. Beberapa dari mereka terlihat mengukur seberapa panjang parasit tersebut.

"Itu sangat besar dan kami butuh beberapa waktu untuk meletakkan semuanya di tanah," lanjut juru bicara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.